Cara Efektif Meningkatkan Traffic Website! – Para digital marketer pasti tahu bahwa langkah pertama dalam strategi inbound marketing adalah untuk menarik orang-orang untuk mengunjungi website Anda. Namun, hal tersebut pada kenyataannya seringkali tidak semudah yang dibayangkan.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara efektif meningkatkan traffic website. Simak sampai selesai, ya!

6 Cara Efektif Meningkatkan Traffic Website

1. Optimasi Website Anda untuk Para Pencari

Ketika Anda mendengar istilah “SEO” atau “Search Engine Optimization”, secara prinsip, Anda bukan hanya mengoptimasi website Anda untuk mesin pencarian. Namun, Anda juga mengoptimasi website Anda untuk pengguna mesin pencarian.

Jadi, saat Anda ingin membuat website yang bisa menarik banyak pengunjung, pastikan bahwa yang pertama Anda pikirkan adalah perihal para pengguna. Apa yang ingin mereka lihat? Masalah apa yang ingin mereka selesaikan? Bagaimana Anda bisa membantu mereka? Jika Anda membuat website yang teroptimasi untuk para pencari, optimasi mesin pencarian akan secara otomatis mengikuti.

2. Membuat Konten dengan Keyword yang Tepat

Anggaplah keyword yang Anda gunakan adalah sebuah jembatan. Keyword Anda-lah yang membuat para pencari tidak dikenal bisa mengunjungi website Anda. Namun, agar para pencari bisa melewati jembatan tersebut dan benar-benar mengunjungi website Anda, mereka harus bisa tertarik pada konten di balik pencarian informasi mereka.

Cara terbaik untuk mengetahui apa yang para pencari mau adalah mengetahui persona Anda. Keyword Anda harus berisi konten yang berfokus pada masalah yang persona Anda sedang hadapi, atau tujuan yang pengguna cari. Mengapa demikian? Karena orang-orang secara aktif mencari solusi untuk masalah-masalah yang mereka sedang hadapi. Jika Anda memiliki konten yang mampu membantu dalam menyelesaikan masalah mereka, para pencari tersebut akan menemukan dan mengunjungi website Anda.

3. Pastikan Website Anda Tidak Ada Kendala

Coba bayangkan, jika Anda jatuh sakit dan membutuhkan dokter atau rumah sakit untuk berobat, kemungkinan Anda akan mencari di Google dengan mengetik “rumah sakit terdekat” di kolom pencariannya.

Sebelum Anda klik “search” atau menekan tombol enter, berhentilah sejenak. Apa yang Anda bayangkan tentang website dari rumah sakit tersebut? Yang Anda bayangkan mungkin bukanlah website yang memiliki nuansa warna warni dan cerah. Anda mungkin akan membayangkan bahwa websitenya terlihat kredibel, informatif, bisa dipercaya, dan lain-lain. Lalu, kognitif Anda akan memberitahu kepada diri Anda bahwa seperti itulah tampilan website dari rumah sakit yang profesional dan terpercaya.

Setelah Anda mencari-cari dan menemukan pilihan rumah sakit yang akan Anda datangi, rumah sakit yang Anda pilih mungkin akan mirip dengan konsep kognitif yang Anda rekam tentang website rumah sakit yang semestinya.

Konsep ini dikenal dengan pemahaman kognitif; website yang berhasil mendatangkan banyak traffic cenderung menyajikan pengalaman dan tampilan yang mirip dengan pemikiran pengunjung tentang bagaimana tampilan website yang semestinya.

Perbaikan sederhana untuk meningkatkan pemahaman kognitif dari website Anda adalah dengan cara mempertanyakan kepada pelanggan atau pengunjung website Anda, apa yang mereka harapkan dari website seperti milik Anda. Apa gaya dan format yang mereka ekspektasikan? Apa konten yang harus ada di depan dan tengah? Lalu, jika website Anda tidak cocok dengan berbagai ekspektasi mereka, maka inilah waktunya Anda untuk memperbaiki strategi optimasi website Anda.

4. Tulislah Postingan Blog Berisi Topik yang Dicari Orang

Bukan hanya halaman website yang mampu membantu Anda menarik pengunjung ke website Anda. Blog Anda bisa menjadi alat yang powerful untuk menarik pengunjung baru. Anda juga harus melakukan hal yang sama terhadap website Anda secara keseluruhan. Pastikan artikel-artikel yang Anda tulis di dalam blog Anda memiliki keyword yang dicari orang. Apa yang pengguna cari? Apa masalah yang ingin mereka selesaikan?

Tulislah postingan blog yang relevan dengan audiens Anda dan menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka. Jadi, ketika mereka mencari hal tersebut di Google, website Anda akan menjadi yang terdepan. Hal ini tidak hanya membuat website Anda sebagai top of mind ketika pengguna mencari informasi. Namun, hal tersebut juga akan membangun kepercayaan kepada brand Anda.

5. Posting konten blog secara reguler

Usaha Anda tidak akan cukup jika hanya memposting artikel yang memiliki keyword relevan. Jika Anda ingin menarik pengunjung hingga menjadi traffic yang berkepanjangan, Anda harus konsisten melakukan blogging.

Dalam riset State of Inboung Marketing Report, ditemukan data bahwa bisnis yang melakukan aktivitas blogging setiap hari, hampir mencapai 70% mendapatkan return on investment daripada bisnis yang hanya melakukan blogging sebulan sekali. Artinya, melakukan aktivitas blogging secara reguler bisa mendapatkan manfaat yang besar. Manfaatnya bisa berupa pengunjung, prospek, bahkan pelanggan.

Blogging secara reguler membuat mesin pencari melakukan crawling terhadap website Anda secara reguler juga. Lagi-lagi, hal ini bisa memberikan peluang kepada Anda untuk bisa ditemukan oleh mesin pencarian dan menemukan halaman website Anda, mengindeksnya, dan menampilkannya ketika pengguna mencari informasi yang relevan.

6. Menjawab pertanyaan-pertanyaan dari prospek konsumen menggunakan konten blog

Pernahkah Anda melihat seseorang yang menanyakan tentang suatu hal di Twitter, Facebook, atau Instagram? Mungkin mereka bertanya tentang saran tempat makan yang enak di kota Anda, atau bertanya tentang sabun mana yang layak untuk dibeli. Bagaimana jika ada seseorang menanyakan tentang suatu hal di grup LinkedIn yang Anda masuki? Anda mungkin pertanyaannya, namun, apakah Anda bisa menjawabnya?

Apa yang Anda lakukan jika ada seseorang menanyakan hal tersebut ke Anda secara langsung? Apakah Anda akan pergi begitu saja dan berpura-pura tidak bisa mendengar mereka? Tidak, bukan? Anda akan menjawabnya.

Konsep yang sama juga terjadi di media sosial. Jika ada orang asing atau prospek yang membutuhkan bantuan, bantulah mereka. Carilah kesempatan dimana pengetahuan industri Anda bisa membantu mereka. Jawablah di postingan tersebut dengan menyertakan artikel blog yang relevan ataupun halaman website yang mengandung jawaban untuk pertanyaan mereka. Dengan begitu, orang asing dan prospek tersebut tidak hanya mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan, tetapi Anda juga mendapatkan pengunjung di website Anda. Selama Anda tidak melakukan spamming link ke website Anda.

Di atas adalah beberapa cara efektif meningkatkan traffic website Anda. Semoga bermanfaat!

0

Write A Comment

×

Dapatkan insight dan berdiskusi langsung seputar Digital Marketing, Sosial Media, tips website development, dan lowongan kerja di Grup Telegram.

GRATIS!

Join Grup Telegram