20+ Pertanyaan tentang Digital Marketing yang Sering Diajukan dan Jawabannya – Digital marketing adalah salah satu area yang terus menerus mengalami perkembangan di dunia bisnis online. Selain itu, digital marketing juga diprediksikan akan mendominasi pemasaran bisnis baik itu bisnis skala kecil maupun skala besar.

Meski begitu, ada beberapa perusahaan dan bisnis yang masih meragukan peran digital marketing untuk perkembangan bisnis mereka. Maka dari itu, banyak pertanyaan-pertanyaan seringkali bermunculan.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar digital marketing yang sering diajukan, artikel ini akan merangkum beberapa pertanyaan tersebut beserta jawabannya. Simak sampai selesai!

Daftar Isi

20+ Pertanyaan tentang Digital Marketing

1. Apakah Social Media Marketing bisa benar-benar membantu bisnis? 

Tentu saja! Hal ini telah dibuktikan secara terus menerus oleh berbagai bisnis. Faktanya, Anda bisa membahayakan kelangsungan bisnis Anda jika tidak memanfaatkan media sosial. Karena, memiliki online presence di media sosial adalah hal yang wajib dilakukan brand-brand saat ini untuk tetap terus terhubung dengan pelanggan-pelanggan mereka.

2. Apa manfaat Social Media Marketing untuk perusahaan?

Media sosial telah mengubah cara komunikasi pelanggan dengan bisnis Anda, dan sebaliknya. Menjadi brand yang mudah diakses untuk pelanggan dan prospek bisnis Anda via media sosial adalah aspek penting dari menumbuhkan hubungan dengan mereka dan membantu mereka melewati marketing funnel dari bisnis Anda.

3. Bagaimana cara perusahaan mengukur keberhasilan Social Media Marketing?

Keberhasilannya adalah dengan mengukur metriks yang sama yang Anda gunakan untuk aktivitas marketing yang lain seperti traffic, leads, dan pelanggan. Menghitung jumlah fans atau followers yang Anda miliki juga bisa membantu Anda lebih memahami tipe audiens Anda dan jangkauan media sosial Anda.

Namun, hal penting yang menentukan kesuksesannya adalah berapa jumlah orang yang mengunjungi website Anda, berapa dari jumlah tersebut adalah leads yang berkualitas, dan berapa dari leads tersebut bisa terkonversi menjadi pembeli/pelanggan.

4. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk Social Media Marketing? Bagaimana ROI-nya? 

Satu hal yang pasti adalah, social media marketing tidaklah gratis. Akan selalu ada harga yang Anda bayar entah itu Anda menghabiskan waktu dalam aktivitasnya, memiliki karyawan untuk mengerjakannya, atau memepekerjakan sebuah agency.

Kuncinya adalah untuk mendapatkan ROI maksimal dari jumlah uang yang Anda keluarkan untuk social media marketing. Perlu diingat bahwa ROI tidak selamanya berarti sebagai pemasukan. ROI bisa juga diartikan sebagai mendapatkan leads baru, meningkatkan jumlah pelanggan email, atau bahkan meningkatkan kepuasan pelanggan. ROI yang Anda hasilkan adalah hasil langsung dari bagaimana fokus strategi Anda di social media marketing.

Baca Juga: Cara Menghitung ROI Digital Marketing

5. Platform media sosial mana yang harus dimiliki oleh sebuah bisnis? 

Tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini. Karena, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan dimana tempat pelanggan Anda sering menghabiskan waktu mereka. Masing-masing bisnis memiliki audiens dan perilaku yang berbeda-beda.

Satu demografik tertentu mungkin bisa menghabiskan waktu lebih lama di Facebook, sedangkan demografik lainnya mungkin lebih mudah berinteraksi di LinkedIn.

Ikutilah dimana audiens Anda berada, dan tempatkan bisnis Anda di sana.

6. Apakah harus mencoba channel baru seperti TikTok?  

Selalu ada ruang untuk kemajuan brand, termasuk mencoba platform media sosial yang baru. TikTok biasanya digunakan oleh audiens yang lebih muda, dan akan ada banyak peluang untuk memperkenalkan brand Anda di platform tersebut.

Jangan ragu untuk berpikir kreatif dan outside the box untuk menghasilkan konten yang engaging bagi audiens Anda di TikTok. Konten yang menarik adalah salah satu cara menaikkan followers TikTok dengan efektif.

7. Apakah membutuhkan sebuah blog dalam aktivitas Social Media Marketing?

Adanya sebuah blog merupakan keharusan dalam aktivitas Social Media Marketing. Dengan adanya blog akan memiliki manfaat seperti meningkatkan kredibilitas perusahaan Anda sebagai pakar di industri Anda, Anda juga bisa memproduksi konten-konten yang kaya akan keyword yang akan muncul di mesin pencarian pengguna.

Selain itu, blog juga merupakan komponen vital dari Social Media Marketing. Salah satu jenis konten yang efektif untuk diposting di media sosial adalah sebuah konten yang memiliki hubungan link dengan sebuah postingan blog. Tanpa adanya postingan blog yang dibuat secara rutin, Anda tidak akan memiliki topik yang akan dibagikan ke followers Anda. Anda juga tidak akan mendapatkan traffic ke website secara reguler setiap harinya.

8. Social Media Marketing lebih baik untuk bisnis B2B atau B2C? 

Penting bagi semua bisnis, dengan cara yang berbeda-beda. Bisnis B2C bisa fokus menggunakan media sosial untuk membagikan konten yang ringan, menghibur, dan sebagainya. Sedangkan bisnis B2B perlu menggunakan media sosial untuk membagikan konten yang berharga bagi industri mereka. Media sosial adalah hal yang penting dan vital sebagai alat untuk menghubungkan bisnis dengan pelanggannya.

9. Bagaimana cara menggunakan Facebook untuk marketing?

Facebook adalah platform media sosial yang memiliki miliaran pengguna di seluruh dunia. Gunakan platform tersebut untuk terhubung dan berinteraksi dengan audiens Anda, dan membagikan konten yang mendorong pengikut Anda untuk membagikannya ke teman-teman mereka.

10. Bagaimanca cara menggunakan Twitter untuk marketing? 

Twitter memiliki jumlah pengguna sebanyak 313 juta pengguna di seluruh dunia dan platform tersebut cocok untuk membagikan konten Anda dan terhubung dengan influencer lainnya di industri Anda.

11. Bagaimana cara menggunakan LinkedIn untuk marketing? 

LinkedIn memiliki lebih dari 467 juta pengguna. Platform ini merupakan tempat yang tepat untuk membagikan kredensial dan keahlian bidang industri Anda. Dengan menggunakan LinkedIn, Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dan berkontribusi langsung dalam diskusi-diskusi untuk menunjukkan keahlian Anda di bidang industri Anda.

12. Apakah YouTube penting untuk marketing?

Video menjadi hal yang penting dalam dunia Social Media Marketing. YouTube mendapat lebih dari 4 milia views per hari! Promosikan citra brand Anda lewat video, beritahu audiens Anda tentang latar belakang bisnsi Anda, atau video-video tutorial lainnya.

13. Apakah blogger outreach penting untuk Social Media Marketing? 

Guest blogging adalah salah satu cara penjangkauan yang efektif untuk dibahas. Meski begitu, media sosial juga bisa membantu Anda menjangkau secara signifikan. Terhubunglah dengan influencer di industri Anda via media sosial, kemudian bangunlah hubungan dengan mereka lewat obrolan dan baantu mereka mempromosikan konten mereka.

Membangun sebuah hubungan dengan cara ini sebelum melakukan guest blogging bisa meningkatkan kesempatan sukses Anda.

14. Bagaimana agar bisa mengendalikan brand secara online dengan Social Media Marketing?

Mengendalikan brand Anda relatif tidak mungkin untuk dilakukan. Orang-orang akan membicarakan tentang brand Anda secara online, dan tidak ada cara Anda untuk mengendalikan apa yang mereka katakan.

Namun, yang bisa Anda lakukan adalah bergabung dengan pembicaraan tersebut, dan memengaruhi mereka dengan cara menjadi bagian dari mereka. Dari mulai review negatif sampai ke komplain pelanggan di Twitter, cara untuk memengaruhi persepsi audiens tentang brand Anda adalah dengan berpartisipasi di obrolan mereka dan mengarahkan mereka ke arah pembicaraan yang Anda tujukan.

15. Apakah setiap divisi di perusahaan harus memiliki inisiatif dalam Social Media Marketing? 

Aktivitas media sosial dari sebuah perusahaan tidak harus datang dari satu tempat saja. Namun, aktivitasnya juga perlu dikoordinasikan, dan itu bisa sulit dilakukan jika setiap departemen melakukan urusan mereka sendiri. Memberikan komunikasi yang berbeda-beda bisa menyebabkan kebingungan bagi pelanggan. Konsistensi adalah kuncinya.

16. Apa tipe konten media sosial yang menghasilkan konversi terbaik? 

Seperti halnya pertanyaan nomor 5, hal ini bergantung pada audiens Anda. Cara terbaik untuk mengetahui tipe konten apa yang bisa menghasilkan konversi bagi bisnis Anda adalah dengan mengetes, mengulik, dan mengetes lagi sampai Anda menemukan cara dan formula yang tepat.

17. Berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk Social Media Marketing dalam seminggu?

Timing adalah segalanya di dalam aktivitas Social Media Marketing. Kabar baiknya adalah, dengan menggunakan media sosial Anda memiliki peluang untuk menjangkau audiens spesifik Anda secara real-time. Meski ada banyak alat yang dapat Anda gunakan untuk menjadwalkan dan mengotomatiskan posting untuk menghemat waktu, Anda juga respon harus melacak aktivitas di akun media sosial Anda sepanjang hari, sehingga Anda dapat memberikan tanggapan yang tepat waktu untuk pertanyaan audiens. dan komentar.

18. Berapa lama untuk mendapatkan hasil dari Social Media Marketing? 

Dengan media sosial yang terus menerus berkembang, hal ini bergantung pada variabel-variabel lain seperti waktu dan usaha yang Anda keluarkan untuk manajemen Social Media Marketing, anggaran Anda, audiens Anda, strategi Anda, dan apakah Anda menggunakan iklan atau tidak. Terlepas dari itu, penting untuk diingat bahwa media sosial adalah sebuah maraton, bukan balapan.

19. Apa kesalahan umum yang sering dilakukan sebuah bisnis dalam Social Media Marketing?

Salah satu kesalahan terbesarnya adalah tidak konsisten, termasuk Anda tidak posting konten secara reguler, dan tidak merespon ketika audiens berinteraksi. Kesalahan lainnya adalah menggunakan media sosial hanya sebagai tempat untuk memposting konten Anda, tanpa pernah terlibat di diskusi langsung atau berinteraksi dengan audiens Anda.

20. Apa tips umum untuk kesuksesan media sosial?

Posting secara konsisten. Biarkan passion dan kepribadian Anda menonjol. Berinteraksi dalam pembicaraan audiens. Menjawab pertanyaan. Memproduksi konten berkualitas secara gratis, dan jadilah kreatif.

Pertanyaan Digital Marketing dan Jawabannya

Beri waktu untuk usaha digital marketing Anda agar mendapatkan hasil yang efektif, kemudian buatlah strategi untuk meningkatkan penjualan. Dengan begitu, Anda akan mengetahui apakah semua usaha Anda berjalan sesuai rencana atau tidak.

Jika Anda telah memiliki bisnis dan tertarik untuk meningkatkan penjualan lewat digital marketing, jangan ragu untuk menggunakan jasa digital marketing dan jasa iklan saya.

Saya adalah seorang digital & performance marketer profesional yang memiliki pengalaman membantu lebih dari 15 brand dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis dan penjualan mereka secara digital.

Saya dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda dengan lebih cepat dan efisien secara digital. Ayo mulai optimalkan pemasaran digital Anda bersama saya sekarang juga! Mari bekerjasama dengan klik link ini.

Author

Digital & Performance Marketing Specialist yang menyediakan berbagai jasa digital marketing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Mari berkolaborasi dengan saya!

Write A Comment

CARI JASA DIGITAL MARKETING?

Ingin meningkatkan penjualan & Brand Awareness produk Anda dengan Digital Marketing?
Mari berkolaborasi dengan saya!