Dalam dunia blog dan content marketing, produksi konten artikel adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Selain konsistensi untuk memproduksi artikel-artikel yang berkualitas, tuntutan kompetisi dari blog lain yang semakin besar juga menjadi acuan untuk para pemilik blog dan website.

Untuk menyeimbangkan tuntutan tersebut, para blogger memiliki sebuah “jalan pintas” agar dapat terus memproduksi artikel untuk blog mereka. Salah satunya adalah dengan menggunakan tool artikel spinner.

Daftar Isi

Apa itu Artikel Spinner?

Article spinning merupakan sebuah aktivitas yang bertujuan untuk membuat konten baru dari konten yang telah ada sebelumnya. Sedangkan artikel spinner adalah tool yang digunakan untuk membantu dan memfasilitasi aktivitas tersebut.

Singkatnya, artikel spinning adalah kegiatan daur ulang artikel. Hasil akhir dari aktivitas ini biasa disebut dengan spun article.

Aktivitas artikel spinning banyak digemari oleh para pembuat konten dan blogger. Karena permintaannya cukup banyak, maka para developer-developer software juga berlomba-lomba untuk menciptakan tool artikel spinner. Fiturnya pun beragam, mulai dari yang memiliki teknologi minimalis, hingga memiliki fitur canggih seperti AI (Artificial Intelligence).

Beragam tool tersebut dibuat dengan satu tujuan, yaitu untuk membantu para pengguna agar dapat membuat artikel yang unik dengan cepat. Dengan artikel spinner, kita hanya membutuhkan satu klik untuk menghasilkan banyak artikel original.

Meski begitu, tool ini juga memiliki kekurangan. Apa saja kekurangannya?

Manfaat Menggunakan Artikel Spinner

Sebelum membahas tentang kekurangan menggunakan artikel spinner, mari kita bahas manfaatnya terlebih dahulu. Tool ataupun software ini sangat mudah ditemukan dan beragam jenisnya. Mulai dari gratis hingga berbayar dengan berlangganan.

Salah satu manfaat dari artikel spinner adalah kecepatannya. Tool ini memungkinkan kita untuk mendapatkan ratusan artikel yang telah didaur-ulang hanya dalam beberapa detik saja. Selain itu, hasil dari artikel spinner tersebut juga dianggap sebagai artikel original oleh Google. Sehingga, proses membangun backlink untuk website akan menjadi lebih cepat.

Beberapa tool artikel spinner juga cenderung mudah dipakai. Kita hanya perlu untuk menyalin dan menempel teks artikel dan mengklik tombol “spin”. Secara biaya, tool ini juga cenderung murah.

Itulah 3 poin manfaat dari artikel spinner. Cepat, mudah, dan murah.

Bagaimana dengan kekurangannya?

Kekurangan Menggunakan Artikel Spinner

Hampir seluruh hasil dari artikel spinner sulit untuk dibaca oleh manusia. Sehingga, hal ini akan menyebabkan pengunjung blog kita merasa tidak nyaman dan menimbulkan bounce rate yang tinggi. Jika hal ini dibiarkan, algoritma mesin pencari juga akan menjadi buruk dan dianggap tidak ramah dengan SEO.

Selain itu, hasil artikel spinner berbahasa Inggris juga seringkali berujung pada penalti website. Google telah memahami pola ini dan kerap memasukkannya ke dalam kategori yang bahkan jauh lebih buruk dari konten plagiasi.

Cara Spin Artikel

Jika seperti itu faktanya, lalu apa yang bisa kita lakukan?

Ada 2 metode artikel spinner yang masih bisa kita lakukan dalam membuat artikel berkualitas:

  • Jangan lakukan automatic spinning, gunakanlah metode tulis ulang (rewriting)
  • Gunakan hanya untuk artikel berbahasa Indonesia

Beberapa blogger melaporkan bahwa hasil dari rewriting dalam bahasa Indonesia lebih disukai oleh para pembaca. Yang terpenting, artikel tersebut mampu menghasilkan peringkat yang tinggi di mesin pencari.

Metode rewriting dianggap mampu menghemat waktu dalam pembuatan artikel yang unik dan berkualitas. Alih-alih menggunakan jasa penulisan artikel dan artikel spinner, metode rewriting adalah alternatif terbaik dengan hasil yang tidak kalah berkualitas.

Langkah-langkah Membuat Artikel Bahasa Indonesia

Sebagai seorang blogger, tentunya kita ingin membuat artikel dengan unik, mampu bersaing di mesin pencari, dan bisa terbaca oleh manusia. Bagaimana langkah-langkahnya? Ikuti langkah-langkah berikut ini!

  • Pertama, tentukan kata kunci dari artikel yang akan kita buat.
  • Kedua, gunakan mesin pencarian selain Google untuk mencari sumber artikel yang ingin dimodifikasi. Kita bisa menggunakan Bing atau DuckDuckGo.

Ketiga, buka beberapa link website dari kata kunci tersebut, dan pelajari isinya secara singkat. Kita bisa menyortir beberapa pilihan artikel tersebut dengan kriteria sebagai berikut. Ambil 3-4 sumber artikel yang ingin dimodifikasi.

Sisihkan konten yang:

  • Memiliki kualitas rendah. Terkadang artikel yang memiliki kualitas yang buruk bisa terlihat dari sejak paragraf pertama.
  • Bersifat personal. Menggunakan sudut pandang kata penulis seperti aku, saya, kamu, dan sebagainya.
  • Berasal dari bukan Top Level Domain (TLD). Artikel dari domain-domain yang bukan dari TLD dinilai sebagai artikel yang tidak kredibel dan tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Ambil artikel yang:

  • Nyaman dibaca. Jelas dan memperhatikan bahasa-bahasa EYD atau PUEBI.
  • Berasal dari website yang memiliki TLD atau DA yang tinggi.

Keempat, mulailah modifikasi beberapa paragraf dari sumber artikel tersebut. Artikel yang berkualitas cenderung memiliki paragraf yang mampu berdiri sendiri. Dengan kata lain, paragraf dari artikel tersebut mampu dirangkai dan digabungkan dengan paragraf artikel lain.

Kelima, buatlah 50-80 kata untuk paragraf pembuka secara manual, tanpa bantuan dari artikel lain. Paragraf pembuka yang unik adalah kunci dari metode rewriting. Di bagian ini, kita juga dapat membuat kalimat pembuka dengan menyisipkan kata kunci agar artikel kita lebih SEO-friendly.

Keenam, mulailah gabungkan paragraf pembuka di tahap kelima dengan paragraf lain dari tahap keempat. Setelah itu, masukkan artikel kita ke tool artikel spinner atau rewriter.

Ketujuh, dengan menggunakan tool artikel spinner, kita dapat mengoreksi kata per kata secara cepat dan manual. Dengan begitu, waktu yang digunakan juga tidak lama.

Kedelapan, cek hasil artikel yang telah kita buat dengan membaca kembali secara teliti.

Kesembilan, periksa keunikan artikel kita dengan menggunakan online plagiarism checker seperti Copyscape atau SmallSEOTools. Keunikan artikel yang ideal adalah 75%. Jadi, usahakan keunikan artikel kita harus di atas angka tersebut.

Kesepuluh, artikel siap diterbitkan.

7 Tools Artikel Spinner Bahasa Indonesia Terbaik

Metode rewriting memang cukup melelahkan bagi sebagian orang. Di samping harus menggabungkan beberapa sumber, mengoreksi artikel kita agar lolos plagiasi juga merupakan tantangan tersendiri.

Jika kita tetap memilih metode penggunaan artike spinner, maka berikut 7 rekomendasi artikel spinner bahasa Indonesia terbaik!

  1. Prepostseo
  2. Spinner.id
  3. Best Spinner
  4. Satya Pratisna
  5. Indospinner
  6. TheArticleSpinner
  7. Rewrite Spinner

Semoga artikel ini bermanfaat!

Author

Digital & Performance Marketing Specialist yang menyediakan berbagai jasa digital marketing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Mari berkolaborasi dengan saya!

Write A Comment

CARI JASA DIGITAL MARKETING?

Ingin meningkatkan penjualan & Brand Awareness produk Anda dengan Digital Marketing?
Mari berkolaborasi dengan saya!