Memiliki bisnis online akan semakin mudah jika kita menjalankan metode beriklan yang baik dan benar. Dalam dunia periklanan online, salah satu metode iklan yang paling sering digunakan untuk bisnis-bisnis e-commerce adalah iklan CPAS. CPAS merupakan singkatan dari Colaborative Performance Advertising Solution. CPAS adalah kolaborasi antara Facebook dan platform marketplace yang mampu mengumpulkan audiens dari Facebook untuk dialihkan ke halaman profil toko marketplace kita seperti di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain-lain.

Artikel ini akan membahas tentang CPAS yang akan membantu para pebisnis dan pemasar untuk mendorong penjualan di berbagai marketplace. Simak sampai selesai!

Fungsi Iklan CPAS

Secara umum, CPAS memiliki fungsi yang sama seperti iklan Facebook pada umumnya; untuk meningkatkan penjualan produk secara online. Namun, ada perbedaan antara iklan CPAS dengan iklan Facebook yang lain, di antaranya;

  • Fitur ini bisa berperan sebagai conversion tracking di dalam marketplace. Dengan CPAS, brand kita dapat mengukur dan mengetahui tingkat konversi dari iklan kita di dalam marketplace yang kita kolaborasikan.
  • CPAS bisa meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap brand kita. Saat calon pembeli melihat produk dari brand kita di marketplace, fitur CPAS akan membantu kita untuk memperlihatkan kembali produk tersebut ke pelanggan lewat platform Facebook. Dengan begitu, brand dan produk kita akan menjadi top of mind di benak mereka.

Cara Kerja Iklan CPAS

Mari pahami cara kerja CPAS lewat contoh nyata. Sebuah brand sepatu bernama “Sepatuku” ingin menjual produk sepatu baru mereka secara online. Mereka membuat dynamic ads di Facebook menggunakan katalog produk mereka di salah satu marketplace yang mereka gunakan untuk penjualannya, semisal Shopee.

Copy atau tulisan di dalam iklan tersebut akan berbunyi sesuatu seperti “Sepatuku, beli hanya di Shopee”. Setelah itu, seseorang yang terkena CPAS tersebut memutuskan ingin membeli sepatunya. Ketika mereka klik iklannya, mereka akan diarahkan langsung ke website atau aplikasi Shopee untuk menyelesaikan pembelian mereka. Simpel sekali, bukan?

 

0

Write A Comment

×

Dapatkan insight dan berdiskusi langsung seputar Digital Marketing, Sosial Media, tips website development, dan lowongan kerja di Grup Telegram.

GRATIS!

Join Grup Telegram