Bagaimana Caranya Membuat Website tanpa Coding? Ikuti Langkah-langkah Berikut! – Memiliki sebuah website dapat membantu menumbuhkan online presence, baik itu website personal blog maupun website bisnis Anda.

Dengan website, Anda bisa menghubungkan bisnis Anda ke jangkauan audiens yang lebih luas. Adanya website juga dapat menjadi sebuah platform untuk membagikan pendapat dan keterampilan Anda, menciptakan peluang untuk projek pribadi atau projek pekerjaan.

Artikel ini akan membantu Anda secara lengkap untuk mengetahui bagaimana caranya membuat website dengan mudah.  Di dalam artikel ini juga kita akan membahas tips bagaimana cara mengoptimasi website Anda.

Sebagai contoh, artikel ini akan menunjukkan bagaimana caranya membuat website berkualitas tinggi menggunakan CMS WordPress. WordPress adalah platform yang dikenal mudah dan beginner-friendly, sehingga tidak memerlukan kemampuan coding dalam pembuatannya.

Kita juga akan membahas tentang apa yang bisa kita lakukan setelah menerbitkan sebuah website dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan.

Daftar Isi

Bagaimana Caranya Membuat Website dengan WordPress?

WordPress adalah CMS yang sangat fleksibel dan mudah digunakan. Platform ini cocok untuk semua jenis website, dan memiliki koleksi plugin-plugin yang mempermudah pengembangan website menjadi lebih optimal.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat website di WordPress:

1. Install WordPress

WordPress adalam CMS gratis dan open-source. Ada tiga langkah utama untuk menginstall WordPress:

  • Auto-installer. Beberapa penyedia layanan web hosting memiliki fitur auto-installer untuk menginstall WordPress di control panel-nya. Instalasi WordPress dengan cara ini adalah opsi yang termudah.
  • Manual. Opsi ini adalah instalasi manual dan Anda perlu membuat database Anda sendiri terlebih dahulu. Proses ini memakan waktu yang relatif lebih panjang namun sangat mudah diikuti.
  • Lokal. Menginstall WordPress di komputer Anda untuk mengetes perubahannya sebelum website Anda live. Anda bisa mengunduh WordPress versi terbaru dan menginstall WordPress secara lokal menggunakan MAMP untuk macOs atau WampServer untuk Windows.

2. Memilih Tema WordPress

Design website adalah hal yang penting untuk menarik para pengunjung. Memiliki design website yang menarik juga dapat meningkatkan user experience di dalam sebuah website.

Anda bisa mempekerjakan seorang web designer untuk membuat website Anda terlihat profesional. Namun, opsi tersebut juga bisa menjadi opsi yang mahal. Untungnya, WordPress menawarkan interface yang user-friendly untuk membantu penggunanya mendesign website mereka dengan mudah.

Terhitung lebih dari 8,800 template WordPress gratis dan berbayar di galeri template WordPress. Beberapa design cocok untuk semua jenis website, sedangkan design yang lain hanya berfokus pada tujuan spesifik seperti:

  • eCommerce. Untuk design toko online, sebagian besar templatenya memprioritaskan user experience, halaman produk, dan metode pembayaran. Beberapa contoh tema WordPress yang populer seperti Divi dan GeneratePress.
  • Blogging. Memprioritaskan design yang ramah SEO dengan navigasi yang mudah. Tema blog seperti Astra dan OceanWP bagus untuk meningkatkan design website Anda.
  • Portofolio. Untuk menunjukkan projek-projek terbaik Anda, pilihlah tema khusus portofolio yang bisa menonjolkan pekerjaan Anda. Sebagai contoh, gunakanlah tema WordPress yang simpel seperti Clean Portfolio atau Air.

Rata-rata harga tema premium WordPress adalah $50 untuk sekali pembelian. Anda juga dapat memulai membangun website Anda dengan tema WordPress gratis dan membeli tema premium setelah website Anda berkembang seiring berjalannya waktu.

Beberapa tema premium juga menawarkan tools dan fitur tambahan untuk mengoptimasi website WordPress Anda.

Baca Juga: Rekomendasi Template WordPress untuk Instansi Pemerintah

Untuk menginstall tema, bukalah dashboard WordPress Anda dan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Dashboard -> Appearance -> Themes dan pilihlah sebuah tema untuk website Anda. Untuk melihat galeri berisi tema, klik tombol Add New Theme.

2. Anda bisa menjelajahi galeri tema dan klik Details & Preview atau tombol Preview untuk melihat bagaimana tampilan temanya jika terpasang di website.

bagaimana caranya membuat website

3. Untuk menggunakan tema yang sudah Anda pilih, klik Install -> Activate. Untuk kembali ke galeri, tekan ikon X di sudut atas kiri.

4. Klik Customize untuk mengedit design-nya.

5. Anda bisa mempersonalisasikan temanya dengan mengganti layout, warna, dan font.

bagaimana caranya membuat website

6. Klik di ikon tablet atau mobile di sebelah sudut kiri atas untuk memperlihatkan temanya di layar yang lebih kecil.

Dengan sebuah tema premium, Anda harus mengunggah filenya secara manual setelah membeli tema tersebut. Caranya adalah kembali ke Dashboard -> Appearance -> Theme -> Add New Theme dan klik di tombol Upload Theme. Pilih file .zip tema dan Activate setelah proses unggahannya selesai.

3. Menginstall Plugin WordPress

Salah satu keuntungan membuat website dengan platform WordPress adalah Anda dapat mengakses plugin-plugin yang berkualitas di dalamnya. Plugin WordPress adalah sebuah software yang dapat memperluas fungsionalitas website WordPress. Dengan menggunakan plugin, para pengguna bisa membuat segala jenis website tanpa menggunakan coding.

WordPress memiliki 59,000 plugin gratis dan berbayar dengan berbagai macam tujuannya. Dari meningkatkan keamanan website, sampai ke membagikan konten website. Manfaat-manfaat menggunakan plugin WordPress di antaranya:

  • Kegunaan. Membantu pengguna menavigasi halaman-halaman website dengan mengoptimasi menu website dengan lebih baik
  • Tools tambahan. Memperluas fngsionalitas dengan menambahkan tools seperti tombol media sosial atau meningkatkan SEO website.
  • Kinerja. Meningkatkan kecepatan website, keamanan, dan manajemen pengguna.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kecepatan Website

Untuk menginstall plugin WordPress, buka Dashboard -> Plugins -> Add New. Anda bisa menjelajahi galeri plugin atau menulis nama plugin di kotak pencarian plugin. Setelah menemukan pluginnya, klik di tombol Install Now dan Activate.

Untuk plugin premium, unggah secara manual setelah Anda membeli pluginnya. Buka Dashboard -> Plugins -> Add New, dan klik Upload Plugin untuk menginstall dan mengaktifkan plugin premium Anda.

bagaimana caranya membuat website

Perlu diingat bahwa menginstall terlalu banyak plugin untuk sebuah website WordPress bisa membebani sumber daya server. Selain itu, plugin WordPress bersifat open-source. Artinya, beberapa plugin dengan pengkodingan yang buruk bisa membahayakan bagian-bagian lain dari sebuah website.

Maka dari itu, selalu prioritaskan kualitas plugin daripada kuantitas plugin.

4. Membuat Website WordPress Pertama Anda

Ketika Anda membuat sebuah website, ada opsi untuk memiliki hanya satu halaman saja atau beberapa halaman. Jika Anda memutuskan untuk memiliki website dengan banyak halaman, maka pertimbangkanlah untuk menambahkan beberapa halaman berikut:

  • Homepage. Halaman pertama yang dikunjungi oleh pengunjung ketika membuka sebuah website. Sebuah homepage memerlukan kecepatan, konten, dan design yang baik untuk menangkap perhatian audiens.
  • Halaman About. Informasi lebih lanjut mengenai sebuah website, dengan menjelaskan apakah ini website bisnis atau website personal.
  • Halaman Kontak. Cara bagi pengunjung untuk menghubungi pemilik website untuk informasi lebih lanjut.
  • Halaman Blog. Menambahkan konten-konten baru ke dalam website secara reguler agar tetap up-to-date.
  • Halaman Produk/Layanan. Buatlah halaman produk dan layanan secara terpisah, terutama jika halaman toko e-commerce.

Untuk menambahkan halaman pertama di website baru Anda, bukalah Dashboard -> Pages -> Add New.

Ketika Anda membangun halaman website, prioritaskanlah konten yang informatif dan akurat, dengan navigasi yang ramah pengguna.

WordPress memiliki fitur bawaan blocks untuk membantu penempatan konten dan layout. Pilih ikon + di sudut kiri atas dan jelajahi opsi blocksnya untuk mengoptimasi sebuah halaman.

bagaimana caranya membuat website

Dengan halaman blog, Anda tidak perlu memasukkan tambahan apapun di dalam halaman tersebut.

Anda cukup membuka menu Settings -> Readings dan pilih A static page, di sebelah Your homepage displays. Pilih halaman blog yang kosong di bagian Post page dan klik Save Changes. Setiap kali Anda menambahkan postingan blog, WordPress akan menampilkan postingan tersebut di halaman blog secara otomatis.

Selain itu, WordPress juga memiliki plugin page builder untuk mengkustomisasi halaman-halaman website dengan lebih fleksibel. Beberapa plugin page builder WordPress yang populer adalah Elementor, Beaver Builder, dan WPBakery Page Builder. Sebagian plugin tersebut menawarkan fitur drag-and-drop yang memudahkan Anda, design pre-built, dan resizing konten.

Manfaat-manfaat menggunakan page builder antara lain:

  • Beginner-friendly. Membuat halaman website yang interaktif dan berkualitas tinggi tanpa coding.
  • Lebih cepat. Gunakan template dan sections pre-design untuk membuat beberapa jenis halaman yang berbeda, tanpa harus membuat tiap halaman dari nol.
  • Fitur-fitur tambahan. Meningkatkan fungsionalitas dan design dengan menambahkan lebih banyak fitur di halaman website.

Perlu diingat bahwa disarankan hanya gunakan satu page builder dan jangan gunakan lebih dari satu page builder secara bersamaan, karena akan berpotensi untuk mengakibatkan error dan memperlambat kecepatan website.

5. Membuat Menu Navigasi dan Widgets

Ketika Anda membuat sebuah website, Anda juga harus mempertimbangkan faktor user experience ketika mengakses halaman-halamannya. Untuk memperbaiki navigas di website WordPress Anda, Anda perlu mengoptimasi menu dan widgetnya.

Mulailah dengan membuat menu untuk membantu para pengunjung menavigasi di antara beberapa halaman. Terlepas dari halaman apapun yang mereka buka, menu di dalam website harus tetap sama.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat menu di website Anda:

1. Buka WordPress Dashboard -> Appearance -> Menus dan tulis Menu Name. Di bawah Menu Settings, tentukan apakah Anda ingin menambahkan halaman baru ke menu secara otomatis atau tidak. Kemudian, pilihlah Display location di website. Klik Create Menu untuk menyelesaikan proses pembuatannya.

bagaimana caranya membuat website2. Pilihlah mana PagesPosts, atau Categories untuk dimasukkan ke menu lewat Add to Menu. Kemudian, klik Save Menu untuk menyimpan perubahannya.

Selain membuat menu yang mudah untuk dinavigasi, mengkustomisasi widget WordPress juga bisa meningkatkan pengalaman pengunjung website Anda.

Adanya widget mampu menyajikan konten dan struktur tambahan di bagian header, footer, dan sidebar website. Beberapa widget populer yang sering digunakan yaitu postingan terakhir, kalendar, dan bar pencarian.

Beberapa tema juga memiliki fitur widget yang langsung bisa Anda gunakan. Meski begitu, Anda juga dapat membuat custom widget Anda sendiri. Untuk membuatnya, buka menu Appearance -> Widget. Klik ikon + untuk menambah konten menggunakan blocks.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengkustomisasi widget langsung dari design website Anda:

1. Buka Dashboard -> Appearance -> Customize.

2. Pilih Widgets di bawah menu Customize untuk memperlihatkan penambahan area berbeda, seperti Sidebar RightFooterHeader, dan Side Section.

bagaimana caranya membuat website3. Pindahkan blocks untuk mengatur ulang widgetnya atau klik ikon + untuk menambahkan blocks yang lain. Perubahannya akan langsung terlihat.

4. Klik Publish untuk menyimpan kustomisasi Anda. Anda juga bisa mengklik ikon gear di sebelahnya untuk Save Draft.

6. Mengoptimasi Website untuk SEO dan Konversi

Search Engine Optimization (SEO) dapat meningkatkan ranking halaman website di halaman hasil pencarian (SERP). Memprioritaskan SEO akan membantu Anda meningkatkan traffic dan posisi sebuah website sebagai sumber yang dapat dipercaya.

Anda juga bisa membaca artikel tentang cara efektif meningkatkan traffic website.

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan performa SEO di website WordPress adalah menggunakan beberapa plugin SEO di bawah ini:

  • Yoast SEO – membantu mengoptimasi website Anda dengan menyediakan peningkatan technical SEO terautomasi dan XML sitemaps.
  • Google XML Sitemaps – menyediakan XML lengkap untuk website WordPress Anda secara otomatis, mempermudah search engine crawling halaman website Anda.
  • Broken Link Checker – mencegah search engine mengambil broken link dari website Anda untuk menjaga performa SEO dan user experience tetap konsisten.
  • W3 Total Cache – meminimalisir waktu unduhan dengan meningkatkan kecepatan website sampai 10 kali lipat.

Selain itu, SEO juga bisa meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Website bisnis tertentu, seperti perusahaan teknologi, bisa menghasilkan penghasilan 2 kali lipat dari pencarian organik. Adanya SEO bisa membantu meningkatkan conversion rate dengan meningkatkan:

  • Site speed. Waktu loading ideal website adalah di bawah 2 detik. Memiliki site speed yang cepat dapat mendorong pengunjung untuk melihat halaman-halaman yang lain.
  • Gambar. Membuat website semakin menarik secara visal bagi pengunjung dengan mengoptimasi gambar dan grafik.
  • Mobile-responsiveness. Meningkatkan performa website di perangkat mobile agar pengunjung bisa mengakses website Anda tanpa batasan perangkat.

7. Meningkatkan Kualitas Website

WordPress memberikan banyak kesempatan untuk meningkatkan kualitas website Anda. Sebagai contoh, website bisnis kecil bisa ditingkatkan kualitasnya menjadi toko eCommerce yang lebih besar.

Berikut adalah beberapa fitur untuk membantu Anda meningkatkan kualitas website WordPress Anda:

  • eCommerce plugins. Membuat toko online dengan sebuah metode pembayaran yang aman dan halaman produk yang mudah dinavigasi. Salah satu plugin eCommerce WordPress yang populer adalah WooCommerce. Dengan WooCommerce, Anda bisa membuat website eCommerce dengan mudah dan cepat. Anda juga mungkin perlu membaca artikel cara setting WooCommerce di WordPress.
  • Booking plugins. Bagi website bisnis yang memerlukan adanya booking, seperti hotel atau restoran, plugin booking dapat membantu para pelanggan mengecek ketersediaan tempat, memesan tempat, dan membayarnya secara online.
  • Contact form plugins. Agar tetap terhubung dengan pengunjung website, berilah mereka cara untuk menghubungi Anda agar menerima informasi lebih lanjut. Contact form juga bisa mengurngi spam dengan mencegah mempublikasi alamat email Anda.
  • Mobile-responsiveness. Buatlah website Anda agar mobile-friendly. Karena 54.8% global traffic datang dari perangkat mobile. Dengan begitu, website Anda bisa menjangkau audiens yang lebih luas.

Selain menambahkan fitur-fitur lain, pastikan bahwa server Anda cocok dengan tipe website yang Anda buat. Saat Anda meningkatkan kualitas website ke jenis website WordPress yang berbeda, pertimbangkan beberapa aspek berikut:

  • Penyimpanan. Pastikan untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan ketika menambahkan file, halaman, dan tools di dalam website. Hal ini akan mencegah loading time Anda menjadi lambat.
  • Kualitas. Ketika menambahkan informasi lebih banyak ke dalam website, periksalah halaman-halaman dan file-file lama untuk memastikan kualitas yang konsisten.
  • Keamanan. Meningkatknya kualitas sebuah website berarti meningkatnya interaksi dengan pengunjung. Agar website dan data pengunjung Anda aman, carilah fitur keamanan WordPress yang kuat.

8. Luncurkan Website Anda

Sebelum meluncurkan website, periksalah semua masalah teknis yang mungkin memengaruhi user experience dan fungsionalitas website.

Ada beberapa cara untuk menguji website sebelum ditayangkan:

  • Keluarga dan teman. Mintalah seseorang yang Anda kenal untuk melihat website Anda dari sudut pandang pengunjung. Dapatkan timbal balik mengenai design, navigasi, fitur, dan responsivitas mobilenya.
  • A/B testing. Gunakan tools seperti Google Optimizer atau Nelio AB Testing untuk membandingkan 2 versi website. Teknik ini bisa memberikan Anda insight berbasis data untuk mengetahui versi mana yang lebih baik.
  • Tes kecepatan. Memiliki website yang cepat dapat menarik pengunjung yang lebih banyak untuk tetap membuka website Anda dan mengeksplornya.

Website Anda telah Live, Bagaimana Selanjutnya?

Membuat sebuah website dapat meningkatkan personal maupun professional branding Anda secara online. Selain itu, memiliki website juga memungkinkan Anda membagikan konten ke audiens yang lebih luas.

Sebelum membuat website Anda sendiri, pilihlah platform yang tepat – dalam tutorial ini kita menggunakan WordPress. Pilihlah nama domain yang mudah diingat dan gunakan web hosting plan jika diperlukan.

Di atas kita telah membahas bagaimana caranya membuat website tanpa coding menggunakan WordPress, beserta berbagai tips mengenai mengoptimasi website Anda.

Setelah website Anda live dan terbit, berikut adalah beberapa tips pasca website terbit yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Revisi secara teratur. Revisi konten Anda secara teratur, karena praktik terbaik dari SEO juga seringkali berubah-ubah.
  • Promosikan website. Gunakan konten, email, social media, dan affiliate marketing untuk membantu mempromosikan website Anda dan menarik banyak pengunjung.
  • Analisa performa. Tingkatkan strategi marketing untuk menghindari masalah-masalah yang akan datang dengan cara menganalisa performa website Anda secara reguler. Gunakan tools seperti Google Analytics untuk membantu analisis Anda. Anda mungkin perlu panduan mengenai cara memasang Google Analytics di WordPress.

FAQ Tentang Cara Membuat Website

Bagian ini akan menjawab beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai bagaimana caranya membuat website.

Apakah Membutuhkan Pengetahuan Teknis?

Tidak, banyak platform yang tersedia untuk membantu membuat website lebih mudah tanpa pengetahuan bahasa coding atau pemrograman. Sebagai contoh, WordPress sangat mudah digunakan dengan interface yang user-friendly dan pilihan tema yang sangat banyak.

Bagaimana Cara Membuat Website dengan Coding?

Pertama-tama, gunakan web hosting dan pilihlah nama domain Anda. Kemudian, Anda perlu menginstall Bootstrap untuk membuat dokumen HTML dan CSS Anda.

Website dengan codingan sendiri bukanlah opsi yang ramah bagi pemula dan akan menyita banyak waktu untuk membuatnya. Anda juga perlu mempelajari tren web development terbaru agar tetap up-to-date dengan metode-metode codingnya.

Bagaimana Caranya Membuat Website Secara Gratis?

Website builders atau platform CMS seringkali menawarkan subdomain secara gratis. Sebagai contoh, pengguna WordPress bisa menggunakan www.namadomain.wordpress.com dan bukan www.namadomain.com. Subdomain gratis sangat cocok untuk pemula yang baru ingin mencoba-coba.

Berapa Biaya untuk Membuat Website?

Biaya untuk membuat sebuah website bergantung pada jenis website yang akan Anda buat. Membangun sebuah website bisa memakan biaya mulai dari $100 sampai dengan beberapa ribu dollar per tahun jika Anda juga menyewa seorang web developer. Jadi, pastikan untuk membuat jenis website yang menyesuaikan dengan anggaran Anda.

Bagaimana Caranya Membuat Website Bisnis?

Membuat sebuah website bisnis caranya cukup mirip dengan website-website lainnya. Meski begitu, website bisnis biasanya memiliki elemen-elemen tambahan seperti halaman produk atau layanan, halaman kontak, dan halaman about. Website bisnis dapat membantu Anda untuk menambah opsi kanal penjualan, memperluas basis pelanggan, meningkatkan pemasukan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Website?

Menghasilkan uang dari sebuah blog atau website bisa Anda lakukan dengan cara menampilkan iklan di bagian sidebar, footer, dan header website Anda. Sebagai contoh, Google AdSense menawarkan metode pembayaran per klik setiap kali pengunjung website mengklik iklan di website Anda. Selain itu, Anda juga bisa menghasilkan uan dari konten bersponsor, terutama ketika Anda memiliki traffic atau jumlah pengunjung yang banyak.

Berapa Lama Waktu untuk Membuat Website?

Waktu yang diperlukan untuk membuat sebuah website bergantung pada platform dan jenis website yang Anda buat. Dengan website builders atau platform CMS seperti WordPress, Anda bisa membuat website dalam waktu 5 menit. Jika Anda menggunakan metode coding manual untuk membuat website, Anda mungkin perlu waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikannya.

Penutup

Dengan memahami langkah-langkah di atas, Anda sudah dapat membuat website dengan WordPress dengan mudah dan cepat. Namun, jangan lupa untuk terus mengembangkan dan menyempurnakan website Anda dengan menambahkan plugin, mengubah desain, dan memperbarui konten secara berkala. Ingat, website yang selalu diperbarui akan lebih menarik bagi pengunjung dan lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

Sekian artikel tentang bagaimana caranya membuat website dengan WordPress. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda yang ingin membuat website sendiri. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar di bawah ini.

Ingin Meningkatkan Bisnis Anda dengan Digital Marketing?

Anda telah memiliki website, produk untuk dijual, dan lain-lain. Sekarang Anda mencari cara bagaimana meningkatkan skala bisnis Anda lewat digital marketing?

Mari berkolaborasi dengan saya. Saya adalah seorang digital marketer yang memiliki pengalaman membantu banyak brand dalam pemasaran digital untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan mereka.

Lihat portofolio saya di sini.

Author

Digital & Performance Marketing Specialist yang menyediakan berbagai jasa digital marketing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Mari berkolaborasi dengan saya!

Write A Comment

CARI JASA DIGITAL MARKETING?

Ingin meningkatkan penjualan & Brand Awareness produk Anda dengan Digital Marketing?
Mari berkolaborasi dengan saya!