Cara Menggunakan All in One SEO Pack – Search Engine Optimization (SEO) adalah cara efektif meningkatkan traffic website Anda. Plugin-plugin SEO seperti All in One SEO dan Yoast SEO mampu membantu pengguna bahkan orang awam sekalipun untuk mengoptimasi konten mereka di mesin pencarian.

Jika membahas SEO di WordPress, plugin yang pertama kali terbesit pasti adalah Yoast SEO. Meski begitu, ada juga plugin populer lain yang bisa Anda gunakan seperti plugin All in One SEO Pack.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan All in One SEO Pack di website WordPress. Namun sebelum itu, Anda juga perlu mengetahui manfaat-manfaat menggunakan plugin SEO di WordPress.

Mengapa Anda Butuh Plugin SEO

SEO meningkatkan kesempatan perankingan Anda di dalam mesin pencarian. Jika Anda melakukan SEO dengan tepat, maka traffic organik dari website Anda akan mengalami peningkatan. Di masa lalu, Anda membutuhkan seorang profesional untuk melakukan audit SEO dan mengoptimasi website WordPress Anda.

Namun, kecenderungannya telah berubah berkat platform CMS seperti WordPress yang menyediakan berbagai plugin yang mudah digunakan. Semua orang yang memiliki pengetahuan dasar tentang WordPress dan SEO kini bisa melakukan optimisasi on-page di website mereka dengan berbagai plugin SEO.

Plugin-plugin SEO tersebut menyediakan panduan optimisasi ketika Anda membuat atau memperbarui sebuah postingan maupun sebuah halaman di blog WordPress. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang disediakan dalam pemasangan plugin-plugin tersebut dengan benar.

Cara Menggunakan All in One SEO Pack

All in One SEO Pack adalah salah satu plugin SEO WordPress terbaik. Plugin ini gratis, namun Anda juga bisa meng-upgrade ke versi pro yang memiliki berbagai fitur tambahan.

cara menggunakan all in one seo pack

Dengan plugin ini, Anda bisa mengoptimasi konten website, halaman, dan postingan Anda. Dengan begitu, website Anda akan bisa me-rank di mesin pencari. Plugin ini juga bisa membuat XML sitemap dalam instalasinya. Sehingga, mesin pencarian bisa mengerti konten dari website Anda. Di bawah ini adalah beberapa fitur dari plugin tersebut.

  • Integrasi mudah dengan Google Analytics
  • On-page optimization untuk postingan dan halaman
  • TruSEO skor yang menyediakan analisis detail dan keterbacaan untuk membantu Anda mengoptimasi halaman-halaman Anda untuk ranking SEO yang lebih tinggi
  • Kata kunci SEO tidak terbatas

Untuk memulai, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin-nya di dashboard WordPress.

Pengaturan Dasar

Setelah mengaktifkan plugin, Anda akan diarahkan ke pengaturan pemasangan plugin. Untuk mulai mengatur plugin-nya, klik “Let’s Get Started“.

Langkah Pertama: Kategori Website

Dalam langkah pertama, pilihlah kategori terbaik yang mendeskripsikan website Anda. Jika Anda ingin berfokus hanya untuk membuat konten, maka Anda cukup pilih opsi blog.

cara menggunakan all in one seo pack

Opsi lain juga tersedia seperti Portal Berita, Toko Online, Portfolio, atau website Bisnis Kecil.

Di bawah kategori website, Anda akan menemukan bagian judul homepage. Pengaturan ini nantinya akan mengirimkan data ke mesin pencarian terkait tentang apa website Anda. Pengaturan ini menggunakan dynamic parameters untuk menampilkan meta title dan deskripsi yang Anda setting ketika Anda pertama kali menginstal website WordPress Anda.

Jika telah selesai, klik “Save and Continue“.

Langkah Kedua: Informasi Tambahan Website

Pada halaman ini, masukkan parameter tambahan dari website Anda. Hal ini akan membantu mesin pencari mengumpulkan informasi relevan untuk brand Anda.

Pertama, tentukanlah tipe website Anda, apakah personal website (blog), atau website perusahaan/organisasi (website agency). Kemudian, pilihlah seorang pengguna untuk menggunakan plugin All in One SEO Pack

cara menggunakan all in one seo pack

Di bawahnya, Anda akan melihat menu “Your Social Profiles“. Di sini, masukkan jaringan media sosial dari website Anda.

Jika sudah, klik “Save and Continue

Langkah Ketiga: Fitur-fitur SEO

Ini adalah bagian dimana Anda mengatur beberapa tools yang bermanfaat seperti sitemap SEO dan analytics-nya. Sitemap dan optimasi mesin pencari akan aktif secara default. Tool Search Optimization menyediakan berbagai tips untuk Anda agar membuat website dan konten Anda bisa me-rank di mesin pencarian.

cara menggunakan all in one seo pack

Opsi lainnya seperti AnalyticsImage SEO, dan Local business SEO (untuk pemilik bisnis kecil dan menengah) juga tersedia. Namun, sebagian dari mereka adalah fitur berbayar.

Setelah memilih fitur-fitur SEO yang ingin Anda gunakan, klik “Save and Continue“.

Langkah Keempat: Tampilan Pencarian

Di langkah ini, Anda bisa mengatur bagaimana website Anda akan ditampilkan di halaman hasil mesin pencarian.

Plugin ini juga memiliki fitur untuk mengaktifkan Maintenance Mode di website Anda. Jika Anda menyalakan fitur ini, direktori mesin pencari tidak akan meng-index halaman website Anda. Fitur ini adalah fitur yang sangat berguna jika Anda masih dalam proses membangun website Anda.

Anda bisa memilih opsi “Live Site” jika website Anda tidak berada dalam perbaikan.

cara menggunakan all in one seo pack

Di bawahnya, nyalakan opsi “Include All Post Types“. Biarkan opsi “Enable Sitemaptercentang.

Jika website Anda memiliki lebih dari satu penulis, pilih “Yesuntuk mengaktifkan All in One SEO untuk semua penulis.

Selanjutnya, klik “Save and Continue“.

Langkah Kelima: Site Analyzer

Di langkah ini, Anda memiliki opsi untuk memasukkan alamat email Anda untuk menerima notifikasi tentang rekomendasi optimisasi, lengkap beserta pembaruan dan fitur baru.

Langkah Keenam: AIOSEO Premium

Jika Anda memiliki license key untuk versi premium dari plugin ini, Anda cukup memasukkan kodenya dan menghubungkannya dengan website Anda.

Untuk lanjut menggunakan versi gratis dari plugin ini, klik “Skip this Step“.

Dengan konfigurasi dasar ini, Anda sudah bisa mulai menggunakan plugin ini di website Anda.

cara menggunakan all in one seo pack

Simpulan

Tujuan dari setiap pemilik website adalah untuk mendorong jumlah traffic ke website mereka. Baik itu secara organik maupun menggunakan layanan berbayar. Pertumbuhan secara organik memerlukan optimasi konten Anda agar konten Anda juga bisa dengan mudah teranking di mesin pencarian.

SEO Plugin WordPress menawarkan cara yang mudah untuk mengoptimasi website dan halaman Anda agar bisa teranking di mesin pencarian.

Dalam artikel ini, kita telah belajar tentang bagaimana cara menggunakan All in One SEO Pack di website WordPress. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca panduan untuk website lainnya di sini.

0

Write A Comment

×

Dapatkan insight dan berdiskusi langsung seputar Digital Marketing, Sosial Media, tips website development, dan lowongan kerja di Grup Telegram.

GRATIS!

Join Grup Telegram