BI Fast adalah Fitur Terbaru dari dari BI, Begini Penjelasannya – Kemajuan teknologi yang semakin pesat semakin memudahkan kita dalam berbagai aktivitas, termasuk urusan perbankan. Kehadiran BI Fast dan Realtime Online sebagai metode pembayaran menjadi sebuah inovasi teknologi yang sangat bermanfaat bagi banyak orang.

Kedua layanan ini memudahkan siapa saja untuk melakukan aktivitas perbankan seperti mengirim dan menerima uang tanpa harus menunggu lama atau repot-repot pergi ke bank. Meski sama-sama memiliki tujuan yang sama, nyatanya BI Fast memiliki keunggulan tersendiri. Apakah itu? Mari kita bahas dalam artikel berikut.

Daftar Isi

Mengenal BI Fast dan Realtime Online

Hal pertama yang harus kita ketahui diantara keduanya adalah mengetahui terlebih dahulu definisi dari BI Fast dan Realtime Online.

Dilansir dari website resmi Bank Indonesia (BI), BI Fast atau BI-Fast adalah sebuah sistem pembayaran ritel nasional yang dapat memfasilitasi pembayaran ritel dengan efisien, real time, aman, dan selalu tersedia selama 24 jam.

BI Fast diluncurkan ke publik sejak 21 Desember 2021 sebagai pengganti Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). Selain itu, kehadiran BI Fast juga mendukung pembayaran nasional dan membuat sistem pembayaran akan lebih mudah dan cepat untuk mendukung integrasi finansial ekonomi digital.

Sedangkan definisi dari Realtime Online atau transfer online adalah sebuah layanan perbankan yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi keuangan secara langsung seperti mengirim uang (transfer), menerima uang, dan memungkinkan untuk memantau transaksi dan saldo di tempat.

Perbedaan antara BI Fast dan Realtime Online

Secara umum, baik kehadiran BI Fast dan Realtime Online akan membuat transaksi orang-orang semakin mudah. Lalu, apa perbedaannya? Berikut adalah perbedaan antara BI Fast dan Realtime Online.

1. Biaya Transaksi

Perbedaan signifikan antara BI Fast dan Realtime Online adalah dari segi biaya transaksi yang ditagihkan kepada pengirim uang. Untuk BI Fast, biaya yang ditagih untuk satu kali transaksi adalah Rp 2,500. Sedangkan untuk Realtime Online, Anda perlu membayar biaya transaksi sebesar Rp 6,500. Dari fakta ini, terlihat jelsa bahwa BI Fast memungkinkan Anda untuk mengurangi biaya transaksi.

2. Jumlah Transaksi

Perbedaan kedua adalah dari segi nominal atau limit transaksi. Dalam fitur Realtime Online, per transaksinya dibatasi sebesar maksimum Rp 25 juta. Sedangkan untuk BI Fast, Anda bisa melakukan transaksi sampai dengan Rp 250 juta per transaksinya. Meski begitu, jumlah maksimal Rp 250 juta tersebut tergantung pada kebijakan yang ada pada masing-masing bank.

3. Fitur

Perbedaan terakhir ada pada fitur-fiturnya. BI Fast jelas lebih unggul dari Realtime Online. BI Fast menawarkan berbagai kemudahan dengan fitur-fitur sebagai berikut;

  1. Deteksi Penipuan dan Anti-Money Laundering (AML)
  2. Penanggulangan Pendaan Terorisme (CFT)
  3. Proxy Address, memudahkan bertransaksi hanya dengan menggunakan nomor ponsel dan email sebagai nomor akun alternatif.

bi fast adalah

Keuntungan BI Fast dibanding Layanan Lainnya

Tidak hanya unggul dibanding Realtime Online ataupun transfer online pada umumnya, BI Fast juga lebih unggul dibandingkan layanan transfer lainnya seperti SKNBI, Real Time Gross Settlement (RTGS). Beberapa perbedaannya antara lain:

1. Waktu Transaksi

BI Fast menawarkan layanan real time, yang artinya semua transaksi terjadi di saat yang bersamaan. Sedangkan SKNBI dan RTGS, proses transaksinya memakan waktu paling tidak 2-3 hari.

2. Ketersediaan Layanan

BI Fast tersedia 24 jam setiap hari. Hal ini membuat BI Fast lebih cepat dan efisien dalam menyelesaikan segala aktivitas transaksi Anda. Berbeda dengan SKNBI dan RTGS dengan waktu pelayanan terbatas dari pukul 06.30 – 16.30 WIB.

3. Opsi Pembayaran

BI Fast memudahkan semua orang untuk melakukan transaksi di banyak kanal seperti counter bank, mobile atau internet banking, dan ke depannya BI Fast memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi via QR Code, ATM, EDC.

4. Instrumen Pembayaran

BI Fast berbagai transaksi keuangan seperti transfer kredit, transfer debit, dan akan terus dikembangkan untuk melayani transaksi melalui ATM/Debit (termasuk virtual), Kartu Kredit (termasuk virtual), dan juga uang elektronik. Sedangkan SKNBI hanya melayani transaksi kredit dan debit, dan RTGS lebih terbatas lagi karena hanya melayani transaksi kredit.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Author

Digital & Performance Marketing Specialist yang menyediakan berbagai jasa digital marketing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Mari berkolaborasi dengan saya!

Write A Comment

CARI JASA DIGITAL MARKETING?

Ingin meningkatkan penjualan & Brand Awareness produk Anda dengan Digital Marketing?
Mari berkolaborasi dengan saya!