Centang biru di Instagram menandakan bahwa akun kita telah terverifikasi oleh pihak Instagram. Tanda centang biru yang muncul di bagian profil biasanya dimiliki oleh orang-orang yang memiliki banyak followers. Namun, ternyata syaratnya cukup mudah. Kita tak perlu menjadi artis atau selebgram jika ingin mendapatkan centang biru tersebut.

Dalam panduan ini, kita akan membahas bagaimana cara mengajukan verifikasi di Instagram dan apa saja tips dan syaratnya.

Ingin tahu bagaimana cara mendapatkan centang biru di Instagram? Ikuti 6 langkah mudah di bawah ini!

Apa arti Centang Biru di Instagram?

Seperti yang telah dijelaskan secara singkat di awal artikel ini, centang biru di Instagram menandakan bahwa akun kita telah diverifikasi langsung oleh pihak Instagram. Verifikasi Instagram adalah tentang bagaimana cara kita membuktikan bahwa akun Instagram kita adalah keberadaan otentik dari akun seorang tokoh masyarakat, selebritas, atau bran-brand terkemuka di dunia.

Kita pasti seringkali melihat banyaknya centang biru yang bertebaran dimana-mana, terutama di media sosial. Seperti di Twitter, Facebook, TikTok, bahkan Tinder. Tanda-tanda centang biru tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa platform tersebut telah mengonfirmasi bahwa akun tersebut dapat dipercaya.

Tanda centang biru tersebut dirancang untuk membuat akun asli menjadi menonjol. Sehingga, pengguna Instagram dapat yakin bahwa mereka mengikuti orang atau brand yang tepat dan asli, bukan seorang copycat.

profil instagram creator centang biru

Beberapa orang memiliki persepsi bahwa centang biru tersebut juga merupakan simbol status yang didambakan. Karena langka, dan eksklusivitas ini memberikan kebanggan tersendiri bagi para penyandangnya.

Meski begitu, centang biru di Instagram ternyata tidak menjamin adanya peningkatan engagement dari akun kita. Instagram dengan jelas mengatakan bahwa akun-akun yang terverifikasi tidak akan mendapatkan penyesuaian yang spesial dari algoritma Instagram.

Dengan kata lain, jika memang kita sering melihat bahwa akun-akun dengan tanda centang biru sering mendapatkan engagement yang tinggi, hal itu murni karena akun-akun tersebut memang menyajikan konten-konten yang berkualitas dan relevan dengan niche audiens mereka.

Siapa yang Bisa Mendapatkan Centang Biru Instagram?

Faktanya, siapapun bisa mengajukan permintaan verifikasi untuk mendapatkan tanda centang biru di Instagram. Namun, penyortiran di Instagram memang terkenal ketat perihal siapa yang akan diterima permintaannya.

Di samping itu, indikator atau syarat-syarat konkrit dari penerimaan permintaan tersebut memang tidak pernah dirilis langsung oleh pihak Instagram. Jadi, jika kita menjalankan akun yang ‘hanya’ terkenal dan memiliki followers banyak pun masih tetap ada kemungkinan permintaan verifikasi kita akan ditolak.

Tanda centang biru yang kita dapat di platform lain seperti Twitter atau TikTok juga tidak bisa menjamin permintaan verifikasi kita di Instagram akan dapat diterima dengan mudah.

Instagram, secara terang-terangan, mengatakan bahwa “Hanya beberapa tokoh masyarakat, selebriti, dan brand yang bisa memiliki lencana terverifikasi di Instagram.” Dengan kata lain, hanya akun dengan kemungkinan tinggi untuk ditiru-lah yang berpotensi paling besar bisa menerima tanda centang biru dengan mudah.

Hal-hal berikut ini adalah rahasia umum tentang kelayakan verifikasi akun dari Instagram.

Pertama, kita harus mematuhi Terms of Service yang ditetapkan oleh Instagram. Selain itu, akun kita harus memenuhi kriteria di bawah ini:

  • Otentik: apakah akun kita merepresentasikan orang asli, bisnis, atau brand terdaftar? Permintaan verifikasi akan sulit jika akun kita adalah akun meme atau akun fans.
  • Unik: hanya satu akun per orang maupun bisnis yang bisa mendapatkan verifikasi di Instagram.
  • Publik: akun kita haruslah diatur ke mode publik dan tidak dikunci.
  • Lengkap: apakah kita memiliki bio, foto profil dan informasi lain yang lengkap?
  • Penting: variabel ini masih menjadi perdebatan sampai sekarang karena dianggap terlalu subjektif. Namun, Instagram mendefinisikan ‘notable’ atau ‘penting’ sebagai orang/brand/akun yang ‘terkenal’ dan ‘banyak dicari oleh orang’.

Jika dirasa percaya diri dalam memenuhi kriteria-kriteris tersebut, kita bisa mulai mencoba untuk mengajukan permintaan verifikasi ke Instagram. Kita juga bisa melihat Community Guidelines dari Instagram di sini.

Bisakah Kita Mendapatkan Centang Biru Walaupun tidak Terkenal?

Jawabannya adalah bisa.

Selama akun kita memenuhi kriteria di atas dan bisa menyajikan bukti variabel ‘penting’ (menunjukkan bahwa orang/brand/organisasi mewakili ketertarikan banyak orang), kita bisa mendapatkan verifikasi di Instagram.

Secara teknis, jumlah followers bukanlah suatu kriteria yang diwajibkan dalam permintaan verifikasi.

centang biru instagram syarat

Cara Centang Biru di Instagram dalam 6 Langkah

Proses permintaan verifikasi akun di Instagram sebenarnya cukup mudah dan simpel:

  1. Buka profil dan pilih burger icon di sudut kanan atas
  2. Buka settings
  3. Pilih Account
  4. Pilih Request Verification
  5. Isi formulirnya
  • Nama lengkap sesuai identitas resmi
  • Nama alias atau ‘lebih dikenal sebagai’
  • Pilih kategori atau industru (contoh: blogger/influencer, sports, news/media, bisnis/brand/organisasi, dll.)
  • Kita juga perlu untuk mengirimkan foto identitas resmi. Jika akun personal, bisa memakai KTP ataupun SIM. Jika akun brand/perusahaan/bisnis, kita dapat mengirimkan administrasi tagihan kantor, dokumen bisnis, ataupun informasi pajak.

6. Kirim permintaan.

instagram centang biru permintaan

Menurut Instagram, setelah pihak mereka me-review permintaan kita, kita akan menerima pemberitahuannya di tab notifikasi kita. Instagram dengan jelas mengatakan pihak mereka tidak akan pernah mengirimkan email, meminta uang, ataupun hal lain yang bisa merugikan penggunanya.

Setelah beberapa hari atau minggu, pada akhirnya kita akan mendapatkan jawaban singkat dari Instagram berupa ‘ya’ dan ‘tidak;, tanpa feedback maupun penjelasan lebih lanjut.

Ini adalah contoh notifikasi jika permintaan kita ditolak:

centang biru ditolak

Sedangkan ini adalah contoh notifikasi jika permintaan kita diterima:

Instagram account meets criteria for verification message

Tips Agar Mendapatkan Centang Biru di Instagram

Meskipun semua orang bisa dengan mudah mengajukan permintaan verifikasi di Instagram, namun agar permintaan kita dengan mudah memang relatif sulit.

Di bagian ini kita akan membahas beberapa best practices berdasarkan pengalaman sebagian orang dalam menjalani permintaan verifikasi agar diterima oleh Instagram.

Jangan Coba-coba Membeli Lencana Centang Biru!

Ini adalah tips pertama dan terpenting, mengingat belakangan ini semakin banyak orang yang menawarkan jasa semacam ini.

Begitu juga dengan para penjual pihak ketiga atau akun antah berantah yang menawarkan ‘jaminan uang kembali’.

penipuan jasa centang biru instagram

Para oknum penipu tersebut mengetahui peluang bahwa orang-orang dan para pebisnis sangat mendambakan tanda centang biru di Instagram, dan beberapa dari oknum tersebut memang terlihat menjanjikan. Jadi, tetaplah waspada dan jangan sampai tergoda.

Satu-satunya cara untuk mendapatkan centang biru di Instagram adalah melalui pengisian formulir resmi yang ada dalam pengaturan akun kita. Selain itu, Instagram juga tidak pernah meminta pembayaran apapun dan tidak akan pernah menghubungi kita untuk menawarkan verifikasi akun.

Pantau Akun Penipu/Copycat

Jika kita sering bersinggungan dengan akun-akun palsu, buatan fans, yang mencoba membuat tiruan dari akun kita, maka kita adalah kandidat utama dari permintaan verifikasi ini dan keberhasilan permintaan kita diterima juga semakin tinggi. Sebab, salah satu tujuan utama verifikasi Instagram adalah menunjukkan bahwa kita adalah orang/brand yang asli.

Hindari Metode Promosi Crossed-Platform di Bio

Instagram menegaskan bahwa akun yang terverifikasi tidak dapat mempromosikan akun sosial media lainnya di profil Instagram mereka. Yang bisa kita lakukan adalah menyertakan tautan ke website kita, landing pages, atau aset online lainnya, jangan menautkan ke akun YouTube atau Twitter kita.

Dicari Orang Lain

Media sosial adalah tentang penemuan organik dan tidak disengaja. Inilah salah satu fungsi sebenarnya dari Instagram Explore, memanfaatkan akun kita agar bisa dengan mudah ditemukan oleh orang lain mampu berdampak besar bagi engagement akun dan pertumbuhan followers kita.

Namun, ketika membahas tentang verifikasi, Instagram ingin mengetahui apakah konten-konten dari akun kita cukup ampuh untuk menjadi ‘thumb-stopper‘ bagi pengguna yang lain atau tidak.

Bekerjasama dengan Agensi

Jika kita memiliki anggaran yang cukup, kita juga bisa bekerjasama dengan digital agency yang memiliki reputasi dan akses ke Facebook’s Media Partner Support tools. Mitra agensi kita dapat mengajukan permintaan untuk mengklaim username, menggabungkan akun, dan membuat akun kita terverifikasi lewat akses portal dari industri mereka.

Dengan cara begitu, apakah permintaan verifikasi dijamin berhasil? Tentunya tidak. Tapi, permintaan dari orang-orang profesional dari industri dan Media Partner Support mampu membantu proses tersebut dibandingkan mereka yang bukan bagian dari Media Partner Support.

Pastikan Profil dan Bio Komplit dan Efektif

Mengoptimalkan bio Instagram kita tidak hanya akan memberi kesan yang bagus kepada tim verifikasi ketika mereka mengecek akun kita, tetapi juga dapat menjadi investasi akun kita yang terbayar dalam bentuk followers baru dan konversi penjualan.

Coba Lagi Jika Ditolak

Jika permintaan verifikasi kita ditolak oleh Instagram, segera evaluasi dan mulai perbaiki kesalahan-kesalahan yang kita lakukan.

Asah strategi Instagram kita, mulailah membangun komunitas dan followers yang berkualitas dan buatlah sebuah strategi viral marketing yang menarik. Setelah itu, kita bisa menunggu selama 30 hari dan mencobanya kembali.

Di atas adalah cara mendapatkan centang biru di Instagram lengkap beserta tips-tipsnya. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

0

Write A Comment

×

Dapatkan insight dan berdiskusi langsung seputar Digital Marketing, Sosial Media, tips website development, dan lowongan kerja di Grup Telegram.

GRATIS!

Join Grup Telegram