Cara Menaikkan Followers TikTok dengan Efektif! – TikTok adalah salah satu platform media sosial terbesar saat ini. Bersandingan dengan Instagram, TikTok memiliki 689 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Jika Anda pemilik bisnis atau brand, dengan memiliki banyak followers bisa berarti juga memiliki potensial target audiens untuk bisnis Anda.

Pertanyaanya, bagaimanca caranya membuat akun kita mudah ditemukan oleh orang lain? Terlebih lagi, bagaimana cara agar akun kita layak untuk diikuti oleh banyak orang?

Tips-tips berikut ini akan membahas bagaimana cara menaikkan followers TikTok dengan cara yang jujur – tanpa membeli – dan efektif. Simak sampai selesai!

Baca Juga: Jangan Beli Followers Instagram

Daftar Isi

Cara Menaikkan Followers TikTok

Tentukan target audiens Anda

Anda tidak bisa menjadi segalanya yang dibutuhkan untuk semua orang. Kenalilah siapa target audiens Anda, dengan begitu, Anda akan mengetahui bagaimana caranya agar mendapatkan perhatian mereka. Jadilah lebih spesifik dan berceruk. Apa yang audiens Anda sukai? Apa yang tidak mereka sukai?

Dengan mengetahui lebih jelas siapa target audiens Anda akan membantu konten Anda untuk muncul di halaman For You Page (FYP) mereka. Seperti yang kita tahu, FYP adalah sebuah halaman yang muncul ketika Anda pertama kali membuka TikTok.

Cari tahu kesukaan audiens Anda

Anda belum mengetahui apa yang mereka sukai? Tanyakanlah kepada mereka.

Gunakan platform media sosial Anda yng lain untuk menanyakan followers Anda konten jenis apa yang ingin mereka lihat di TikTok. Anda bisa menggunakan fitur Instagram polling dan question untuk menarik perhatian mereka sekaligus mempromosikan akun TikTok Anda.

Baca Juga: Cara Menaikkan Jumlah Followers Instagram

cara menaikkan followers tiktok

Cek kompetitor Anda

Anda juga bisa mengecek kreator atau brand lain yang mirip dengan Anda di industri yang sama. Selain untuk mendapatkan referensi konten yang menarik, audiens Anda dan mereka juga akan memiliki kecenderungan yang mirip.

Berpartisipasi di challenge

Salah satu tren terbesar di TikTok adalah banyaknya challenge yang beredar dan hal ini bisa menambah followers Anda.

Jika Anda tidak mengetahui apa itu challengechallenge adalah ketika Anda diminta atau ditantang untuk melakukan sesuatu. Seperti contoh:

@khaby.lame

The Opposite Challenge 🤣 #learnfromkhaby #learnontiktok @tiktok total look @boss

♬ original sound – Warren🖤

Secara teknis memang challenge-challenge seperti itu bisa terjadi di platform manapun. Namun, TikTok memang salah satu platform yang paling populer untuk melahirkan challenge-challenger baru.

Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika berpartisipasi di dalam challenge TikTok untuk mendapatkan followers:

Pilihlah challenge yang tepat

Beberapa challenger bisa dengan mudah tersebar, beberapa yang lainnya tidak. Bagian besar dari kesuksesan sebuah challenge adalah seberapa mudahnya challenger tersebut bisa dibuat kembali dan seberapa relevan mereka dengan kehidupan kita sehari-hari.

Cobalah branded hashtag challenge

Setiap perusahaan bisa membuat branded hashtag challenge yang memungkinkan pengguna TikTok untuk membuat konten dan melakukan pemasaran untuk brand Anda. Strategi ini bisa sangat berhasil jika Anda bekerjasama dengan kreator yang sudah terkenal dan menawarkan mereka untuk membuat sebuah video untuk challenge yang Anda buat. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan akses ke followers mereka yang loyal dan bisa memperlebar audiens Anda.

Muncul di FYP

Halaman FYP di TikTok kurang lebih sama seperti halaman explore di Instagram. Halaman inilah Anda ingin konten Anda muncul secara berkala. Bagaimana cara halaman FYP di TikTok bekerja?

Menurut pihak resmi TikTok, algoritma TikTok merekomendasikan video untuk Anda di halaman FYP berdasarkan bagaimana Anda berinteraksi dengan video lain di dalam TikTok. Pada dasarnya, konten di halaman FYP Anda adalah konten-konten yang telah terkurasi untuk Anda dan hanyak untuk Anda. Hal itu juga berarti, halaman FYP Anda dengan teman Anda mungkin akan sangat berbeda.

Ketahui Juga: Algoritma Instagram di Tahun 2022

Ketika konten-konten brand Anda berhasil muncul ke banyak halaman FYP di banyak pengguna yang berbeda-beda, Anda bisa menarik followers, mendapatkan likes, dan viral dengan mudah.

Bagaimana caranya agar bisa muncul di halaman FYP? Ikuti tips-tips berikut ini!

cara menaikkan followers tiktok

Membuat konten yang engaging

Tidak seperti Instagram atau YouTube, akun-akun TikTok dengan jumlah followers sedikit masih punya harapan untuk menjadi viral dengan konten yang tepat. Pastikan konten Anda memiliki kualitas yang baik, mengacu pada tren dan tetap relevan.

Membuat banyak konten

Ingatlah metode ABC dalam dunia perkontenan, yaitu Always Be Content-ing. Semakin banyak konten yang Anda miliki, semakin besar juga kesempatan Anda untuk muncul di halaman FYP.

Jangan hapus video TikTok Anda. Seringkali sebuah video yang sudah diposting beberapa munggu sebelumnya tiba-tiba bisa muncul ke halaman FYP dan viral dengan sendirinya. Entah itu karena timingforce majeur, ataupun hanya keberuntungan semata. Memiliki konten berjumlah banyak di algoritma bisa meningkatkan kesempatan Anda untuk muncul di FYP, yang mana juga memperbesar kesempatan Anda untuk mendapatkan lebih banyak followers.

Buatlah footage berkualitas

Cara lain untuk bisa muncul di FYP adalah dengan membuat video berkualitas tinggi.

Pakailah ring light jika memungkinkan. Pastikan framingnya tepat. Gunakan audio yang jelas dan edit video Anda dengan secara menarik. Para penonton cenderung mau berinteraksi dan engaged dengan konten Anda jika konten Anda memiliki kualitas yang tinggi.

Gunakan hashtag

Hashtag membantu konten TikTok Anda menjadi mudah terlihat untuk orang-orang di luar followers Anda. Hashtag bisa dengan mudah dibuat, mudah dicari, dan belakangan ini menjadi alat marketing yang efektif untuk beberapa brand dan organisasi. Hashtag juga membantu Anda untuk memunculkan konten Anda di halaman FYP TikTok. Menggunakan hashtag yang tepat akan membantu orang-orang di luar followers Anda, menemukan konten Anda.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menemukan hashtag yang tepat untuk membuat konten Anda mudah dilihat dan menarik banyak followers.

Lihat hashtag yang sedang trending

Tidak ada hashtag ajaib yang akan membuat konten Anda muncul di FYP semua orang. Bahkan menggunakan hashtag seperti #ForYou #FYP #ForYouPage tidak bisa menjamin itu.

Untuk mengetahui hashtag apa yang harus Anda gunakan, mungkin akan cukup sulit. Untungnya, ada cara untuk menlihat hashtag mana yang sedang trending lewat hashtag suggestion tool di dalam aplikasi TikTok. Anda bisa menemukan fitur ini ketika Anda membuat caption untuk video Anda. Cukup ketik “#” dan saran-saran hashtag-nya akan muncul.

cara menaikkan followers tiktok

Membuat branded hashtag

Branded hashtag adalah cara yang efektif untuk membuat pengguna TikTok engaged dengan brand Anda dengan cara membagikan hashtag unik Anda. Branded hashtag ini bisa berupa sebuah frasa atau kata yang membuat orang-orang melibatkan sebuah brand ke dalam percakapan mereka di TikTok. Branded hashtag juga bisa berupa hashtag challenge yang mendorong para kreator TikTok untuk membuat konten untuk brand Anda dan menjadi brand ambassador secara tidak resmi.

Gunakan hashtag yang relevan di caption Anda

Penting juga untuk memasukkan hashtag yang relevan ke dalam caption di postingan Anda yang cocok dengan konten dan brand Anda. Dengan begitu, audiens Anda bisa menemukan Anda dan algoritma TikTok akan menjalankan tugasnya.

Posting ketika audiens Anda online

Apa saja konten-konten yang Anda posting memang penting. Tapi kapan waktu Anda postingnya juga tidak kalah penting.

Waktu terbaik untuk memposting konten di media sosial adalah ketika audiens Anda online.

Bagaimana cara Anda mengetahuinya? Anda bisa menggunakan TikTok Pro Account.

Upgrade akun gratis tersebut memungkinkan Anda untuk mengakses TikTok Analytics termasuk metriks profil Anda dan data insights, yang mana akan membantu Anda untuk menemukan waktu terbaik untuk posting.

Gunakan Analytics untuk mengetahui kapan audiens Anda online

Dua hal untuk dipertimbangkan saat mencari tahu kapan waktu terbaik untuk posting: dari mana audiens Anda menonton dan waktu posting dari konten terbaik Anda.

Tab followers di Analytics Anda akan melacak pertumbuhan followers Anda, wilayah teratas, dan aktivitas followers. Perlu diingat bahwa data tersebut hanya bisa disajikan selama kurun waktu 28 hari terakhir.

Di bagian Followers Activity” dalam tab Follower adalah tampilan yang lebih rinci tentang hari apa dan waktu kapan audiens Anda aktif. Data ini ditampilkan dalam zona waktu UTC.

cara menaikkan followers tiktok

Gambar terakhir di bawah ini adalah bagian performa konten. Di bawah bagian Content di TikTok Analytics, Anda akan melihat performa postingan Anda dari 7 hari terakhir. Anda bisa melihat data ini sebagai bantuan untuk memutuskan kapan waktu terbaik untuk memposting konten Anda selanjutnya.

Menggunakan TikTok Ads

Cara lain untuk mengesampingkan algoritma dan bisa muncul di depan layar audiens Anda adalah dengan cara beriklan di TikTok Ads. Opsi ini bisa dipakai jika Anda memang memiliki anggarannya.

Dengan TikTok Ads Manager, Anda akan mendapatkan akses ke audiens TikTok secara global dengan tools manajemen iklan yang berbeda-beda seperti targeting, pembuatan iklan, laporan insights, yang akan membantu Anda menjalankan iklan dengan lebih efektif.

Ketahui juga rata-rata biaya TikTok Ads di sini.

cara menaikkan followers tiktok

Simpulan

Tidak ada solusi yang konkrit dan bisa diterapkan di semua kondisi untuk bagaimana cara menaikkan followers TikTok. Namun, tentu saja ada banyak cara untuk meningkatkan jumlah tayangan konten Anda dan memunculkannya di halaman FYP. Semua cara seperti mengenali audiens Anda, ikut serta dalam tren, hashtag, dan challenge, menggunakan jaringan media sosial yng lain dan iklan untuk mempromosikan akun Anda, serta memposting konten Anda pada waktu yang tepat, adalah cara-cara yang bagus untuk meningkatkan kesempatan Anda mendapatkan banyak followers tanpa membeli followers palsu. Semoga bermanfaat!

 

Author

Digital & Performance Marketing Specialist yang menyediakan berbagai jasa digital marketing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Mari berkolaborasi dengan saya!

Write A Comment

CARI JASA DIGITAL MARKETING?

Ingin meningkatkan penjualan & Brand Awareness produk Anda dengan Digital Marketing?
Mari berkolaborasi dengan saya!