Dewasa ini, TikTok menjadi salah satu social media platform yang digemari oleh banyak orang. Tingkat perkembangan penggunanya yang makin pesat menjadikan banyak brand dan marketer mencoba memanfaatkan TikTok Advertising (Ads) sebagai sarana marketing.

Sebagai seorang marketer, sudah saatnya untuk mempertimbangkan TikTok untuk dijadikan sebagai alat marketing demi meningkatkan performa bisnis dan brand awareness.

Dilansir dari Hootsuite, TikTok memiliki kurang lebih 800 juta pengguna aktif setiap bulannya. Dengan jumlah tersebut, TikTok berhasil mengalahkan LinkedIn (660+ juta pengguna), Reddit (430+ juta pengguna), hingga Twitter (+340 juta pengguna).

Lalu bagaimana cara memasang TikTok Ads? Artikel ini akan menjelaskannya. Simak sampai selesai!

Jenis-Jenis TikTok Ads

Sebelum memulai aktivitas marketing dan beriklan di TikTok, ada baiknya jika kita mengetahui jenis-jenis iklan yang tersedia di TikTok. Platform ini menyediakan berbagai opsi iklan untuk para pengiklan. Masih dilansir dari Hootsuite, berikut jenis-jenis iklan di TikTok:

1. In-Feed Video

Iklan ini ditempatkan di bagian bawah video TikTok. Biasanya, jenis iklan ini sering digunakan oleh banyak orang karena harganya yang lebih terjangkau.

2. Brand Takeover

Iklan ini akan mengambil layar pengguna sepenuhnya dalam beberapa detik saat mulai membuka aplikasi. Setelah itu, iklan akan hilang dan berubah menjadi In-Feed Video.

3. Hashtag Challenge

Iklan ini muncul di halaman Discovery. Biasanya iklan ini akan mendorong pengguna untuk melakukan tantangan atau tren yang sedang marak dilakukan oleh para pengguna TikTok.

Cara Memasang TikTok Ads

Setelah mengetahui jenis-jenis iklan yang tersedia di TikTok, kini saatnya kita untuk mencoba membuat iklannya. Ikuti langka-langkahnya di bawah ini;

1. Buat Akun TikTok ads

Hal paling pertama dilakukan adalah mengunjungi situs TikTok Ads, lalu buatlah akun TikTok For Business dengan klik Sign up di bagian pojok kanan atas. Setelah itu masukkan email dan password, serta kode verifikasi yang akan dikirim ke email kita.

tiktok for business sign up

Setelah itu, kita akan diarahkan ke halaman Create an Account. Isilah data-datanya dengan lengkap dan klik tombol Register.

tiktok for business dashboard

Akan ada kode verifikasi yang masuk ke nomor handphone kita, masukkan kode tersebut.

2. Mengatur Informasi di TikTok Ads Manager

Setelah pendaftaran akun TikTok For Business/TikTok Ads selesai, kita akan masuk ke halaman TikTok Ads Manager. Dalam halaman ini, kita akan dimintai informasi berupa nama website untuk konversi iklan, informasi pembayaran, dan cara pembayaran.

tiktok ads manager

3. Membuat Campaign TikTok Ads

Setelah mempunyai akun TikTok Ads, nantinya di dashboard akan ada berbagai macam menu yang tersedia.

Pilih menu ‘Campaign’ lalu klik tombol ‘Create’ untuk mulai membuat TikTok Ads.

Setelah itu, pilihan tujuan campaign iklan kita. Ada empat opsi yang bisa dipilih, yaitu website traffic, website conversion, app install, dan lead generation. JDalam panduan ini, kita akan mencoba dengan pilihan campaign website traffic. Jangan lupa untuk memberi nama campaign kita untuk memudahkan pengkategorian di kemudian hari.

tiktok ads campaign

4. Menentukan Penempatan, Detail, dan Target

Setelah menentukan campaign, langkah selanjutnya adalah menentukan penempatan dan target iklan, serta budget yang akan kita keluarkan untuk iklan. Tentukan penempatan iklan dengan tepat agar dapat menjangkau lebih banyak orang. Selain di platform TikTok, kita juga bisa menempatkan iklan ke platform lainnya seperti BuzzVideo, News Republic, dan lain-lain. Pilihan-pilihan tersebut tersedia di menu Ad Group.

tiktok ad group

5. Mengunggah Konten Iklan

tiktok ad

Selanjutnya, hal yang perlu kita lakukan hanyalah mengunggah konten iklan yang telah kita siapkan sebelumnya dan melihat preview-nya di bagian kanan layar. Perlu diingat bahwa dalam membuat konten iklan yang menarik di mata audiens, konten iklan kita disarankan untuk memiliki visual yang baik dan mampu menarik perhatian audiens di 1-3 detik pertama.

Setelah semuanya diatur dengan benar, maka kita tinggal menunggu persetujuan dari TikTok. Setelah TikTok menyetujui iklan kita, kita bisa memantau perkembangan iklan di dashboard Ads Manager.

Itu dia serba-serbi dan cara beriklan di TikTok yang perlu diketahui oleh para marketer. Cukup mudah, bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

0

Write A Comment

×

Dapatkan insight dan berdiskusi langsung seputar Digital Marketing, Sosial Media, tips website development, dan lowongan kerja di Grup Telegram.

GRATIS!

Join Grup Telegram