Customer Acquisition Cost adalah Metriks untuk Mengetahui Performa Marketing – CAC atau Customer Aquisition Cost adalah metriks penting untuk mengukur seberapa banyak uang yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan dalam akuisisi pelanggan baru. Perhitungan customer acquisition cost adalah jumlah total biaya pemasaran, penjualan, termasuk properti dan peralatan yang dibutuhkan untuk mengakuisisi pelanggan agar membeli produk atau jasa.

Menganalisa CAC bertujuan untuk mengetahui apakah sebuah perusahaan telah sepenuhnya beroperasi dengan baik dan efisien.

Customer Acquisition Cost adalah Hal yang Penting untuk Manajemen Produk

CAC membantu sebuah perusahaan untuk menghitung nilai keseluruhan sebuah pelanggan bagi perusahaan. CAC juga membantu menghitung Return on Investmen (ROI) dari sebuah akuisisi. Berikut adalah cara menghitung ROI dalam Digital Marketing.

Cara Menghitung CAC

Perhitungan CAC bisa dengan menjumlahkan total pengeluaran dalam akuisisi pelanggan (biaya penjualan dan marketing) dibagi dengan total pelanggan yang terakuisisi dalam suatu periode tertentu. Perhitungan CAC bisa dilakukan dengan mudah dan simpel, namun tidak jarang juga CAC memiliki perhitungan yang kompleks.

Metode simpel untuk menghitung CAC: CAC = MCC ÷ CA

MCC: Marketing campaign cost – biaya total campaign marketing yang berhubungan dengan akuisisi pelanggan.

CA: Customers acquired – total pelanggan yang diakuisisi

Metode kompleks untuk menghitung CAC: CAC = (MCC + W + S + PS) ÷ CA

MCC: Marketing campaign cost – biaya total campaign marketing yang berhubungan dengan akuisisi pelanggan.

W: Wages – gaji yang dikeluarkan perusahaan untuk sumber daya tenaga marketing dan penjualan

S: Software – seluruh biaya yang dikeluarkan untuk perangkat lunak yang memudahkan penjualan

PS: Professional services – seluruh biaya yang berhubungan dengan tambahan jasa profesional (contoh: konsultan) yang digunakan dalam marketing dan penjualan.

CA: Customers acquired – total pelanggan yang diakuisisi

3 Tips untuk Mengurangi CAC

Berikut ini adalah tips yang berorientasi pada pelanggan yang dapat membantu Anda mengurangi CAC dan mengoptimalkan keuntungan:

  1. Kenali pelanggan Anda. Mengetahui apa yang pelanggan Anda butuhkan membantu Anda membuat produk yang akan laku di pasaran. 
  2. Berhubungan dengan pelanggan. Interaksi antar produk dengan pelanggan terbukti mampu menurunkan biaya akuisisi dan CAC.
  3. Buat mereka kembali lagi dan lagi. Buatlah customer experience yang positif. Sebabm, mengakuisisi pelanggan baru memiliki biaya yang lebih mahal daripada membua mereka tetap kembali lagi dan membeli produk Anda. Anda juga bisa membaca 5 tren customer experience 2022 yang akan membantu Anda membuat alur pelanggan yang lebih efisien.
0

Write A Comment

×

Dapatkan insight dan berdiskusi langsung seputar Digital Marketing, Sosial Media, tips website development, dan lowongan kerja di Grup Telegram.

GRATIS!

Join Grup Telegram