Cara Daftar Google News Terbaru untuk Blogger! – Google menciptakan layanan Google News untuk memenuhi kebutuhan informasi yang semakin meningkat di era digital sekarang ini. Selain itu, pengguna internet di seluruh dunia juga membutuhkan akses informasi yang aktual dan kredibel

Google News menjadi sangat populer belakangan ini karena dianggap sangat bermanfaat. Tidak hanya bermanfaat bagi para pembaca, namun juga bermanfaat bagi para pemilik website. Karena, website yang kita punya bisa muncul di halaman Google News secara gratis! Selain itu, masih banyak manfaat lain dari Google News bagi website kita. Ikuti artikel ini untuk mengetahui tutorial cara daftar Google News dengan benar!

Daftar Isi

Apa itu Google News?

Google News, sesuai dengan namanya, adalah sebuah layanan dari Google yang menyediakan konten/artikel berita. Konten-konten tersebut berasal dari website di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

halaman depan google news
Halaman Depan Google News

Google News memiliki tampilan yang menarik serta intuitif. Sehingga, pembaca akan merasa dimudahkan dalam mengakses beragam berita dari perangkat manapun. Layanan ini juga bisa kita pakai secara gratis dan memiliki pengguna sebanyak satu juta orang.

Google News juga tidak memerlukan akses login. Meski begitu, layanan ini juga memiliki fitur personalized content yang hanya bisa dinikmati ketika kita login ke Gmail kita. Personalized content adalah berita-berita yang sesuai dengan minat kita. Contoh, jika kita memiliki minat di bidang bisnis, maka konten berita yang akan kita temukan adalah berita seputar bisnis.

Dalam fitur personalized content, pengguna juga bisa mendapatkan berita berdasarkan TopikLokasi, atau Sumber berita.

Bagi pemilik website atau blog, mendaftarkan blog kita di Google News merupakan sebuah keuntungan. Karena, Google News memiliki jumlah kunjungan bulanan lebih dari 494 juta kunjungan di seluruh dunia. Angka tersebut bisa menjadi potensial untuk meningkatkan jumlah kunjungan di blog kita.

Menariknya, Google News tidak hanya diperuntukkan bagi media online populer saja. Blog berita yang kurang populer pun bisa mendaftarkan dirinya ke Google News jika memiliki konten artikel yang menarik dan layak untuk dipublikasikan.

Manfaat Daftar Google News

Pemilik blog akan mendapatkan berbagai manfaat jika berhasil daftar Google News. Apa saja manfaatnya? Mari kita bahas satu per satu.

1. Artikel akan Cepat Terindeks ke Google

Dengan Google News, kita tidak perlu lagi menggunakan inspeksi URL secara manual di Google Search Console agar cepat terindeks oleh Google. Jika kita berhasil daftar Google News, artikel-artikel baru dari blog kita akan langsung terindeks oleh Google.

2. Memperluas Jangkauan Pembaca

Sebelum daftar Google News, pembaca atau pengunjung website kita mungkin hanya sebatas pada kata kunci dari artikel kita. Namun dengan Google News, artikel kita juga akan terdistribusi secara langsung kepada para pengunjung Google News. Sehingga, potensi jumlah pembaca akan meningkat.

3. Pengunjung Organik akan Meningkat

Jika konten kita semakin mudah ditemukan, maka semakin besar pula kemungkinan orang akan mengunjungi blog kita. Selain itu, pengunjung blog kita juga berasal dari traffic yang berkualitas. Sebab, pengguna yang mengunjungi blog kita akan merasa bahwa topik blog kita relevan dengan informasi yang mereka cari dengan fitur personalized content dari Google News.

4. Mendapatkan Banyak Backlink

Sebagai blogger, kita tentu setuju bahwa backlink memiliki peran yang vital untuk meningkatkan kredibilitas blog kita.

Ketika Google News merekomendasikan konten/artikel kita, konten kita telah dianggap menjadi suatu referensi tentang topik tertentu. Jika blogger lain sedang membutuhkan referensi ataupun inspirasi topik, mereka akan menggunakan blog kita sebagai sumber tersebut.

Sehingga, akan semakin banyak backlink yang kita dapatkan dari blogger-blogger tersebut. Semakin banyak backlink yang kita dapatkan, maka Domain Authority (DA) kita akan semakin tinggi.

Baca Juga: 150+ Backlink Gratis DoFollow Terbaru 2021!

Syarat Daftar Google News

Untuk daftar Google News, ada beberapa kriteria dan syarat yang harus dipatuhi. Apa saja syaratnya?

Membuat Blog Berita

Selain membuat konten/artikel berita, kita juga diwajibkan untuk membuat sebuah blog berita.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah proses seleksi penerimaan website di Google News dilakukan secara manual oleh Google. Jadi, Google akan memastikan apakah blog kita telah memenuhi tujuan layanan mereka atau belum. Apa saja tujuan layanan mereka? Yaitu menyediakan berita penting dan terbaru. Maka, pastikan konten berita kita memenuhi dua variabel tersebut/

Membuat Konten Berkualitas

Sebagai blogger, kita pasti telah mengetahui fakta bahwa konten atau artikel yang berkualitas merupakan salah satu faktor terbesar peringkat teratas di mesin pencari. Google News juga menerapkan kebijakan yang sama. Apa saja kriteria dari konten yang berkualitas menurut Google?

  • Tidak plagiasi. Pastikan konten kita unik, original, dan bukan hasil menjiplak dari konten lain.
  • Fokus ke satu jenis berita. Idealnya, pilihlah salah satu jenis berita saja. Misal, kita akan membahas berbagai berita tentang bisnis atau teknologi. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Google News dalam mengkategorikan blog kita.
  • Selalu up to date. Daftar Google News berarti memahami tuntutan di dalamnya. Salah satu tuntutan jika blog kita masuk ke dalam layanan Google News adalah kita dituntut untuk selalu menerbitkan konten setiap harinya.

Cara Daftar Google News untuk Blog

Setelah memastikan kita telah memenuhi berbagai syarat di atas, maka saatnya daftar Google News.

Ikuti langkah-langkah cara daftar Google News berikut ini:

1. Masuk dengan Akun Google

Masuk ke halaman ini dan login dengan akun Google kita.

2. Verifikasi Kepemilikan Website

Umumnya, para blogger sudah lebih dulu melakukan verifikasi kepemilikan website lewat Google Search Console. Lakukan langkah tersebut.

3. Masuk ke Google News Publisher Center

Jika baru akan melakukan pendaftaran ke Google News untuk pertama kalinya. Kita akan melihat tampilan seperti di bawah ini

cara daftar google news via publisher center

4. Menambahkan Blog

Tambahkan blog kita dengan cara memilih Add publication“. Setelah itu, kita akan melihat halaman pop-up seperti di bawah ini:

cara daftar google news informasi blog

5. Isi Informasi Tentang Blog

Pada halaman pop-up tersebut, isilah informasi dari blog kita selengkapnya. Setelah mengisi, akan ada proses kurasi dari pihak Google. Beberapa informasi yang diminta antara lain:

  • Publication name: Isi dengan nama atau judul dari blog kita.
  • Primary website property: Isi dengan URL blog kita.
  • Location: pilih Indonesia

Setelah itu, klik “Add publication

6. Isi Publication Settings

Setelah pengisian informasi awal selesai, lengkapilah data-data di section publication setting dan Google News secara lengkap.

7. Tunggu Proses Review dari Google

Proses daftar Google News telah selesai. Selanjutnya, kita diminta untuk menunggu proses review oleh pihak Google selama satu hingga tiga minggu.

Di atas adalah panduan dan langkah-langkah cara daftar Google News untuk blog. Semoga artikel ini bermanfaat!

Author

Digital & Performance Marketing Specialist yang menyediakan berbagai jasa digital marketing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Mari berkolaborasi dengan saya!

3 Comments

  1. NONI.web.id Reply

    Perlu dicoba, nih. Siapa tahu bisa menaikkan DA dan trafik kunjungan. Tapi menulis berita setiap hari masih belum bahan yang pasti 🙂

  2. Kalo udah diterima apakah nanti artikel kita masuk ke news yang ada di browser chrome, kayak web web besar gitu?

Write A Comment

CARI JASA DIGITAL MARKETING?

Ingin meningkatkan penjualan & Brand Awareness produk Anda dengan Digital Marketing?
Mari berkolaborasi dengan saya!