Cara Pindah Blogspot ke WordPressBlogspot adalah platform blogging yang dianggap mudah digunakan untuk membuat dan menulis sesuatu untuk kegiatan di blog kita. Fitur-fitur yang ada di dalamnya dianggap ramah pengguna dan banyak beragam fitur yang memudahkan kita sebagai blogger. Namun, fitur-fitur yang ada di dalam Blogspot juga dianggap tidak cukup canggih daripada pesaingnya, WordPress. Akibatnya, banyak dari sebagian blogger memutuskan untuk melakukan migrasi dari Blogspot ke WordPress.

Kelebihan WordPress dibanding Blogspot

Fitur-fitur yang ada di dalam WordPress dianggap lebih memanjakan dan lebih membuat penggunanya merasa leluasa dibandingkan dengan Blogspot. Dari segi tampilan, kelengkapan fitur, SEO, dan lain-lain. Keunggulan utama WordPress dibandingkan Blogspot antara lain;

  • Display; Blogspot cenderung memiliki wallpaper dan theme yang relatif terbatas daripada WordPress. WordPress menyediakan ribuan theme dan beragam widget untuk membuat website kita semakin menarik di mata para pengunjung.
  • Akses website lebih cepat; Seluruh file HTML Blogspot tersimpan di dalam satu tempat yang sama. Sedangkan pada WordPress, penyimpanan file HTML-nya terdapat di berbagai file database. Sehingga, akses loading dan website secara keseluruhan pun akan lebih cepat, file-file tertentu yang dipanggil oleh browser akan langsung muncul tanpa mengakses seluruh file HTML.
  • Kontrol penuh; Jika kita menggunakan website dengan WordPress Hosting, kita bisa lebih leluasa dalam melakukan pengaturan di website kita sendiri.
  • Pengelolaan mudah; Pada umumnya, WordPress memiliki kemudahan dan kenyamanan untuk mengelola website melalui dashboard Admin Area yang telah disediakan.
  • Beragam fitur dan plugin tambahan; Dengan WordPress, kita akan mendapatkan kemudahan untuk melakukan modifikasi apapun dengan plugin yang tidak terbatas.

Cara Pindah Blogspot ke WordPress

Berikut rangkuman panduan untuk cara pindah Blogspot ke WordPress dengan aman tanpa menghilangkan data-data dari website sebelumnya.

1. Hosting WordPress untuk Website

Langkah pertama, kita memerlukan hosting WordPress untuk menampung data-data website kita. Pilihlah layanan hosting yang berkualitas agar keamanan website kita juga terjaga, serta kecepatan loading website kita juga stabil. Selain itu, kita juga perlu untuk menyiapan nama domain untuk blog WordPress baru kita. Setelah itu, kita bisa mengaktifkan hosting dan menginstall WordPress di hosting tersebut dengan cPanel.

2. Mengexport Data dari Blogspot

Sebelum berpindah dari Blogspot ke WordPress yang baru, kita harus mengambil seluruh data dari Blogspot kita untuk diback-up ke komputer menggunakan format XML.

  • Masuk ke admin Blogger > Setelan > Lainnya.
  • Pada menu Import & cadangan klik tombol Cadangkan Konten.

cara pindah blogspot ke wordpress

  • Setelah itu akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini. Klik

    Simpan ke komputer untuk melanjutkan. Data yang terunduh akan berformat sebagai file XML.cara pindah blogspot ke wordpress

    3. Mengimport Data Blogspot ke WordPress

    Setelah pengunduhan data Blogspot berhasil, langkah berikutnya adalah beralih ke WordPress kita . Sebelum itu, pastikan bahwa domain dan hosting kita telah aktif dan terinstal WordPress.

  • Masuk ke admin area kemudian klik Tools > Import. Kemudian pilih Blogger.

cara pindah blogspot ke wordpress

  • Pilihlah Install Now. Selanjutnya, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Di tahap ini, kita akan memerlukan plugin bernama Blogger Importer untuk memindahkan file XML Blogspot ke WordPress.

  • Plugin akan aktif secara otomatis. Setelah itu, klik Run Importer di bawah ini sebelum mulai memindahkan data WordPress.

  • Langkah selanjutnya, pilihlah Choose File untuk mengunggah file XML. Kemudian klik Upload File and import.

  • Ganti authors dari user blogger ke user WordPress, kemudian klik Submit untuk mengunggah data konten dan media blogger ke WordPress.

  • Tunggulah hingga proses instalasinya selesai dan menemui tampilan All done. Have fun! seperti gambar di bawah ini.

Selesai! Sekarang, Blogspot kita telah berpindah ke WordPress. Seperti itulah cara pindah Blogspot ke WordPress. Sangat mudah, bukan? Selamat mencoba!

0

Write A Comment

×

Dapatkan insight dan berdiskusi langsung seputar Digital Marketing, Sosial Media, tips website development, dan lowongan kerja di Grup Telegram.

GRATIS!

Join Grup Telegram