Cara Setting WooCommerce di WordPress – WooCommerce adalah software untuk website WordPress yang bisa membantu Anda untuk menjual barang dan jasa secara online. WooCommerce telah menjadi salah satu plugin paling banyak digunakan oleh para developer toko onlinePlugin ini juga telah digunakan oleh jutaan perusahaan kecil-menengah dan besar di seluruh dunia.

Dengan kata lain, WooCommerce adalah plugin WordPress yang dianggap sebagai pembuat toko online terbaik. Semua orang bisa membuat sebuah e-commerce dengan menggunakan WooCommerce dengan tema WordPress apapun.

Cara Setting WooCommerce di WordPress

Lalu, bagaimana cara setting WooCommerce di WordPress Anda? Ikuti langkah-langkah berikut ini!

Langkah 1: Membuat Domain Resmi

Untuk mulai membangun website, Anda memerlukan adanya sebuah domain resmi. Yang mana domain ini bisa Anda beli di beberapa provider hosting yang Anda inginkan.

Anda juga perlu memperhatikan nama domain yang tepat untuk perusahaan Anda. Teruslah mencari nama domain yang tepat untuk perusahaan Anda yang bisa Anda gunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk mempersiapkan informasi tentang akun Anda dan menyelesaikan spesifikasi paket hosting untuk domain Anda.

Setelah memberikan semua informasi dan pembayaran, penyedia domain yang Anda pilih akan memberikan Anda informasi login ke dashboard hosting website Anda melalui email. Nantinya, dashboard tersebut akan menjadi pusat pengaturan dari website Anda.

Langkah 2: Cara Setting WooCommerce di WordPress Plugin

Langkah kedua adalah mengetahui bagaimana cara setting WooCommerce di WordPress Anda. Anda bisa mendapatkan WooCommerce dari library plugin WordPress secara gratis dan menginstalnya di website Anda. Anda juga bisa menginstal plugin ini langsung dari dashboard WordPress Anda.

Untuk menginstal WooCommerce dari dashboard Anda, Anda hanya perlu klik ke Plugins Add New.

cara setting woocommerce di wordpress

Di sudut kanan atas, Anda akan menemukan menu “Search Plugins“, kemudian ketikkan WooCommerce di kolom pencariannya. Setelah itu, klik Install Now.

Setelah menginstal plugin, klik tombol Activate.

cara setting woocommerce di wordpress

Sampai sini, plugin WooCommerce Anda telah terpasang. Sekarang waktunya untuk langkah selanjutnya.

Langkah 3: Mengakses Pengaturan Instalasi WooCommerce

Menginstal WooCommerce cukup mudah. Anda hanya perlu mengaktivasi plugin-nya dan setelah itu Anda akan dibimbing menuju setup wizard.

Prosedur setup wizard tersebut berisikan beberapa pengaturan penting seperti bagaimana sistem pembayaran Anda, pemesanan pengiriman, rekomendasi, dan lain-lain. Jika Anda memilih untuk tidak menggunakan pengaturan tersebut, klik Not Right Now di bagian bawah halamannya.

Bagian pertama dari setup wizard WooCommerce adalah Store Setup. Wizard tersebut akan membantu Anda mengkonfigurasi dimana toko Anda akan ditempatkan, apa mata uang yang Anda gunakan, dan apa tipe produk yang akan Anda jual. Tipe produknya bisa berupa fisik, digital, ataupun dua-duanya.

Perlu diperhatikan bahwa apapun pengaturan yang Anda pilih di bagian ini bisa Anda perbarui di kemudian hari di pengaturan WooCommerce Anda. Untuk sekarang, pilih Let’s Go.

Langkah 4: Memilih Cara Pembayaran

Di halaman berikutnya, Anda bisa memilih tipe-tipe pembaran dari toko online Anda. Secara default, Anda bisa menggunakan Stripe dan/atau PayPal. Anda juga bisa memilih pembayaran offline seperti cek dan uang tunai:

cara setting woocommerce di wordpress

Langkah 5: Mengkonfigurasi Pilihan Pengiriman

Bagian selanjutnya Anda akan diminta untuk mengkonfigurasi pilihan pengiriman Anda.

Anda bisa mengatur jumlah ongkos kirim untuk pembeli Anda di sini. Setelah mengaktifkan pilihan ongkos kirim Anda, Anda bisa klik Continue.

Langkah 6: Install Rekomendasi Add-Ons (Opsional)

Sampai di sini, Anda telah berhasil setting WooCommerce di WordPress. Selanjutnya, setup wizard akan merekomendasikan Anda untuk menginstal beberapa add-ons:

cara setting woocommerce di wordpress

Meskipun beberapa tools di atas tidak begitu esensial dalam hal mengelola toko online Anda, tool-tool tersebut mungkin berguna bagi Anda di kemudian hari. Dari beberapa tool tersebut, yang paling direkomendasikan adalah Storefront. Storefront adalah tema WordPress spesifik WooCommerce yang bisa membantu Anda mengatur toko Anda dengan lebih cepat dan mudah.

Langkah 7: Menginstal Plugin Jetpack (Opsional)

Bagian selanjutnya adalah menginstal JetpackPlugin ini adalah plugin tambahan yang sangat berguna untuk toko WooCommerce Anda. Meski begitu, plugin ini tidak esensial, jadi Anda bisa memilih untuk tidak menginstalnya.

cara setting woocommerce di wordpress

Jetpack adalah plugin WordPress yang menawarkan berbagai macam fungsi yang bermanfaat. Jetpack menyediakan fungsionalitas keamanan, analitik, dan masih banyak lagi.

Langkah 8: Menyelesaikan Pengaturan

Toko WooCommerce Anda sekarang telah aktif dan siap untuk menjual apapun. Banyak link penting yang bisa Anda temukan di bagian terakhir ini. Sekarang Anda bisa import produk-produk ke toko Anda, kembali ke dashboard WordPress Anda, ataupun membuat perubahan dari pengaturan yang baru saja Anda atur.

Langkah 9: Menambahkan Produk di WooCommerce

Sekarang waktunya untuk mengatur produk-produk Anda. Setelah mengetahui cara setting WooCommerce di WordPress dan menginstalnya, Anda bisa menjual produk-produk Anda secara online dengan hanya beberapa tahap di WooCommerce. Untuk menambahkan produk Anda, cukup pergi ke tab Products > Add New.

cara setting woocommerce di wordpress

Pertama-tama, Anda membutuhkan judul untuk produk Anda, kemudian tambahkan gambar dari produk Anda dan berikan caption yang komprehensif.

Gambar produk akan membuat toko e-commerce Anda tampak lebih menarik. Anda perlu menambahkan beberapa gambar dari produk Anda. Hal ini akan menjadi elemen kunci dari produk yang Anda jual di halaman toko Anda.

Anda juga bisa menambahkan kategori produk di pengaturan WooCommerce dengan cara klik di kolom kanan di halaman Add New Category.

cara setting woocommerce di wordpress

Mengkategorikan produk-produk Anda memudahkan pembeli Anda untuk menelusuri produk Anda di website WooCommerce Anda. Anda hanya perlu scrolling ke bawah ke menu Product Data.

Di menu inilah Anda bisa memilih tipe produk, menambahkan harga, mengatur detail pengiriman, opsi pengiriman, dan pengaturan lainnya.

Selanjutnya, Anda bisa melihat kotak Product short description di bawah. Dalam folder WooCommerce, Anda bisa mengisi variasi halaman produk-produk di website Anda.

cara setting woocommerce di wordpress

Kemudian, cek semua detail produk WooCommerce yang telah Anda tambahkan. Untuk mempublikasikan produk Anda klik tombol Publish di kolom kanan atas layar Anda.

Untuk menambahkan item baru ke website toko e-commerce Anda, Anda hanya perlu mengulangi prosedur di atas.

cara setting woocommerce di wordpress

Anda juga bisa mengecek produk-produk Anda di bagian All Products dan bisa mengkustomisasi produk-produk Anda kapanpun.

Penutup

Di atas adalah tutorial cara setting WooCommerce di WordPress. Semoga artikel ini bermanfaat!

0

Write A Comment

×

Dapatkan insight dan berdiskusi langsung seputar Digital Marketing, Sosial Media, tips website development, dan lowongan kerja di Grup Telegram.

GRATIS!

Join Grup Telegram