Cara Backup WordPress di cPanel dengan Mudah – Pada artikel lalu, kita telah membahas cara downgrade WordPress ke versi sebelumnya dengan mudah dan aman. Salah satu langkah untuk downgrade WordPress adalah dengan melakukan pencadangan data WordPress atau backup agar data kita tersimpan dengan aman.

Sistem backup yang Anda lakukan harus menjadi strategi keamanan di semua website Anda. Sehingga, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Anda bisa memulihkan versi sebelumnya dengan mudah dan cepat.

Meskipun Anda memiliki solusi pencadangan data WordPress secara otomatis, sangat direkomendasikan agar Anda memiliki beberapa sistem pencadangan yang lain. Dengan begitu, jika salah satu solusi pencadangan Anda gagal, Anda masih memiliki sistem pencadangan yang lain yang bisa digunakan.

Cara Backup WordPress di cPanel

Salah satu metode backup data WordPress adalah dengan melakukan pencadangan data secara manual di cPanel. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui cara backup WordPress di cPanel!

  1. Login ke akun cPanel Anda

Buka halaman login dari akun cPanel Anda. Biasanya merupakan nama domain atau alamat IP Anda dan diikuti dengan /cpanel.

Contoh: http://namadomain.com/cpanel

cara backup wordpress di cpanel

2. Di bawah bagian files, klik di ikon Backup Wizard

backup wordpress cpanel

3. Klik tombol Backup

cara backup wordpress di cpanel

4. Di bawah Select Partial Backup, klik link Home Directory

5. Klik tombol Home Directory untuk mengunduh salinan terkompres dari home directory Anda. Proses ini bergantung pada ukuran besar atau kecilnya website Anda. Semakin besar ukuran website Anda, maka prosesnya akan semakin lama.

cara backup wordpress di cpanel

6. Sekarang Anda telah memiliki salinan dari home directory Anda. Langkah selanjutnya adalah mengunduh salinan database WordPress Anda.

Pertama-tama, klik tombol Go Back untuk keluar ke halaman sebelumnya.

7. Di bawah Select Partial Backup, klik tombol MySQL Databases

8. Langkah terakhir, klik link database WordPress Anda untuk mengunduh salinannya ke directory lokal Anda.

cara backup wordpress di cpanel

9. Sekarang Anda telah memiliki salinan dari file WordPress anda. Sangat direkomendasikan untuk mengarsipkan file tersebut ke lokasi yang aman dan mudah teringat oleh Anda.

Anda juga bisa mengupload file tersebut ke layanan penyimpanan data seperti Dropbox atau Google Drive.

Simpulan

Jika Anda mengikuti berbagai langkah di atas dengan baik, Anda sekarang telah memiliki salinan file dan database dari website WordPress Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

0

Write A Comment

×

Dapatkan insight dan berdiskusi langsung seputar Digital Marketing, Sosial Media, tips website development, dan lowongan kerja di Grup Telegram.

GRATIS!

Join Grup Telegram