Cara Menaikkan Jumlah Followers Instagram dengan Efektif! – Instagram telah menjadi sebuah tolok ukur social presence bagi banyak brand. Tidak hanya itu, Instagram juga bisa menjadi tempat untuk mengarahkan traffic audiens ke landing page website, menghasilkan konversi penjualan, dan membangun hubungan antara brand dengan pelanggannya.

Jika kehadiran Instagram Anda tidak sekuat yang Anda harapkan, mungkin inilah waktunya untuk mempelajari bagaimana mempertajam strategi Anda untuk mulai mendapatkan followers yang organik dan asli. Semakin besar pertumbuhan audiens Anda, maka akan semakin besar pula kesempatan Anda untuk berinteraksi dengan audiens dan menciptakan pengalaman yang unik untuk mereka. Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah jangan beli followers Instagram jika Anda tidak mau merusak profil brand Anda.

Pertumbuhan organik itu sangat penting. Terkadang, banyak brand yang lebih memilih menjalani cara mudah dan jalan pintas untuk mendapatkan followers Instagram. Beli followers Instagram memang jalan termudah, namun opsi tersebut sangat tidak disarankan. Karena, algoritma Instagram diperbarui secara rutin untuk membasmi akun-akun berkualitas rendah dan memiliki interaksi yang lemah.

Belum lagi, jumlah followers Instagram dari hasil beli tidak akan berarti apapun jika ternyata followers-followers tersebut tidak mampu untuk menghasilkan engagement, atau bahkan sampai membeli produk dari brand Anda.

Mulailah membangun kehadiran brand Anda dengan cara yang benar dengan tips-tips dan cara menaikkan jumlah followers instagram berikut ini;

8 Cara Menaikkan Jumlah Followers Instagram

1. Optimasi akun Instagram Anda

Sebelum Anda mencari tahu bagaimana cara menaikkan jumlah followers Instagram Anda, salah satu langkah terpentingnya adalah akun Anda harus dioptimasi. Jadikan Instagram bio dari brand Anda sebagai “homepage” dari akun Anda.

cara menaikkan jumlah followers instagram

 

Tanpa adanya sebuah bio, caption gambar, dan username yang tepat, bagaimana orang akan mengetahui bahwa akun tersebut adalah akun milik brand Anda? Di Instagram, bio akun dan gambar Anda akan membantu untuk membangun pondasi dari brand identity Anda. Link yang ada di bio Anda juga bisa dijadikan alat untuk menghasilkan traffic ke website Anda. Jadi, sangatlah penting untuk mengoptimasi akun Anda secara fundamental.

Jika Anda masih belum yakin harus memasang link apa, cobalah untuk memasang halaman produk atau pemasaran yang berhubungan dengan keyword, hashtag, atau campaign yang spesifik di akun Instagram Anda. Memasang link homepage dari website Anda sebenarnya tidak masalah, namun, kenapa tidak sekalian mengarahkan pengguna ke spesifik halaman website yang mereka inginkan? Dengan begitu, pengguna akan merasakan pengalaman yang kohesif.

Sebagai tambahan, jadikan username akun Anda menjadi username yang bersifat search-friendly, yang mana biasanya akan melekat ke nama brand Anda. Jika nama bisnis Anda relatif panjang, jadikan username Instagramnya menjadi lebih pendek atau menjadi sesuatu yang followers Anda akan mudah teringat. Jangan tambahkan angka atau karakter spesial ke dalam username Anda. Jika memungkinkan, samakan dengan username media sosial yang lain dari brand Anda.

2. Konsistensi kalender konten

Jangan posting konten di waktu-waktu yang acak dan serampangan jika Anda ingin menaikkan followers Instagram Anda. Jika Anda cukup beruntung untuk mendapatkan beberapa pengguna yang mengikuti Anda di awal-awal akun Anda berdiri, jangan biarkan mereka melupakan brand Anda dengan memposting di waktu-waktu yang acak.

Untuk mengatasi hal ini, usahakan buatlah jadwal posting yang reguler dan konsisten, dan jangan keluar dari jadwal tersebut. Biasanya, brand-brand tidak boleh memposting lebih dari beberapa kali dalam sehari, untuk menghindari spam. Namun, bagaimanapun tempo postingan Anda, tetaplah konsisten.

SproutSocial telah menerbitkan riset untuk kapan saja waktu terbaik untuk posting di Instagram dalam industri tertentu seperti di bawah ini:

Berpegang teguh pada jadwal yang telah Anda buat akan membantu Anda membangun pengalaman yang konsisten bagi followers Instagram Anda dan membuat mereka tetap mengingat brand Anda. Bahkan, bukan tidak mungkin brand Anda akan menjadi brand top of mind di benak mereka.

3. Manfaatkan partner dan followers untuk memposting konten Anda

Ketika Anda mempelajari bagaimana cara menaikkan jumlah followers Instagram, Anda perlu mengetahui value dari audiens Anda. Semakin besar pertumbuhan followers organik Anda, maka akan semakin banyak pula calon pembeli produk Anda.

Cara terbaik untuk menjadikan pelanggan agar mengikuti akun Anda adalah dengan menjadi present di hadapan mereka. Sangatlah penting untuk menjadi present di akun Instagram Anda dan akun Instagram orang lain. Cobalah untuk membuat user-generated content agar brand Anda muncul ke beranda pengguna yang lain. Anda juga bisa mengadakan kontes Instagram agar brand Anda lebih dikenal oleh banyak orang. Tipe campaign tersebut akan membangun bukti yang kuat bahwa Anda memiliki kemauan untuk berinteraksi dengan para followers Anda.

cara menaikkan jumlah followers instagram

Pastikan bahwa Anda menyajikan sesuatu yang memiliki value. Jangan terlalu sering menyajikan konten yang hardselling. Cobalah untuk mengadakan kolaborasi marketing dan merencanakan strategi marketing dengan mitra bisnis yang lain untuk membangun audiens Anda.

4. Jangan beli followers Instagram

Ada perbedaan besar antara akun Instagram yang memiliki followers palsu dan asli. Beli followers mungkin merupakan opsi yang menggoda, tetapi dampak yang akan Anda terima akan menyulitkan Anda di kemudian hari.

Akun yang asli memiliki kemampuan yang tidak dimiliki oleh akun followers berbayar seperti membagikan, likes, komentar, dan berinteraksi dengan postingan Instagram Anda. Bahkan, terkadang para pengguna tersebut akan merasa dihargai jika ada seseorang yang merespon interaksi mereka, terutama dari brand yang mereka komentari.

cara menaikkan jumlah followers instagram

Sebagai contoh, Lush Cosmetics meluangkan waktu mereka untuk menjawab beberapa pertanyaan mengenai produk mereka, yang mana hal ini menghasilkan para pengguna untuk kembali lagi ke akun mereka, mengikuti mereka, ataupun berbagi dengan pengguna yang lain. Interaksi tersebut lebih memiliki value yang berarti daripada puluhan ribu jumlah followers Instagram berupa bot atau akun tidak aktif.

5. Promosikan akun Anda

Bagaimana cara orang menemukan akun Anda jika Anda tidak pernah mempromosikannya? Pastikan akun Instagram Anda terpampang jelas di website dan media sosial Anda yang lain.

Menciptakan visibilitas dan awareness adalah cara terbaik agar brand Anda mudah ditemukan. Jika Anda sangat ingin menaikkan jumlah followers Anda, beritahu orang-orang bagaimana cara menemukan akun Anda. Anda juga bisa menambahkan tombol media sosial di website dan blog Anda untuk membantu mempromosikan social share di seluruh platform yang Anda pakai.

The Museum of Modern Art melakukan promosi silang di akun sosial media mereka. Mereka dengan rutin membagikan promosi mengenaik akun Instagram milik mereka di Twitter.

Namun bagaimanapun, jangan hanya meminta pengguna untuk mengikuti Anda. Namun, cobalah untuk mempromosikan konten unik di Instagram Anda. Dengan begitu, para pengguna akan memiliki alasan kenapa mereka harus mengikuti Anda di Instagram. Untungnya, dengan berbagai fitur-fitur yang ada di Instagram seperti Stories, IGTV, Reels, dan lain-lain, Anda memiliki kesempatan besar untuk menaikkan followers Instagram lewat konten-konten kreatif.

6. Postinglah konten yang disukai followers

Anda juga perlu mempelajari konten apa saja yang disukai para followers Anda. Jika Anda berselancar di Instagram, Anda akan menemukan beberapa konten memiliki performa yang lebih bagus daripada konten yang lainnya. Di sinilah pentingnya testing.

Apakah karena filternya, caption-nya, tipe konten, jam posting, dan lain-lain. Detail-detail kecil perlu diperhatikan karena semuanya adalah hal yang penting. Perhatikan tren-tren yang sedang marak di Instagram secara reguler agar Anda tahu harus posting konten populer seperti apa.

Tidak ada salahnya juga untuk berinvestasi berlangganan tools social media Analytics yang akan memudahkan Anda mencari tren, mencari benchmark dari kompetitor, dan menganalisa konten Anda di akun-akun media sosial dari brand Anda.

Lakukan analisa dan testing menggunakan filter, caption, dan tipe konten yang berbeda dan buatlah strategi konten Anda untuk ke depannya. Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, mulailah dari menganalisa kompetitor Anda terlebih dahulu.

Namun, jangan semata-mata menyalin apa yang dilakukan oleh kompetitor. Pelajari apa saja yang mereka lakukan di postingan mereka yang sukses mendatangkan banyak engagement.

8. Cari hashtag yang efektif

Salah satu cara menaikkan jumlah followers Instagram yang terbukti efektif adalah dengan pemanfaatan hashtag. Selama bertahun-tahun, hashtag digunakan sebagai alat untuk menemukan sesuatu yang baru dan memungkinkan kita untuk memperluas jangkauan kita. Sebagai seorang pemasar, Anda perlu membangun komunitas Anda sendiri dengan menaikkan jumlah followers Instagram Anda. Dengan hashtag, Anda bisa memperbesar kemungkinan tersebut.

Sebagai awalan, carilah hashtag yang tidak terlalu populer. Social Media Examiner memiliki teori tentang bagaimana hashtag #love mampu memiliki 184 juta foto yang terhubung dengannya. Mencoba muncul ke permukaan dengan konten Instagram Anda, di dalam lautan jutaan gambar dan video, bukanlah hal yang mudah.

Anda harus mencari hashtag yang target audiens Anda sering gunakan. Jika hubungannya relevan, target audiens tersebut kemungkinan besar akan mengikuti Anda. cara menaikkan jumlah followers instagram.webp

Sebagai contoh, M&Ms memfokuskan penggunaan hashtag mereka ke sebuah acara yang mereka berpartisipasi di dalamnya. Dengan menggunakan hashtag seperti #mmspotlight, mereka menargetkan audiens yang tertarik untuk datang ke acara tersebut.

8. Buat followers Anda senang

Yang terakhir, ketika Anda berhasil membuat followers Anda merasa senang dengan keberadaan brand Anda, Anda akan merasakan pertumbuhan audiensnya. Dalam artikel ini, kita telah banyak membahas tentang penjadwalan konten, bagaimana membuat konten yang bagus, dan lain-lain. Jadi, praktikkanlah teori-teori tersebut dan sesuaikan dengan brand voice Anda. Dengan kata lain, hindari konten-konten yang terlalu hardselling dan terkesan “tidak manusiawi”.

Di atas adalah cara menaikkan jumlah followers Instagram dengan efektif. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

0

Write A Comment

×

Dapatkan insight dan berdiskusi langsung seputar Digital Marketing, Sosial Media, tips website development, dan lowongan kerja di Grup Telegram.

GRATIS!

Join Grup Telegram