Cara Upgrade WordPress Manual – Membangun website WordPress mungkin adalah sebuah aktivitas sekali jalan dan langsung selesai. Namun, mengelolanya merupakan sebuah aktivitas berkelanjutan. Kunci utama dari aktivitas pengelolaan website WordPress adalah untuk memastikan bahwa website Anda telah terpasang versi terbaru dari WordPress.

Untuk memastikannya, artikel ini akan membahas tentang cara upgrade WordPress manual.

Mengapa Harus Upgrade WordPress?

Setiap bagian dari website WordPress Anda, dari mulai plugin, tema, sampai dengan inti software, haruslah terpasang secara up-to-date. Meng-upgrade file inti Anda secara reguler bisa membantu Anda meningkatkan fungsionalitas website, performa, kompatibilitas, dan keamanannya.

WordPress secara berkala telah meluncurkan update versi besar-besaran serta rilis pembaharuan dan maintenance. Tiap-tiap rilisnya bisa berisi peningkatan, perbaika bug, dan perbaikan kerentanan keamanan website. Sebagai contoh, rilisan versi terakhir dari WordPress 5.8.1 berisi perbaikan dari 3 kerentanan utama, termasuk kerentanan cross-site scripting (XSS) di dalam block editor Gutenberg. Jika Anda tidak meng-update inti software Anda, maka website Anda akan menjadi rentan terkena ancaman-ancaman keamanan.

Bahkan, menurut laporan terakhir dari Sucuri, diperkirakan sekitar 49% website WordPress yang di-hack rentan terhadap titik infeksi. Hal ini menunjukkan bahwa masih kurangnya kesadaran dari para pemilik website untuk meng-update file inti WordPress dan tema serta plugin mereka secara berkala.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Upgrade WordPress

Sebelum mengetahui cara upgrade WordPress manual, pastikan Anda telah memiliki backup WordPress Anda secara lengkap. Yang dimaksud backup secara lengkap adalah, bukan hanya backup dari inti website saja, namun Anda juga harus mem-backup plugin, tema, database, dan unggahan media. Berkas backup ini bisa Anda simpan di komputer Anda ataupun di layanan cloud seperti Google Drive.

Memiliki backup dari website Anda akan memungkinkan Anda untuk melakukan restore jika terjadi suatu hal yang diinginkan dalam proses update-nya.

Jika Anda sudah membuat dan menyimpan backup dari website Anda, maka Anda telah siap untuk melakukan proses upgrade WordPress manual.

Cara Upgrade WordPress Manual

Ada tiga cara upgrade WordPress manual. Kita akan mulai dengan yang termudah, kemudian akan dilanjutkan dengan alternatif-alternatif lain yang mungkin cocok untuk pengguna yang lain.

Cara Upgrade WordPress Manual via Dashboard

WordPress menawarkan kemudahan update berupa satu klik langsung di dashboard admin. Metode ini adalah yang termudah untuk mengupdate WordPress Anda. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka Dashboard > Updates
  • Jika Anda melihat pesan “An updated version of WordPress is available”, maka klik Update Now.

Cara Upgrade WordPress Manual

  • Untuk memastikan bahwa update telah sukses, Anda bisa log out terlebih dahulu kemudian kembali log in dan buka layar update tersebut. Jika proses update Anda berhasil, maka Anda akan menemukan pesan “You have the latest version of WordPress”.
  • Jika Anda tidak bisa login ke dashboard WordPress, maka cobalah metode update WordPress yang lain berikut ini.

Cara Upgrade WordPress Manual via FTP

Jika Anda menemukan masalah untuk login ke dashboard WordPress Anda atau mengalami masalah perijinan, maka Anda bisa melakukan update via FTP Client.

Cara Upgrade WordPress Manual

  • Extract file .zip yang telah di-download
  • Log in ke server website Anda via FTP
  • Arahkan ke folder wp-content

  • Klik kanan di folder plugin dan rename menjadi “plugins.hold”. Hal ini bertujuan untuk menon-aktifkan plugin Anda untuk sementara waktu.
  • Hapus folder wp-includes dan wp-admin.

Cara Upgrade WordPress Manual

  • Unggah folder baru wp-includes dan wp-admin dari file .zip yang telah Anda extract sebelumnya
  • Unggah file-file daru folder wp-content yang baru ke folder wp-content yang sudah ada. Hal ini akan menimpa file yang sudah ada.

  • Unggah semua file baru ke folder public_html
  • Rename “plugins.hold” kembali ke “plugins”
  • Anda telah selesai. Untuk mengetesnya, kunjungi halaman /wp-admin Anda (contoh: namadomain.com/wp-admin). Anda mungkin akan diminta untuk log in kembali. Saat sudah log in, Anda tidak akan melihat permintaan update di dashboard WordPress Anda.

Jika Anda tidak bisa log in ke FTP Client atau menggunakan web browser, maka Anda bisa mencoba metode terakhir berikut ini.

Cara Upgrade WordPress Manual via WP-CLI

WP-CLI adalah command-line interface untuk WordPress. Anda bisa menggunakan WP-CLI untuk mengupdate plugin, mengonfigurasi instalasi multisite, dan menjalankan perintah-perintah lain tanpa menggunakan web browser.

  • Pertama, Anda harus menginstal WP-CLI. Sebelum menginstalnya, pastikan Anda menggunakan “UNIX-like” (OS X, Linux, FreeBSD, Cygwin) dan Anda telah menjalankan versi terbaru dari PHP dan WordPress (PHP 5.6 atau terbaru dan WordPress 3.7 atau terbaru)
  • Download file wp-cli.phar menggunakan wget atau curl:
curl -O https://raw.githubusercontent.com/wp-cli/builds/gh-pages/phar/wp-cli.phar
  • Berikutnya, verifikasikan bahwa file Phar telah berjalan dengan baik:
php wp-cli.phar --info
  • Kemudian, ubah file-nya menjadi executable dan pindahkan ke tempat manapun di Path Anda. Sebagai contoh:
chmod +x wp-cli.phar
sudo mv wp-cli.phar /usr/local/bin/wp
  • Jalankan wp –info untuk memastikan bahwa WP-CLI telah terinstal dengan baik. Anda akan melihat perintah seperti ini:
$ wp --info
OS: Linux 4.19.128-microsoft-standard #1 SMP Tue Jun 23 12:58:10 UTC 2020 x86_64
Shell: /usr/bin/zsh
PHP binary: /usr/bin/php
PHP version: 8.0.5
php.ini used: /etc/php/8.0/cli/php.ini
MySQL binary: /usr/bin/mysql
MySQL version: mysql Ver 8.0.23-0ubuntu0.20.04.1 for Linux on x86_64 ((Ubuntu))
SQL modes:
WP-CLI root dir: /home/wp-cli/
WP-CLI vendor dir: /home/wp-cli/vendor
WP_CLI phar path:
WP-CLI packages dir: /home/wp-cli/.wp-cli/packages/
WP-CLI global config:
WP-CLI project config: /home/wp-cli/wp-cli.yml
WP-CLI version: 2.5.0
  • Sekarang Anda bisa jalankan command line sebagai berikut:
wp core update
  • Ini adalah perintah default untuk mengupdate WordPress ke versi terbaru. Anda akan melihat pesan sebagai berikut ketika proses update telah selesai.
# Update WordPress
$ wp core update
Updating to version 4.5.2 (en_US)...
Downloading update from https://downloads.wordpress.org/release/wordpress-4.5.2-no-content.zip...
Unpacking the update...
Cleaning up files...
No files found that need cleaning up
Success: WordPress updated successfully.

Simpulan

Bagaimanapun cara yang Anda pilih untuk meng-update WordPress Anda, sangatlah penting bagi Anda untuk tetap rajin meng-update WordPress Anda dan menjalankan website Anda dengan versi WordPress terbaru. Hal ini akan membantu Anda untuk memastikan bahwa website Anda tetap aman dan Anda tetap menawarkan pengalaman terbaik bagi pengunjug website Anda.

Semoga bermanfaat!

0

Write A Comment

×

Dapatkan insight dan berdiskusi langsung seputar Digital Marketing, Sosial Media, tips website development, dan lowongan kerja di Grup Telegram.

GRATIS!

Join Grup Telegram