Cara Membuat Filter Instagram Pakai HP dengan Spark AR – Instagram adalah platform dimana 9 dari 10 penggunanya mengikuti akun-akun bisnis. Hal ini membuktikan bahwa ada banyak sekali peluang untuk brand Anda agar bisa mendapatkan followers dan engagement agar bisnis Anda semakin berkembang. Anda juga mungkin perlu mengetahui cara menaikkan jumlah followers Instagram secara organik. Satu hal yang perlu diingat adalah jangan beli followers Instagram untuk bisnis Anda.

Untuk menciptakan cara baru agar bisa terhubung dan engage dengan audiens Anda, banyak opsi yang bisa kita lakukan. Dari mulai stiker, poling, dan fitur swipe-up, dan lain-lain.

Di tengah banyaknya opsi tersebut, ada juga salah satu opsi terbaik yang bisa Anda lakukan. Opsi ini ditengarai bisa membuat brand Anda lebih engaging terhadap audiens Anda. Opsi tersebut adalah dengan membuat dan menggunakan filter AR. Filter AR telah tersedia dan mampu membantu brand Anda dikenal lebih banyak orang. Sebenarnya, apa itu filter AR Instagram?

Apa itu Filter AR Instagram?

AR adalah singkatan dari Augmented Reality. Filter AR adalah sebuah efek yang dihasilkan komputer yang dirancang untuk ditumpangkan pada gambar nyata. Filter AR berfungsi dengan kamera Anda, menambahkan lapisan atau citra di latar depan atau latar belakang gambar Anda. Kemungkinan besar, Anda juga pernah melakukan kontak dengan filter AR di Instagram.

cara membuat filter instagram pakai hp

Filter AR Instagram pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017. Saat itu, orang-orang belum bisa membuat filter AR mereka sendiri. Hingga akhirnya Facebook merilis aplikasi Filter AR bernama Spark AR Studio. Spark AR Studio adalah sebuah alat yang memungkinkan Anda untuk membuat filter Instagram dan Facebook Anda sendiri. Spark AR juga tersedia di Play Store dan App Store.

Ada Apa di Dalam Spark AR Studio?

Spark AR Studio memungkinkan Anda untuk mengkustom berbagai gambar dan vido dari Facebook dan Instagram. Dengan Spark AR, Anda bisa membuat filter AR Anda sendiri dengan proses yang mudah dan cepat.

Spark AR juga dilengkapi berbagai fitur yang menarik. Berikut adalah rincian masing-masing fitur dan fungsinya:

Desain tanpa Koding

Desain tanpa koding bukanlah sebuah konsep yang baru. Belakangan ini, banyak aplikasi-aplikasi untuk handphone dan desain website yang memiliki fungsionalitas drag and drop/ Konsep tersebut juga berlaku dalam Spark AR Studio. Anda bisa menggunakan pemrograman visual untuk menambahkan elemen interaktif, menganimasikan objek yang Anda desain, dan membuat logika berdasarkan bagaimana objek Anda harus merespon untuk berinteraksi. Spark AR Studio juga memungkinkan Anda untuk membuat tekstur dan bahan kustom untuk digunakan di filter Anda nantinya.

cara membuat filter instagram pakai hp

Import Objek dan Sound

Membuat filter AR Instagram Anda sendiri memerlukan penambahan objek ke kanvas Anda. Spark AR Studio memungkinkan Anda untuk menambahkan file suara dan objek 3D Anda sendiri yang kemudian dapat dimanuplasi untuk tampilan, nuansa, dan interaktivitas yang Anda inginkan. Jika Anda baru mengenal desain filter AR, Spark AR Studio menawarkan library gratis berisi objek-objek yang bisa Anda gunakan. Library ini adalah hasil kolaborasi antara Instagram dan Sketchfab.

Memposting Efek ke Instagram

Setelah Anda selesai membuat filter, Spark AR Hub membantu Anda untuk mengirimkan filter AR Anda untuk disetujui. Proses persetujuannya bisa memakan waktu berhari-hari. Jika filter Anda dinilai sesuai dengan berbagai pedoman Instagram, maka filter AR Anda akan siap untuk digunakan. Spark AR Hub juga memberikan kesempatan bagi para kreator untuk mengelola dan memahami performa efek AR di Facebook dan Instagram.

Membuat Efek Orang

Filter AR Instagram memungkinkan Anda untuk memperluas fungsionalitas filter-filter Anda dengan efek-efek yang bisa diaplikasikan ke wajah manusia. Hal ini akan menciptakan pengalaman yang lebih interaktif untuk para pengguna. Spark AR Studio memungkinkan Anda untuk menambahkan sebuah logika pemrograman ke filter-filter Anda. Maka, Anda bisa mendesain filter Anda untuk mampu bereaksi terhadap gerakan-gerakan yang ada di wajah pengguna.

Fitur ini termasuk:

Membuat sebuah wajah

Spark AR Studio memiliki fitur dan layanan desain tingkat lanjut dan memungkinkan Anda membuat filter yang menerapkan pelacakan wajah untuk efek interaktif dan realistis.

Mengsinkronkan efek dengan gerakan

Tingkatkan filter-filter Anda menjadi lebih kreatif dengan mengaplikasikan sinkronisasi dan efek-efek gerakan.

Membuat Efek Dunia

Efek dunia memungkinkan Anda untuk menggabungkan berbagai efek ke dalam sebuah adegan dan mengaplikasikan adegan tersebut ke gambar atau vide apapun. Adegan dan objek bisa diaplikasikan ke lingkungan sekitar dan kendaraan.

Cara Membuat Filter Instagram Pakai HP

Membuat filter AR Instagram baru Anda berarti mempelajari ide-ide baru dan istilah-istilah baru. Namun, jangan kuatir. Di bawah ini adalah panduan step-by-step untuk mulai membuat filter AR Anda sendiri.

Langkah 1: Download Spark AR Studio

Spark AR Studio adalah aplikasi berbasis desktop dengan ukuran 464 MB. Ukuran yang relatif kecil untuk sebuah tool yang mudah dan berguna.

Langkah 2: Kenali Platform-nya

Setelah Anda menginstallnya, sangat direkomendasikan untuk meluangkan waktu mengikuti tutorialnya agar Anda bisa mengenali platform-nya. Spark AR Studio datang dengan welcome tour yang sangat membantu. Tutorialnya hanya berjalan sekitar 5 menit dan akan membantu Anda lebih familiar dengan aspek-aspek yang ada di dalam platform tersebut.

cara membuat filter instagram pakai hp

Jika Anda membutuhkan lebih banyak panduan, Anda bisa ke pusat panduan dimana Anda akan menemukan berbagai macam tutorial. Bagian The Getting Started mencakup tutorial-tutorial dasar yang akan membantu Anda mempercepat fitur dan navigasi Spark AR Studio. Di dalamnya juga terdapat tutorial tentang bagaimana cara membuat efek pelacakan wajah, melihat preview efek Spark AR Studio, menggunakan template, dan lain-lain.

cara membuat filter instagram pakai hp

Langkah 3: Menambahkan Objek

Selanjutnya, pilih tipe filter AR yang ingin Anda buat. Dalam simulasi dan contoh di bawah ini, kita akan membuat objek dunia. Opsi ini memungkinkan Anda untuk menepatkan objek 3D di kehidupan dunia nyata.

Untuk memulai, klik di projek pilihan Anda dan selanjutnya Anda akan diarahkan ke sebuah kanvas. Kanvas ini juga disebut dengan Viewport.

Catatan: Jika ini adalah kali pertama Anda dalam menggunakan Spark AR Studio, Anda akan diminta untuk menerima peraturan kebijakan sebelum diarahkan ke kanvas.

Viewport tersebut mungkin terlihat seperti kanvas yang cukup rumit. Namun jangan kuatir, Anda bisa menggunakan bagian tutorial untuk panduan dalam menggunakan masing-masing fiturnya. Ketika berada di dalam Viewport, Anda akan diminta untuk menambahkan sebuah objek. Anda bisa mengimportnya atau mengakses perpustakaan objek dari Spark AR Studio. Di contoh ini kita akan menggunakan AR Library untuk mengimport sebuah objek. Klik di “File” di menu utama (kiri atas), kemudian klik “Import from AR Library“.

cara membuat filter instagram pakai hp

Jendela baru akan terbuka dengan beberapa opsi. Pilihlah 3D Objects di menu sebelah kiri.

Setelah Anda menemukan objek pilihan Anda, klik tombol Import Free.

Karena Facebook menggunakan aset perpustakaan Sketchfab, Anda akan diminta untuk membuat akun Sketchfab. Namun, Anda juga bisa log in ke website mereka dengan menggunakan akun Facebook, Google, atau Twitter Anda.

cara membuat filter instagram pakai hpMenambahkan Sound

Saat di dalam AR Library, Anda memiliki opsi untuk menambahkan sound ke filter AR Anda dan mengimportnya langsung dari library.

Langkah 4: Menambahkan Efek

Selanjutnya, saatnya menambahkan efek ke objek Anda di Viewport. Hal ini berhubungan dengan bagaimana objek Anda akan bereaksi terhadap manipulasi pengguna. Efek-efek ini termasuk bagaimana objek Anda akan bergerak dan bagaimana tampilannya ketika ditempatkan pada sudut ang berbeda di dunia nyata. Untuk objek di contoh ini, kita akan mencoba menggunakan rendering bulan. Untuk menganimasi objeknya, kita bisa melakukan drag and drop dari panel aset ke panel adegan.

Dengan objek yang telah kita tempatkan, kita bisa mulai mengubah warnanya, ada banyak cara untuk memanipulasinya. Anda bisa:

  • Mengubah cahaya direksional untuk memberikan realisme ke objek 3D
  • Mengaktifkan dan menon-aktifkan tampilan di kamera depan, kamera belakang, atau dua-duanya
  • Mengubah animasi objek Anda
  • Menambah lebih banyak efek, seperti animasi tambahan, tekstur, dan lain-lain.cara membuat filter instagram pakai hp

Langkah 5: Tes Efek Baru Anda

Untuk mengetes filter AR baru Anda, Anda bisa mengirim file tes Anda ke Instagram atau Facebook. Dengan melakukan ini, nantinya Anda akan mendapatkan preview bagaimana tampilan filter baru Anda di tiap platform.

Langkah 6: Terbitkan Efek Anda

Jika Anda sudah siap untuk menerbitkan filter AR Anda, klik tombol “upload” di bagian sudut kiri bawah.

cara membuat filter instagram pakai hp

Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu efek filter Anda ditinjau oleh Facebook. Proses peninjauannya bisa berlangsung beberapa hari. Pastikan bahwa filter Anda mematuhi kebijakan dan panduan Spark AR.

Simpulan

Di atas adalah beberapa langkah mudah cara membuat filter instagram pakai HP. Filter AR Instagram adalah cara yang bagus bagi bisnis dan brand untuk memproduksi kontek interaktif agar bisa menjadi brand top of mind awareness bagi Audiens Anda. Filter-filter Anda nantinya bisa dengan mudah diaplikasikan ke Facebook dan Instagram. Dengan begitu, Anda akan memiliki akses ke audiens lebih luas yang menyukai kustomisasi postingan dan story mereka. Hal ini berarti, brand Anda akan memiliki jangkauan yang lebih besar.

0

Write A Comment

×

Dapatkan insight dan berdiskusi langsung seputar Digital Marketing, Sosial Media, tips website development, dan lowongan kerja di Grup Telegram.

GRATIS!

Join Grup Telegram