Market Share Adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya – Anda tentunya sering mendengar istilah “pangsa pasar” atau “market share“, apa lagi di dalam dunia bisnis dan pemasaran. Sebenarnya, apa arti dari istilah tersebut? Mengapa pengukuran market share penting, dan bagaimana cara menghitungnya?

Jika Anda adalah seorang marketer, memahami market share adalah hal yang penting agar dapat mengetahui bagaimana peringkat perusahaan Anda dibanding kompetitor, serta mengembangkan strategi pemasaran baru untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan.

Dalam tulisan ini, kita akan membahas bersama mengenai apa itu market share, cara menghitungnya, beberapa contoh nyatanya, serta bagaimana cara meningkatkan market share Anda.

Daftar Isi

Market Share Adalah

Market share adalah persentase dari total penjualan suatu industri yang dimiliki oleh sebuah perusahaan tertentu.

Market share merupakan bagian dari total pendapatan industri perusahaan dari penjualan produk dan layanan. Perusahaan dengan market share yang lebih besar merupakan pemimpin industri dan menjadi kompetitor bagi perusahaan yang lebih kecil.

Sebagai contoh, jika seorang konsumen membeli 100 baju, 70 di antaranya dari Perusahaan A, 25 dari Perusahaan B, dan 5 dari Perusahaan C, maka Perusahaan A memiliki market share sebesar 70% dan merupakan kompetitor terbesar di industri tersebut.

Market share biasanya dihitung berdasarkan periode tertentu, seperti penjualan tahunan atau kuartalan, dan terkadang juga dibagi berdasarkan wilayah.

Cara Menghitung Market Share

Bagaimana cara menghitung market share? Caranya adalah dengan menemukan total pendapatan penjualan bisnis Anda untuk periode yang Anda pilih, kemudian membagi jumlah tersebut dengan total pendapatan industri Anda selama periode yang sama.

Setelah mendapatkan hasilnya, kalikan jumlah tersebut dengan 100 untuk menghasilkan persentase market share Anda.

Rumus Menghitung Market Share

Menghitung market share akan memberikan pemahaman secara keseluruhan tentang posisi perusahaan Anda di industri. Selain itu, hal ini juga bermanfaat untuk memahami bagaimana perusahaan Anda bisa bersaing dengan kompetitor lainnya.

Relative Market Share

Relative market share membandingkan kinerja perusahaan Anda dengan pemimpin di  industri Anda.

Caranya adalah dengan membagi market share perusahaan Anda dengan market share kompetitor teratas Anda, kemudian mengalikan hasilnya dengan 100.

Hasilnya akan menunjukkan bagian dari pasar yang dimiliki perusahaan Anda dibandingkan dengan kompetitor terbesar Anda. Rumus relative market share dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

market share adalah

Contoh Market Share

Berikut ini adalah beberapa contoh dari bisnis yang mungkin sudah Anda kenal, yang dapat membantu Anda memahami lebih baik mengenai market share.

Nike

Nike merupakan bagian dari industri sepatu dan pakaian olahraga, yang menjual berbagai peralatan olahraga, sepatu kasual, dan aksesoris.

Estimasi market share global Nike di bidang pakaian olahraga diperkirakan sebesar 43,7%. Brand tersebut merupakan kompetitor di industri yang sama bagi Adidas dan Under Armour.

Tesla

Tesla merupakan bagian dari industri otomotif dan menghasilkan kendaraan listrik (EV). Di industri EV di AS, Tesla memegang market share lebih dari 70%. Namun perlu diingat bahwa pasar EV di seluruh dunia jauh lebih kecil daripada kendaraan standar.

Market share EV di industri otomotif adalah 2,8%, sementara market share Tesla adalah 0,8%. Perbedaan-perbedaan ini cukup signifikan, sehingga penting untuk menganalisis relative market share untuk membandingkan perusahaan Anda dengan kompetitor langsung Anda, bukan hanya mengamati pasar secara keseluruhan.

Spotify

Spotify adalah platform streaming musik dan memiliki market share streaming musik terbesar dengan 31% dari pasar.

Market share kedua terbesar dimiliki oleh Apple Music (15%), diikuti oleh Amazon Music (13%), Tencent (13%), dan YouTube (8%).

Amazon

Amazon merupakan perusahaan e-commerce yang memiliki market share e-commerce di AS sebesar 37,8% dan merupakan toko online terkemuka di negara tersebut. Posisi kedua dimiliki oleh Walmart dengan 6,3%, dan posisi ketiga ditempati oleh Apple dengan 3,9%.

Google

Google memiliki market share sebesar 92,37%, sehingga menjadi mesin pencari terpopuler di dunia. Google 1.persaingan, karena pemimpin industri kedua terbesar adalah Bing dengan market share hanya 3,57%.

Setelah menghitung market share perusahaan Anda dan memahami bagaimana perusahaan Anda terkait dengan kompetitor lainnya di industri yang sama, Anda dapat mulai merencanakan cara meningkatkan pendapatan secara keseluruhan.

Cara Memperluas Market Share

Di bawah ini adalah beberapa strategi yang bisa digunakan oleh perusahaan Anda, untuk memperluas market share.

1. Harga yang Murah

Salah satu cara untuk bersaing di industri Anda adalah dengan menawarkan harga yang murah. Ini merupakan cara yang mudah untuk mengembangkan market share Anda karena konsumen biasanya mencari produk dengan harga yang lebih murah.

Namun, penting juga untuk diingat bahwa pilihan murah tidak selalu tepat untuk setiap brand. Anda juga harus memastikan bahwa Anda telah menetapkan harga produk dengan tepat untuk memberikan nilai kepada pelanggan.

2. Inovasi Produk dan Fitur Baru

Perusahaan yang mengembangkan inovasi dan membawa teknologi baru sering mengalami market share mereka meningkat.

Produk dan fitur baru akan menarik pelanggan baru, hal ini juga dikenal dengan istilah akuisisi, yang merupakan faktor penggerak untuk menghasilkan pendapatan.

Pelanggan baru akan membuat pembelian baru, dan pada akhirnya akan memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap marjin profit yang lebih tinggi dan kontribusi yang lebih besar terhadap pendapatan industri secara keseluruhan. Kontribusi yang lebih besar akan langsung berdampak menjadi peningkatan market share.

3. Puaskan Pelanggan Anda

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan market share Anda adalah dengan memanfaatkan hubungan bisnis dengan pelanggan Anda.

Anda dapat membuat program loyalitas pelanggan dengan memberikan customer experience yang baik dan loyalitas pelanggan yang menyenangkan pelanggan saat ini.

Pelanggan yang setia lebih mungkin melakukan pembelian yang berulang. Hal ini akan meningkatkan pendapatan bisnis Anda dan kontribusi terhadap pendapatan industri secara keseluruhan. Kontribusi pendapatan yang lebih tinggi juga akan meningkatkan persentase market share.

Baca Juga: Tren Customer Experience 2023

3. Meningkatkan Brand Awareness

Brand Awareness dan pemasaran nasional berperan penting dalam menangkap market share. Memperkenalkan brand Anda kepada orang lain sangatlah penting, sehingga pelanggan bisa mengenal siapa Anda.

Menjadi brand yang dikenal luas dan disukai di industri Anda akan membantu meningkatkan market share Anda. Perusahaan yang lebih besar biasanya memiliki market share tertinggi karena dapat memberikan produk dan jasa dengan lebih efisien dan efektif. Hal ini penting untuk mengetahui dampak market share pada perusahaan Anda.

Pentingnya Market Share bagi Bisnis

Menghitung market share dapat membantu perusahaan Anda mengetahui seberapa kompetitif Anda di industri. Selain itu, perusahaan yang memiliki market share yang lebih besar cenderung lebih inovatif, menarik, dan mudah untuk menjual produk-produk mereka.

Market share lebih penting di industri yang pendapatannya tergantung pada intensi seseorang untuk membeli produk.

Namun, market share tidak selalu memiliki pengaruh yang besar di industri yang terus tumbuh. Walaupun demikian, perlu diingat bahwa suatu perusahaan bisa memiliki market share yang terlalu besar sehingga menjadi monopoli.

Sebagai contoh, di dalam industri yang terus berkembang dengan market share yang terus bertambah, perusahaan masih bisa meningkatkan penjualan mereka meskipun mereka kehilangan sebagian market share.

Persaingan yang semakin ketat juga seringkali mendorong perusahaan untuk mengambil risiko dengan strategi yang agresif. Misalnya, perusahaan mungkin bersedia merugi sementara waktu demi menyingkirkan kompetitor dari industri dan meningkatkan market share mereka. Setelah market share mereka meningkat, perusahaan tersebut bisa menaikkan harga produk atau jasa yang ditawarkan.

Penutup

Jika market share Anda rendah, maka Anda perlu lebih fokus menggaet pelanggan baru, melakukan pemasaran untuk meningkatkan brand awareness Anda, serta memikirkan strategi lain untuk meningkatkan pendapatan.

Namun, jika market share Anda tinggi, maka rencana yang sedang Anda jalankan sudah cukup efektif dan sebaiknya Anda fokus pada menjaga kepuasan pelanggan serta mengembangkan produk baru.

Jika perusahaan Anda sudah terkenal atau baru saja memulai, penting untuk mengetahui posisi Anda di industri. Hal ini akan membantu Anda mencapai tujuan bisnis dan meraih kesuksesan yang diharapkan.

Author

Digital & Performance Marketing Specialist yang menyediakan berbagai jasa digital marketing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Mari berkolaborasi dengan saya!

Write A Comment

CARI JASA DIGITAL MARKETING?

Ingin meningkatkan penjualan & Brand Awareness produk Anda dengan Digital Marketing?
Mari berkolaborasi dengan saya!