Cara Downgrade WordPress ke Versi Sebelumnya dengan Mudah – Sebagian besar perusahaan software selalu menekankan pentingnya pembaruan. Sehingga, aktiitas downgrade ke versi sebelumnya akan terasa aneh dan tidak wajar. Namun, Anda mungkin mengalami situasi di mana Anda perlu kembali ke versi sebelumnya dari sebuah program atau sistem operasi yang Anda gunakan — WordPress salah satunya.

WordPress memang berusaha untuk mempertahankan kompatibilitas mereka di setiap versi. Pada update-nya, Anda mungkin akan mengalami perubahan dalam perilisan versi terbarunya yang menyebabkan masalah pada website Anda. Dalam kasus ini, Anda mungkin akan perlu men-downgrade WordPress ke versi sebelumnya. Sehingga, website Anda bisa terus berfungsi dengan baik selagi Anda bisa memecahkan masalah atau menunggu perbaikan bug dirilis oleh pihak WordPress.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang:

  • Alasan kenapa Anda harus downgrade WordPress ke versi sebelumnya
  • Bagaimana cara downgrade WordPress secara manual dan menggunakan plugin
  • Cara downgrade themes dan plugin secara manual dan menggunakan plugin
  • Cara meng-upgrade atau men-downgrade versi PHP

Sebelum Anda downgrade WordPress ke versi sebelumnya

Men-downgrade WordPress harusnya bukanlah menjadi langkah pertama Anda saat Anda ingin mencoba memecahkan masalah di website Anda. Idealnya, WordPress bukanlah pihak yang harus disalahkan ketika ada masalah muncul setelah pembaruan versi. Seringnya, yang jadi masalah adalah di tema atau plugin yang Anda gunakan.

Pembaruan WordPress seringkali berisi perbaikan penting dalam hal keamanan dan fitur-fiturnya. Jadi, mengembalikan ke versi WordPress ssebelumnya bisa menyebabkan website Anda rentan untuk diretas atau masalah kompatibilitas yang lain dengan tema dan plugin Anda.

Sebelum melakukan downgrade WordPress atau melakukan langkah-langkah troubleshoot yang lain, buatlah backup untuk website Anda. Jika memungkinkan, Anda bisa salin website Anda ke staging dan melakukan troubleshooting di sana agar tidak mengganggu fungsi-fungsi di dalam versi live website Anda. Kemudian, sebelum mengembalikan ke versi WordPress sebelumnya, cobalah metode-metode troubleshooting yang lain seperti:

  • Mematikan semua plugin dan mengaktifkan kembali satu per satu
  • Ganti ke tema default seperti Twenty Twenty-One
  • Pastikan semua plugin dan tema Anda sudah up to date
  • Meninjau kembali kesalahan-kesalahan umum pada WordPress

Sebagai upaya terakhir, Anda bisa mencoba downgrade WordPress ke versi sebelumnya. Yang perlu diingat adalah, downgrade WordPress bukanlah cara permanen untuk memperbaiki suatu permasalahan.

Alasan-alasan untuk downgrade WordPress

1. Pembaruan WordPress menyertakan perubahan signifikan yang tidak kompatibel dengan tema atau plugin Anda

Alasan umum untuk downgrade WordPress ke versi sebelumnya adalah pembaruan ke versi terbaru telah mengganggu fungsi dan fitur dari plugin atau tema WordPress Anda. Meskipun sebagian besar masalah yang Anda temui adalah karena masalah dengan plugin atau tema daripada masalah dengan inti WordPress, terkadang ada perubahan besar pada WordPress yang dapat menyebabkan masalah kompatibilitas dengan tema atau plugin.

Sebagai contoh, ketika tema Gutenberg rilis, ada banyak plugin dan tema yang tidak kompatibel. Diperlukan waktu berbulan-bulan bahkan terkadang bertahun-tahun untuk menmperbarui code mereka agar bisa kompatibel dengan Gutenberg. Sebuah plugin Classic Editor telah dirilis untuk memudahkan pengguna menggunakan interior WordPress yang lama, sekaligus memberi waktu bagi developer untuk memperbaiki fitur tersebut.

Jika Anda menemui perubahan besar seperti ini di versi terbaru WordPress, Anda mungkin perlu untuk mengembalikan ke versi WordPress sebelumnya selagi Anda menunggu tema atau plugin Anda ter-update oleh pembuatnya.

2. Website Anda menggunakan tema atau plugin yang sudah tidak di-update oleh pembuatnya

Terkadang Anda akan dipertemukan dengan situasi dimana tema dan plugin gratis yang Anda unduh tidak pernah di-update oleh pembuatnya. Sehingga, plugin atau tema tersebut tidak akan bisa kompatible dengan WordPress Anda.

Jika plugin yang Anda gunakan didapatkan dari WordPress.org library, Anda bisa mengunjungi halaman plugin di dalamnya dan melihat versi terakhir dari WordPress, Jika plugin tersebut telah dites dengan WordPress versi terbaru, Anda akan menemukan notifikasi di bagian atas halaman seperti di bawah ini:

cara downgrade wordpress

Jika terjadi masalah tersebut, Anda bisa menon-aktifkan plugin tersebut untuk melihat apakah masalahnya bisa terselesaikan atau tidak. Anda juga bisa mengecek forum WordPress.org untuk mencari apakah ada pengguna lain yang mengalami hal yang sama dan menyarankan perbaikan tertentu. Anda juga bisa memposting topik forum Anda sendiri untuk menghubungi pembuat plugin atau tema yang Anda gunakan untuk mengetahui kapan update-nya akan dirilis.

cara downgrade wordpress

Jika plugin atau tema yang Anda gunakan masih belum juga di-update di beberapa versi rilis WordPress dan Anda belum mendapatkan solusi-solusi untuk masalah Anda dari developer atau anggota forum WordPress.org yang lain, mungkin memang plugin atau tema tersebut telah diabaikan. Di titik ini, Anda harus mulai mencari plugin atau tema alternatif yang lain.

Jika Anda tidak memiliki pilihan lain selain menggunakan plugin atau tema tersebut di jangka pendek, maka pertimbangkanlah untuk downgrade WordPress.

3. Anda menggunakan versi PHP yang lama

PHP adalah bahasa pemrograman yang ditulis oleh WordPress. Seperti software pada umumnya, PHP juga mengalami perkembangan dan upgrade dari waktu ke waktu. WordPress membutuhkan hostingan website Anda untuk menjalankan paling tidak PHP 7.4. Jika PHP Anda di bawah versi tersebut, mungkin Anda akan menemui masalah di website Anda.

Cara Downgrade WordPress Secara Manual

Jika Anda lebih nyaman menggunakan SFTP, maka Anda bisa mencoba opsi untuk downgrade WordPress Anda secara manual. Namun bagaimanapun, metode ini rentan untuk menemui kesalahan dan menyebabkan hasil yang kacau. Jadi, pastikan untuk memiliki backup website Anda sebelum mencoba metode ini.

Jika Anda baru menggunakan SFTP, cobalah baca dokumentasi WordPress.org mengenai menggunakan Filezilla untuk menggunakan SFTP untuk mengakses website WordPress.

1. Non-aktifkan Plugin dan Tema

Sangat dianjurkan untuk menon-aktifkan plugin dan tema Anda sebelum downgrade versi WordPress Anda. Pastikan untuk mengaktifkan salah satu tema default WordPress seperty Twenty Twenty-One.

0

Write A Comment

×

Dapatkan insight dan berdiskusi langsung seputar Digital Marketing, Sosial Media, tips website development, dan lowongan kerja di Grup Telegram.

GRATIS!

Join Grup Telegram