Jenis jenis Keyword dalam Google Ads yang Penting Diketahui! – Jenis-jenis keyword dalam Google Ads memastikan bahwa uang yang Anda keluarkan untuk beriklan akan memiliki hasil yang baik dan memastikan Anda tidak membuang uang untuk menarik traffic yang tidak berkualitas untuk bisnis Anda.

Di artikel ini, kita akan membahas tentang jenis-jenis keyword di dalam Google Ads, perbedaannya, tipe traffic yang dihasilkan, dan bagaimana cara menggunakannya. Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Daftar Isi

Apa itu Google Ads?

Google Ads merupakan salah satu platform iklan digital yang paling populer saat ini. Dengan menggunakan Google Ads, berbagai bisnis dapat mempromosikan produk atau layanan mereka kepada target audiens yang tepat melalui mesin pencari Google.

Namun, agar iklan yang dibuat dapat ditemukan oleh calon pelanggan, ada sebuah konsep yang disebut keyword yang harus diperhatikan. Keyword adalah kata atau frasa yang digunakan oleh pelanggan saat mencari produk atau layanan tertentu di mesin pencari.

Dengan memilih keyword yang tepat, iklan yang dibuat akan lebih mudah ditemukan oleh pelanggan yang sedang mencari produk atau layanan terkait.

Baca Juga: Contoh contoh iklan Google Ads yang Efektif

Jenis jenis Keyword = Keyword Match Types

Jenis jenis keyword di dalam Google Ads juga secara resmi disebut dengan keyword match types. Ada 4 jenis keyword match types di dalam Google Ads, yaitu broad matchphrase matchexact matchdan negative match

Gambar di bawah ini menunjukkan penggunaan dari masing-masing jenis keywordnya, kueri apa yang akan ditampilkan oleh iklan Anda, dan search terms yang akan muncul dari iklan Anda.

Di bawah ini, kita akan membahas lebih detail tentang masing-masing jenisnya untuk mempermudah Anda dalam memahami jenis jenis keyword dalam Google Ads dengan contoh dan konteksnya.

1. Broad Match

Sebuah keyword broad match adalah saat iklan Anda tampil di hasil pencarian untuk kueri yang berhubungan dengan makna atau arti keyword yang Anda targetkan. Jenis ini adalah jenis keyword default dari Google Ads dan akan berfungsi dengan baik dengan metode smart bidding.

Jika keyword yang Anda gunakan adalah iPhone case, maka iklan Anda akan muncul di kueri-kueri seperti apple phone caseiPhone case terbaik, dan phone case.

Keyword broadmatch membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas. Namun, pengunjung yang masuk ke website Anda akan cenderung tidak tersaring dengan baik karena keyword umum yang mereka gunakan berkaitan dengan keyword Anda.

Meski begitu, untuk tetap memastikan bahwa traffic yang masuk adalah traffic yang berkualitas, Google juga akan mempertimbangkan aktivitas pencarian dari seorang user, konten di landing page Anda, dan keyword-keyword lain di dalam ad group Anda.

2. Phrase Match

Phrase match keyword menampilkan iklan Anda di kuer-kueri yang memiliki arti yang sama dengan keyword Anda, atau bentuk yang lebih spesifik dari keyword Anda. Kata-kata tambahan bisa Anda tambahkan sebelum atau setelah keyword Anda, tetapi tidak di antara keyword. Penggunaannya adalah dengan menempatkan tanda petik di antara keyword Anda, seperti keyword.

Jika keyword phrase match Anda adalah “iPhone case”, maka iklan Anda akan muncul di kueri-kueri seperti beli iPhone case, iPhone case biru, diskon iPhone case, iPhone case murah, dan lain-lain.

Menggunakan keyword phrase match membuat iklan Anda akan tampil ke audiens yang lebih kecil. Namun, keyword Anda hanya ditampilkan dalam penelusuran yang menyertakan tujuan iklan Anda, sehingga audiensnya akan lebih tersaring.

Perlu diperhatikan bahwa jenis keyword modifier broad match sudah dihentikan oleh Google pada tahun 2021 dan parameter dari jenis keyword tersebut telah ditambahkan ke kriteria keyword phrase match.

Broad Match vs. Phrase Match

Perbedaan utama antara keyword broad dan phrase match adalah phrase match menjangkau audiens yang lebih kecil namun traffic yang dihasilkan akan lebih berkualitas. Sedangkan broad match mampu menjangkau audiens yang lebih luas, namun para pencari kueri di keyword yang Anda targetkan belum tentu sedang mencari produk Anda.

Jadi, jika search terms Anda adalah iPhone dan Anda menggunakan jenis keyword broad match, maka iklan Anda akan muncul jika pengguna mencari iPhone case, apple phone case, atau iPhone 11 case. 

Namun, jika Anda menggunakan phrase match, iklan Anda hanya akan muncul pada kueri iPhone case.

jenis jenis keyword

3. Exact Match

Jenis keyword exact match adalah kebalikan dari broad match, dan iklan Anda akan muncul hanya pada kueri-kueri yang sama persis dengan yang Anda targetkan dengan keywordnya. Hal ini bisa termasuk bentuk tunggal atau jamak, kesalahan pengejaan, dan singkatan.

Dengan jenis keyword ini, Anda akan menghasilkan pengunjung yang lebih berkualitas, namun juga jangkauan Anda akan semakin sedikit daripada broad dan phrase match. Penggunaannya adalah dengan menempatkan keyword Anda di dalam kurung siku, contohnya adalah [keyword].

Jika keyword yang Anda gunakan adalah [iPhone case], maka iklan Anda akan muncul pada kueri-kueri iPhone case dan case iPhone.

4. Negative Keyword

Negative keywird digunakan untuk mengecualikan iklan Anda dari kueri-kueri spesifik agar membantu Anda untuk fokus menjangkau audiens yang tepat. Iklan Anda akan tetap muncul di kueri-kueri yang relevan, namun tidak akan muncul untuk sebuah keyword yang Anda atur sebagai negative keyword.

jenis jenis keyword

Maksimalkan Bisnis Anda dengan Google Ads

Google Ads merupakan platform layanan iklan online yang menyediakan cara bagi bisnis untuk menayangkan iklan mereka di hasil pencarian Google dan di website lain yang menampilkan iklan Google. Menggunakan Google Ads dapat memberikan banyak manfaat bagi bisnis, termasuk:

  • Menarik lebih banyak traffic ke website: Iklan Google akan muncul di hasil pencarian Google sesuai dengan kata kunci yang Anda targetkan, sehingga memungkinkan lebih banyak orang melihat dan mengunjungi website Anda.
  • Menjangkau audiens yang tepat: Anda dapat menargetkan iklan Anda ke orang yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka lewat aktivitas pencarian mereka di mesin pencari Google, sehingga memungkinkan Anda untuk mencapai audiens yang lebih relevan dan terfokus.
  • Menguji dan mengoptimalkan iklan: Google Ads menyediakan fitur yang memungkinkan Anda untuk menguji dan mengoptimalkan iklan Anda dengan mudah, sehingga Anda dapat meningkatkan tingkat konversi dan efektivitas iklan Anda.
  • Menguasai hasil pencarian: Dengan menggunakan Google Ads, Anda dapat memastikan bahwa iklan Anda muncul di hasil pencarian Google di atas hasil organik (hasil yang tidak dibayar). Ini dapat membantu Anda meningkatkan visibilitas bisnis Anda dan menarik lebih banyak traffic ke website Anda.

Tertarik untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan produk Anda dengan Google Ads? Mari berkolaborasi bersama saya. Saya adalah seorang Digital & Performance Marketer yang telah memiliki pengalaman mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan berbagai brand.

Saya juga menyediakan jasa optimasi dan setup Google Ads untuk membantu bisnis Anda berkompetisi di dunia digital.

Anda bisa melihat hasil pekerjaan saya di sini. Jangan ragu untuk hubungi saya!

Author

Digital & Performance Marketing Specialist yang menyediakan berbagai jasa digital marketing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Mari berkolaborasi dengan saya!

Write A Comment

CARI JASA DIGITAL MARKETING?

Ingin meningkatkan penjualan & Brand Awareness produk Anda dengan Digital Marketing?
Mari berkolaborasi dengan saya!