Cara Cek BI Checking di HP Android dengan Mudah – Bagi beberapa orang yang mengalami kesulitan dalam pengajuan kredit, seringkali mereka terkendala dalam proses BI Checking. Jika Anda berniat untuk mengajukan kredit dan piutang ke bank, penting bagi Anda untuk mengethaui cara cek BI Checking.

Layanan pemerintah juga sekarang telah mengalami digitalisasi. Sehingga, Anda bisa mengetahui bagaimana cara cek BI Checking di HP Android Anda. Sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai bagaimana cara cek BI Checking di HP Android, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu, apa sebenarnya pengertian dari BI Checking itu sendiri.

Pengertian BI Checking

BI Checking adalah sebuah informasi yang berisi riwayat pelunasan pinjaman atau kredit seseorang dan terhubung dengan seluruh bank di Indonesia. Semakin bagus riwayat pelunasan Anda dalam pengkreditan, maka skor kredit Anda akan semakin baik dan hasil BI Checking Anda juga akan semakin baik. Semakin baik skor hasil BI Checking Anda, maka hal tersebut akan memudahkan Anda dalam pengajuan kredit selanjutnya.

Secara teknis, BI Checking berisi tentang riwayat Informasi Debitur Individual (IDI). Dalam informasi tersebut berisi berbagai rekam jejak Anda dalam kelancaran pelunasan angsuran kredit Anda. Nantinya, rekam jejak tersebut akan menentukan apakah Anda – sebagai seorang debitur mampu membayar angsuran kredit atau piutang Anda atau tidak.

Sederhananya, data rekam jejak tersebut digunakan oleh bank untuk menentukan kelayakan calon debitur. Apabila dalam proses BI Checkingnya ditemukan rekam jejak seorang debitur menunjukkan banyak masalah seperti sering menunggak ketika membayar kredit, tunggakan dalam jangka waktu yang lama, dan lain-lain, maka calon debitur tersebut berpotensi besar akan ditolak pengajuan kreditnya.

Begitupun sebaliknya, jika seorang debitur lancar dalam pembayaran kredit atau cicilannya, maka pengajuan kredit yang dilakukan oleh debitur tersebut berpotensi disetujui oleh pihak bank.

Dengan fenomena semakin menjamurnya fintech berupa pinjaman online, penting bagi Anda melakukan BI Checking untuk mengetahui berapa hasil skor Anda untuk bisa mengajukan kredit di bank.

Dalam proses BI Checking juga ada istilah “Blacklist“. Blacklist dalam istilah BI Checking merujuk pada sebuah daftar yang berisi informasi seorang calon debitur tidak bisa mengajukan kredit selama beberapa waktu ke depan. Hal ini disebabkan oleh kemacetan kredit atau pelunasan sebelumnya dari calon debitur tersebut.

Cara Cek BI Checking di HP Android

Anda telah megetahui pengertian dari BI Checking. Lalu, bagaimana cara cek BI Checking di HP Android? Sebelum mengetahui cara cek BI Checking di HP Android, siapkan dokumen-dokumen pendukungnya terlebih dahulu.

1. Persiapkan Dokumen

Dokumen yang harus dipersiapkan dalam proses BI Checking ada dua jenis, yaitu dokumen debitur perorangan dan dokumen debitur badan usaha.

1. Debitur perorangan

– Fotokopi Kartu Tanda Penduduk bagi Warga Negara Indonesia

– Fotokopi identitas diri berupa paspor bagi Warga Negara Asing

– Fotokopi identitas dengan menyertai surat kuasa asli (jika diberi kuasa)

2. Debitur badan usaha

– Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

– Akta Pendirian Badan Usaha

– Perubahan anggaran dasar yang berisi struktur dan kewenangan pengurus badan usaha, serta identitas asli pengurus dan badan usaha

– Surat kuasa asli, fotokopi & identitas asli badan usaha, fotokopi dan identitas asli surat kuasa (jika diberi kuasa).

2. Mengisi Form Antrian BI Checking Online

Jika Anda telah menyiapkan dokumen pendukung tersebut, proses selanjutnya adalah melakukan form antrian BI Checking online. Berikut adalah langkah dan jadwal antrian online yang bisa Anda ikuti:

  1. Buka link ini untuk masuk ke website resmi OJK dan mengisi formulirnya.
  2. Isi formulir permohonan IDEB.
  3. Pilih “Antrian” berupa jadwal dan keterangan sisa slot antrian di hari yang Anda pilih Masing-masing antrian online memiliki sesi yang bisa Anda pilih

cara cek bi checking di hp android

3. Verifikasi Data dan Cek Email Anda

Setelah mengisi formulir, Anda akan menerima verifikasi di email yang Anda daftarkan. Langkah ini adalah untuk verifikasi data Anda. Tahap verifikasi datanya, Anda akan diminta untuk menghubungi nomor WhatsApp OJK-SLIK yang ada di email. Ikuti panduan yang ada di email Anda dengan baik dan benar, jangan sampai terlewat satu prosespun.

Selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk memeriksa email yang masuk. Pihak OJK-SLIK akan menginformasikan rincian-rincian Debitur SLIK ke email Anda.

Hasil Skor BI Checking

Setelah selesai dengan semua proses di atas, maka Anda akan menerima skor BI Checking Anda dalam beberapa hari. Dilansir dari halaman resmi OJK, pengukuran riwayat kredit berdasarkan aktivitas kredit Anda yang dikalkulasikan dari skala satu sampai lima. Pengukuran ini juga bisa disebut sebagai kolektibilitas (kol) debitur. Adapun keterangan dari masing-masing skala skor BI Checking tersebut adalah:

1. Kredit Lancar (Kol 1)

Debitur mampu menyelesaikan segala kewajiban dan pelunasan cicilannya tanpa masalah

2. Kredit Dalam Perhatian Khusus (DPK) atau (Kol 2)

Debitur memiliki tunggakan selama 1-2 bulan disebabkan oleh keterlambatan pembayaran cicilan

3. Kredit Tidak Lancar (Kol 3)

Kredit dengan tunggakan selama 3-4 bulan

4. Kredit Diragukan (Kol 4)

Kredit yang telah jatuh tempo dengan tunggakan lebih dari 5-6 bulan

5. Kredit Macet (Kol 5)

Kredit dengan tunggakan lebih dari 6 bulan.

Simpulan

Di atas adalah beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan untuk cara cek BI Checking di HP Android. Semoga artikel ini bermanfaat!

0

Write A Comment

×

Dapatkan insight dan berdiskusi langsung seputar Digital Marketing, Sosial Media, tips website development, dan lowongan kerja di Grup Telegram.

GRATIS!

Join Grup Telegram