Sebagai salah satu media sosial tertua yang masih eksis hingga sekarang, para pemasar digital masih seringkali melakukan aktivitas pemasarannya melalui Facebook Marketing. Facebook Marketing masih menjadi primadona karena Facebook sendiri masih mendominasi sebagai media sosial yang memiliki pengguna terbesar di seluruh dunia. Bahkan, Facebook mengembangkan ekosistemnya menjadi lebih lengkap dengan adanya WhatsApp, Facebook Messenger, dan Instagram.

Jumlah pengguna Facebook hampir sebanyak 50% dari jumlah penduduk Internet dunia. Dari tahun ke tahun, pengguna Facebook mengalami peningkatan. Data dari Statista menyebutkan bahwa 3 dari 10 warga negara dunia adalah pengguna Facebook. Hal inilah yang menjadikan aktivitas pemasaran di Facebook (Facebook Marketing) menjadi sangat berguna.

Lalu, bagaimana cara menggunakan Facebook sebagai salah satu marketing platform kita?

Daftar Isi

Pengertian dan Tujuan Facebook Marketing

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara pemasaran menggunakan Facebook, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu definisi dari Facebook Marketing itu sendiri.

Secara definisi, Facebook Marketing memiliki arti sebagai sebuah aktivitas untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic dan engagement dari aset digital kita. Aktivitas ini dilakukan melalui platform dan jejaring Facebook seperti Messenger, Instagram, bahkan WhatsApp.

Media sosial seperti Facebook adalah adalah tentang interaksi antar manusia, maka hal yang harus kita pahami adalah siapa orang yang akan kita ajak bicara. Hal ini penting untuk menentukan konten apa yang akan kita gunakan untuk berkomunikasi dengan calon audiens kita.

Langkah-langkah Memulai Facebook Marketing

Dalam melakukan Facebook Marketing, ada beberapa langkah-langkah yang harus kita jalani. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Identifikasi Audiens

Hal pertama yang harus kita lakukan dalam memulai Facebook Marketing adalah menggali data tentang siapa yang akan kita ajak bicara. Mungkin kita akan dengan mudah untuk menyebutkan info umum seperti umur dan jenis kelamin. Namun ternyata, info geografis dan demografis saja tidaklah cukup.

Bayangkan jika kita menarget audiens anak muda, laki-laki dan wanita usia 18-25 tahun berdomisili di Jakarta, mereka punya hobi dan kesukaan yang berbeda-beda. Yang harus kita lakukan adalah menyasar segmen kita dengan lebih spesifik. Kita bisa menuliskan informasi psikografis mereka dan kita jelaskan dengan rinci siapa yang sebenarnya kita targetkan. Siapakah namanya, apakah Ia sendiri atau memiliki pasangan, atau sudah menikah. Bagaimana dengan gaya hidupnya? Apakah Ia biasa minum Kopi Kenangan atau Kapal Api? Apakah Ia berlangganan Netflix atau nonton film gratisan dari situs bajakan?

Dari semua data tersebut, kita akan bisa menentukan gaya komunikasi yang paling tepat untuk menarget segmen audiens kita.

Cara Identifikasi Target Audiens Facebook

Ada beberapa cara terbaik untuk mengidentifikasi target audiens Facebook kita. Untuk beberapa opsi riset ini, kita juga perlu sesuaikan dengan budget yang kita punya.

  • Focus Group Discussion
Focus Group Discussion Illustration
Ilustrasi FGD

Jika kita mempunyai budget riset yang cukup besar, kita bisa mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan mengundang beberapa orang yang merepresentasikan target audiens kita. Dari sini, kita bisa memvalidasi dan menggali insight tentang apa saja hal-hal yang mereka butuhkan dan pikirkan terhadap produk/jasa kita.

  • Interview

Bila budget kita tidak terlalu besar, kita bisa melakukan interview tatap muka, telepon atau chat. Kita bisa tanyakan kepada responden kita mengenai seperti apa gaya hidup mereka dan produk apa yang mereka gunakan untuk kegiatan sehari-hari. Kita juga bisa bertanya tentang apa yang mereka harapkan dari produk kita yang bisa bermanfaat untuk kehidupan mereka.

  • Survey dan Riset

Opsi lainnya adalah kita bisa menyebarkan link survey melalui SurveyMonkey atau Google Form untuk mendapatkan gambaran jelas mengenai target audiens kita.

Kita juga bisa melakukan riset media sosial dengan menganalisis manual interaksi followers dari kompetitor yang menawarkan produk/jasa yang mirip dengan kita.

  • Membuat Buyer Persona

Opsi terakhir adalah membuat buyer persona. HubSpot menyediakan beberapa tools untuk membuat buyer persona atau target audiens kita. Dengan memasukkan beberapa karakter, akan muncul persona perwakilan yang merepresentasikan siapa yang akan kita targetkan. Rincian ini memudahkan kita menarget segmen dengan kanal yang tepat, dengan gaya bahasa dan penyampaian yang sesuai dengan kebutuhan audiens kita.

Facebook sendiri juga memiliki tools Audience Insight yang membantu kita untuk menghitung berapa besar audiens potensial yang bisa kita targetkan. Dalam tools ini, yang perlu kita lakukan adalah memasukkan kriteria sesuai demografi, geografi, dan psikografi. Setelah itu Facebook akan menunjukkan seberapa banyak penggunanya yang sesuai dengan kriteria kita.

facebook audience insight
Facebook Audience Insights

Selain Audience Insight, Facebook juga menyediakan tools Insights To Go yang membantu kita untuk memahami insight-insight dari pengguna Facebook di Indonesia dari berbagai industri.

Facebook Insights To Go
Facebook Insights To Go

2. Menentukan Marketing Goals/Objective

Setelah kita mengetahui dan mengidentifikasi siapa target audiens yang akan kita sasar, selanjutnya kita akan menentukan tujuan/objektif dari aktivitas Facebook Marketing kita.

Banyak hal yang bisa kita lakukan di Facebook sebagai objektif dari aktivitas marketing kita. Facebook Marketing memiliki 3 menu utama yang bisa kita gunakan sebagai objektif, yaitu Awareness, Consideration, dan Conversion. Sebelum berlanjut lebih jauh, objektif dari Facebook Marketing ini perlu kita tentukan.

Facebook Marketing Objective
Facebook Marketing Objective
  • Awareness

Kita bisa memulai dengan tahap awareness. Awareness memiliki tujuan untuk menjangkau orang sebanyak mungkin dengan sub-menu reach atau menguatkan brand di pikiran audiens dengan sub-menu brand awareness.

  • Consideration

Tahap ini memiliki banyak tujuan atau sub-menu yang bisa dicapai. Misalnya, traffic ke website, engagement di Facebook, jumlah pengunduhan aplikasi, jumlah penayangan video, data leads, atau kontak di messages.

  • Conversion

Ini adalah tujuan akhir dari Facebook Marketing. Conversion adalah terjadinya akuisisi, penjualan, ataupun kunjungan ke toko baik itu toko offline maupun online.

3. Mempersiapkan Akun Facebook untuk Marketing

Facebook memiliki 3 jenis akun yang bisa kita optimalkan, yaitu Personal Profile, Facebok Group, dan Business Fanpage. Jika kita ingin memulai aktivitas Facebook Marketing, penulis sangat menyarankan untuk memiliki Business Fanpage atau Facebook Grup, karena profil personal tidak memiliki fitur analytics dan ads. Fitur analytics dan ads adalah hal yang penting dalam Facebook Marketing untuk meninjau performa marketing kita ke depannya.

Fanpage dan Grup sifatnya bisa interaktif. Bedanya, Grup memfasilitasi anggota untuk bisa memposting. Sebaliknya, Fanpage tidak demikian, pengguna hanya bisa berkomentar dan posting hanya berasal dari admin.

Setiap fanpage yang baik harus dilengkapi profilnya. Mulai dari username dan header yang akan dilihat pertama kali oleh fans atau followers kita, sehingga kita harus menggunakan visual yang menarik agar fans tertarik dengan brand kita.

Dalam membuat akun fanpage yang baik, penulis telah menyiapkan 10 checklist untuk bisa digunakan agar membuat akun fanpage teroptimasi dengan baik.

  • Membuat halaman Facebook
  • Menambahkan foto
  • Menambahkan deskripsi singkat
  • Membuat username
  • Membuat shortcut untuk halaman kita
  • Mengatur peran fanpage
  • Mengkustomisasi pemberitahuan
  • Menambahkan Call to Action
  • Mengorganisir tab fanpage
  • Memverifikasi fanpage

Demikian definisi singkat dari Facebook Marketing dan tujuannya, serta persiapan untuk memulai aktivitasnya. Apabila langkah-langkah tersebut sudah dilakukan, maka produk/jasa kita sudah siap untuk dipasarkan.

Author

Digital & Performance Marketing Specialist yang menyediakan berbagai jasa digital marketing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Mari berkolaborasi dengan saya!

Write A Comment

CARI JASA DIGITAL MARKETING?

Ingin meningkatkan penjualan & Brand Awareness produk Anda dengan Digital Marketing?
Mari berkolaborasi dengan saya!