Bagaimana sebenarnya cara kerja algoritma Instagram?

Pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang membuat banyak orang merasa kebingungan sejak Instagram tidak lagi menerapkan feed kronologis.

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari bagaimana cara kerja algoritma Instagram untuk postingan feed, halaman explore, IGTV, video, dan Instagram Reels.

Artikel ini juga akan membahas tips-tips untuk “mengakali” algoritma Instagram. Sehingga, kita akan mendapatkan engagement yang lebih banyak untuk bisnis atau brand kita.

Simak artikel ini sampai selesai!

Daftar Isi

Algoritma Instagram 2023

Jika kita telah menghabiskan cukup banyak waktu di Instagram, kita akan menyadari bahwa algoritma Instagram bisa berubah-ubah secara “misterius”. Akibatnya, akan timbul pertanyaan-pertanyaan seperti “kenapa engagement Instagram saya turun?”, “mengapa saya mendapatkan jumlah likes yang sedikit?”, dan lain sebagainya.

Pihak Instagram sendiri telah mengakui bahwa mereka perlu menjelaskan tentang algoritma Instagram dengan lebih baik. Sebagai upaya langkah tersebut, Instagram dirasa lebih transparan dalam menjelaskan perubahan algoritmanya via blog posts dan akun @creators.

Banyak terjadi miskonsepsi dalam kalangan social media specialist bahwa hanya ada satu algoritma Instagram. Menurut pihak Instagram, mereka menggunakan lebih dari satu algoritma, klasifikasi, dan proses, masing-masing dengan tujuan yang berbeda-beda.

Perlu diingat bahwa ketika kita telah memahami bagaimana cara kerja dan proses algoritma Instagram, kita akan dapat menyesuaikan strategi konten yang tepat untuk mengatasinya.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kita ketahui tentang algoritma Instagram 2023:

Cara Kerja Algoritma Instagram 2023 untuk Postingan Feed

Instagram mengkonfirmasi bahwa ada 4 faktor kunci yang mempengaruhi algoritma Instagram untuk postingan feed:

  1. Informasi tentang postingan: apakah postingan tersebut berupa foto atau video? Kapan waktu posting? Berapa banyak likes dalam postingan tersebut?
  2. Informasi tentang poster: Seberapa menarik poster tersebut untuk kita? Apakah mereka adalah teman kita? Seberapa sering orang engage dengan konten mereka?
  3. Aktivitas kita: Apakah kita cenderung sering menonton banyak video? Apa tipe konten yang biasa kita lihat?
  4. Riwayat interaksi: Apakah kita sering menyukai atau komen di postingan-postingan tersebut?

Berdasarkan informasi tersebut, algoritma Instagram memperhitungkan seberapa sering seseorang berinteraksi dengan sebuah postingan. Hal ini dikenal dengan score of interest, yang pada akhirnya akan menentukan urutan postingan yang ditampilkan di feed kita.

Tidak hanya itu, Instagram juga mempertimbangkan kemungkinan dari lima interaksi penting. Interaksi-interaksi kunci tersebut membantu algoritma Instagram untuk menentukan peringkat feed:

  • Waktu yang dihabiskan: Apakah kita akan menghabiskan cukup banyak waktu di sebuah postingan?
  • Likes: Seberapa sering kita menyukai sebuah postingan?
  • Komen: Seberapa sering kita mengomentari sebuah postingan?
  • Save: Seberapa sering kita menyimpan sebuah postingan?
  • Klik profil: Seberapa sering kita akan mengunjungi profil setelah melihat sebuah postingan?

“Semakin sering kita berinteraksi, maka semakin tinggi kemungkinan kita akan melihat postingan-postingan tersebut. Kami menambahkan dan menghapus sinyal-sinyal dan prediksi-prediksi dari waktu ke waktu, dan bekerja untuk menjadi lebih baik dalam menampilkan apa yang Anda minati,” kata Adam Mosseri, Head of Instagram.

Kesimpulannya, jika kita membuat konten yang berpotensi akan memiliki banyak interaksi dengan followers kita, postinga-postingan kita akan diprioritaskan ke dalam feed para followers kita.

Apa Engagement yang Paling Penting dalam Algoritma Instagram?

Engagement adalah kunci, terutama jika kita membahas tentang algoritma Instagram.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Instagram mempertimbangkan seberapa sering kita mengomentari, menyukai, menyimpan, atau mengklik profil dari sebuah postingan yang kita lihat.

Perlu diingat bahwa tiga pertanyaan ini akan membantu kita ketika merencanakan konten dan caption:

  • Apakah postingan ini akan memancing orang untuk menyukai dan mengomentarinya?
  • Apakah ini postingan yang akan membuat orang menyimpan dan kembali lagi untuk melihatnya?
  • Apakah postingan ini berisikan perintah CTA (contoh, “klik link di bio kami”) yang akan membuat seseorang mengunjungi profil kita?

Memproduksi konten yang akan membuat orang berinteraksi dengan tipe engagement seperti di atas mampu membantu kita untuk “mengakali” algoritma Instagram.

Tips: Kita harus mengaudit dan menghapus followers kita yang akunnya tidak aktif ataupun followers bot. Hal ini disebabkan, jika sebagian besar dari followers kita tidak aktif ataupun bot akan memengaruhi engagement rate akun kita, yang mana hal tersebut akan menentukan peringkat algoritma akun kita.

Cara Kerja Algoritma Instagram 2023 untuk Stories

Cara kerja algortima Instagram untuk stories cukup mirip dengan feed.

Biasanya, stories Instagram yang muncul di awal feed kita berasal dari akun yang paling sering berinteraksi dengan kita.

Namun, stories Instagram sengaja dibuat untuk pengguna agar ditonton secara terus menerus. Jadi, walaupun stories kita tidak berada di paling awal dalam feed stories followers kita, kita masih punya kesempatan konten stories kita akan tetap terlihat oleh mereka.

Dengan fakta ini, kita disarankan untuk memproduksi konten Instagram stories secara konsisten.

Dengan meningkatkan intensitas posting ke Instagram stories, kita akan mendapatkan peluang lebih besar dalam menjangkau penonton ketika mereka browsing stories harian dalam feed mereka. Semakin banyak tayangan stories yang kita dapatkan, maka akan semakin bagus peringkat algoritma akun kita.

Cara Kerja Algoritma Instagram 2023 untuk Halaman Explore

Secara keseluruhan, algoritma halaman explore dan feed cukup mirip. Dua halaman tersebut memberikan konten yang berpotensi menjadi minat dan ketetarikan kita, dengan berdasar pada interaksi akun kita sebelumnya.

Namun yang menjadi perbedaan adalah feed Instagram berisi akun-akun yang telah kita ikuti, sedangkan halaman explore berisi akun-akun baru yang belum kita ikuti.

Menurut pihak Instagram, “tindakan dan interaksi yang paling penting adalah likes, saves, dan shares.”

Selain itu, sinyal-sinyal paling penting dari algoritma halaman explore adalah:

  1. Informasi tentang postingan. Seberapa populer postingan tersebut? Seberapa banyak dan cepat engagement yang dihasilkan? Akan menjadi indikator yang cukup bagus jika banyak orang yang menyukai, berkomentar, membagikan, dan menyimpan postingan tersebut.
  2. Riwayat interaksi kita dengan akun pemosting. Apakah sebelumnya kita pernah berinteraksi dengan akun tersebut atau konten-konten mereka?
  3. Aktivitas kita. Apa tipe konten yang biasanya kita sukai, simpan, atau bagikan? Bagaimana kita berinteraksi dengan postingan-postingan di halaman explore?
  4. Informasi tentang akun pemosting. Berapa banyak orang yang berinteraksi dengan akun tersebut dalam periode waktu beberapa minggu sebelumnya?

Halaman explore juga terus menerus mengalami perkembangan, dengan kategori topik dan fungsionalitas pencarian yang semakin berkembang dari waktu ke waktu.

Sebagai contoh, kita bisa melakukan pencarian dengan kata kunci, juga dengan hashtag, untuk menemukan feed atau konten yang relevan.

algoritma instagram explore

Hal ini menunjukkan bahwa algoritma halaman explore juga mempertimbangkan konten visual dan kata-kata dalam caption kita.

Untungnya, tidak sulit membuat postingan kita untuk muncul ke halaman explore.

Yang perlu diingat bahwa algoritma halaman explore pada dasarnya berusaha menyajikan konten-konten yang relevan dan terbaik kepada kita.

Jadi, kita bisa mengoptimasi agar postingan kita bisa masuk ke explore page dengan terus menerus memproduksi konten yang engaging dan memiliki caption yang kuat serta hashtag yang spesifik.

Cara Kerja Algoritma Instagram 2023 untuk IGTV

Untuk video IGTV, algortima Instagram memprioritaskan konten dari akun-akun yang paling sering berinteraksi dengan kita.

Instagram menyajikan video IGTV yang disarankan dan relevan di halaman explore, berdasarkan apa yang kita sukai/

Jadi, bagaimana cara untuk memaksimalkan IGTV akun kita agar bisa dilihat oleh audiens lama maupun baru?

Triknya adalah bagaimana caranya kita bisa membuat konten yang bermanfaat dan membantu para audiens kita. Seperti tutorial, konten how-to, dan lain-lain.

Cara Kerja Algoritma Instagram 2023 untuk Reels

Mengetahui bagaimana cara “mengakali” algoritma Instagram Reels adalah hal yang penting jika kita menargetkan pertumbuhan di Instagram.

Menurut pihak Instagram, brand-brand dan para kreator harus membuat konten Reels yang menghibur, menginspirasi, atau bersifat experimental dan menggunakan tools kreatif seperti teks, efek kamera, atau filter.

Hindari posting konten Instagram Reels dengan kualitas dan resolusi rendah, terlalu buram, maupun konten yang didaur ulang dari platform media sosial lain. Sebab, tipe-tipe konten Reels tersebut tidak akan diprioritaskan. Dalam artian, tipe-tipe konten tersebut kemungkinannya kecil untuk muncul di halaman explore dan tab Instagram Reels.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, peluang kita akan lebih besar dalam “mengakali” algoritma Instagram dan menjangkau audiens baru.

Untuk boost tambahan, direkomendasikan untuk membagikan Instagram Reels di feed utama kita, gunakan beberapa hashtag untuk meningkatkan visibilitas, dan gunakan caption agar konten kita lebih mudah diakses.

By following these tips, you’ll stand a better chance of hacking the Instagram algorithm and reaching new audiences.

For an additional boost, we recommend sharing your Instagram Reels to your main feed, using several hashtags to increase discoverability, and including captions to make your content more accessible.

Cara Kerja Algoritma Instagram 2023 untuk Bisnis, Kreator, dan Akun Personal

Ada rumor bahwa algoritma Instagram “melayani” beberapa akun dengan lebih baik, salah satunya adalah akun-akun bisnis.

Namun, Instagram telah mengkonfirmasi lewat stories dari akun @creators bahwa semua jenis akun diperlakukan sama dalam algoritma.

Hal ini berarti, tidak ada perbedaan dalam ranking algoritma Instagram terlepas dari akun kita adalah akun personal, kreator, maupun akun bisnis,

6 Cara untuk Meningkatkan Peringkat Akun dengan Algoritma Instagram 2023

Jika kita ingin meningkatkan peringkat di algoritma Instagram, hal terbaik untuk dilakukan adalah memancing interaksi konten (likes, komen, saves, dan klik) sebanyak mungkin.

Dengan membangun momentum bersama para followers kita yang sudah ada, konten-konten kita akan muncul kepada audiens baru.

Di bawah ini adalah 6 cara untuk meningkatkan peringkat algoritma dan menjangkau audiens baru:

#1: Gunakan Fitur Instagram yang Baru, Seperti Instagram Reels

Jika kita sedang mencari cara cepat untuk “mengakali” algoritma Instagram 2023, kita harus menggunakan fitur-fitur Instagram terbaru.

Instagram akan selalu memberikan bantuan kepada kita untuk mendorong peningkatan akun kita lewat fitur terbaru mereka seperti Instagram Reels. Jadi, ikutilah tren-tren terbaru dan manfaatkan fitur-fitur terbarunya.

Selain itu, Instagram juga mengumumkan bahwa platform ini bukan lagi hanya sekedar aplikasi berbagi foto. Jadi, ada baiknya untuk mulai memasukkan konten berupa video ke dalam strategi konten kita.

#2: Hasilkan Lebih Banyak Interaksi dengan Stiker Instagram Stories

Stiker-stiker di Instagram stories adalah cara yang tepat untuk memancing engagement audiens. Semakin banyak engagement dari postingan kita, semakin tinggi stiker-stiker tersebut dapat mendorong peringkat kita di algoritma Instagram.

Ada banyak stiker-stiker di stories Instagram. Namun, stiker-stiker yang dinilai paling baik untuk mendorong engagement adalah polling, emoji slider, dan stiker pertanyaan.

algoritma instagram stiker stories

Stiker polling dan emoji slider adalah stiker yang termudah dan tercepat untuk mendorong engagement. Selain itu, jenis stiker tersebut bisa digunakan untuk hampir setiap bisnis maupun brand.

Stiker pertanyaan mungkin tidak menghasilkan engagement secepat polling atau emoji slider. Namun, stiker pertanyaan bagus untuk mendorong genuine engagement dengan audiens kita, yang mana hal tersebut sangat diperhitungkan dalam algoritma Instagram.

#3: Memancing Percakapan Dengan Caption dan Komentar yang Menarik

Instagram telah mengonfirmasi bahwa komentar dan jumlah likes adalah hal yang penting untuk ranking. Jadi, kita perlu memperhatikan hal ini dalam postingan kita.

Salah satu cara terbaik untuk memancing percakapan di postingan kita adalah dengan cara menulis caption yang baik untuk memancing komentar dari para audiens.

Salah satu Social Media Marketer terkenal, Elise Darma mengatakan bahwa menambahkan unsur CTA ke caption Instagram kita bisa membantu kita untuk mendapatkan banyak interaksi.

Call-to-action bisa berupa mengajak followers kita untuk membagikan pandangan dan opini mereka, menyukai postingan kita jika mereka setuju, tag teman mereka di komentar, ataupun klik link di bio.

#4: Mengoptimasi Strategi Hashtag

Menambahkan hashtag ke postingan kita adalah cara yang efektif untuk mengjangkau lebih banyak orang di Instagram, yang artinya akan lebih banyak tayangan di akun kita yang terdeteksi oleh algoritma Instagram.

Dengan strategi hashtag yang baik, kita bukan hanya menjangkau lebih banyak orang. Kita juga akan menjangkau audiens baru yang relevan dengan bisnis kita. Sehingga, akan semakin banyak orang yang engage dengan konten kita.

#5: Cross-Promote Konten Instagram

Jika kita mencari cara yang cepat dan mudah dalam meningkatkan engagement dan ranking algoritma, kita bisa melakukan cross-promote konten Instagram kita/

Semakin berkembang platform Instagram, fitur-fitur untuk posting konten juga semakin banyak seperti feed, stories, IGTV, Guides, dan Instagram Reels. Dengan fitur-fitur tersebut, kita bisa menggunakan mereka secara strategis untuk memancing audiens yang berbeda ke dalam konten-konten terbaru kita.

algoritma instagram stories

Hal ini bisa sesederhana membagikan preview menarik dari IGTV kita ke feed, atau bahkan menambah postingan feed ke Instagram stories dengan GIF “tap here“.

#6: Gunakan Instagram Analytics untuk Audit

Aktivitas tracking dan monitoring bagaimana performa konten kita di Instagram adalah salah satu cara untuk “mengakali” algoritma Instagram.

Memahami pemahaman yang baik tentang mana konten yang baik dan mana yang tidak akan membantu kita dalam membuat rencana pemasaran yang efektif. Sehingga, hal ini akan menghemat waktu kita.

Meski begitu, menangani Instagram Analytics bukanlah sekedar mencari tahu mana foto, video, atau stories yang memiliki performa terbaik. Kita juga perlu memahami bagaimana performa konten kita dengan melacak key metrics secara rutin. Hal ini penting untuk membantu kita meningkatkan ranking algoritma Instagram kita.

Simpulan

Sayangnya, tidak ada cara pasti tentang bagaimana “mengakali” algoritma Instagram 2023. Namun, kita bisa mengaplikasikan tips-tips di artikel ini untuk membantu kita membuat konten yang akan memancing sinyal-sinyal dan faktor kunci algoritma Instagram.

Jika kita membuat postingan feed, stories, IGTV, dan Reels yang engaging, algoritma Instagram akan terus menerus mendistribusikan konten kita ke audiens yang tepat/

Menjadi konsisten dan membangun hubungan yang generik dengan followers kita juga termasuk ke dalam salah satu cara terbaik untuk “mengakali” algoritma Instagram.

Semoga artikel ini bermanfaat!

 

 

 

 

Author

Digital & Performance Marketing Specialist yang menyediakan berbagai jasa digital marketing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Mari berkolaborasi dengan saya!

Write A Comment

CARI JASA DIGITAL MARKETING?

Ingin meningkatkan penjualan & Brand Awareness produk Anda dengan Digital Marketing?
Mari berkolaborasi dengan saya!