5 Rekomendasi Template WordPress untuk Instansi Pemerintah – Untuk menjalankan sebuah website yang professional, tampilan yang menarik sangatlah penting. Salah satu cara untuk membuat website Anda terlihat lebih baik adalah dengan menggunakan template yang tepat. Jika Anda adalah seorang administrator website untuk sebuah instansi pemerintah, Anda mungkin ingin mencari template WordPress yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Template WordPress adalah desain atau pola yang dapat Anda gunakan untuk mengubah tampilan website Anda. Ada banyak template WordPress yang tersedia, dan Anda dapat menggunakan salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa template bersifat gratis, sementara yang lain dapat dibeli.

Template WordPress untuk instansi pemerintah biasanya memiliki desain yang sederhana dan profesional. Mereka juga biasanya memiliki fitur-fitur yang berguna untuk website pemerintah, seperti halaman kontak, informasi tentang layanan publik, dan lain-lain. Beberapa template juga menyediakan ruang untuk menampilkan berita terbaru dan pengumuman penting.

Memilih template yang tepat dapat membantu Anda menciptakan situs web yang terlihat profesional dan mudah dinavigasi. Ini juga dapat membantu Anda meningkatkan fungsi situs web Anda dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung. Jadi, pastikan untuk memilih template WordPress yang sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai seorang administrator website instansi pemerintah.

Apa pun jenis website pemerintah yang ingin Anda buat, template WordPress berikut ini akan membantu Anda mengaktifkan dan menjalankan online presence baru Anda secepat mungkin.

Daftar Isi

Tips Memilih Template WordPress untuk Instansi Pemerintah

Untuk memilih template WordPress yang sesuai untuk instansi pemerintah, pertama-tama pertimbangkan kebutuhan dan tujuan dari website tersebut. Hal ini penting agar template yang dipilih dapat mendukung fitur dan fungsi yang diperlukan. Selain itu, pastikan bahwa template yang dipilih memenuhi standar aksesibilitas dan kepatuhan terkait dengan penggunaan website oleh instansi pemerintah.

Kemudian, pastikan bahwa template yang dipilih memiliki tampilan yang profesional dan mudah untuk digunakan. Ini akan membantu memudahkan pengunjung untuk menavigasi website dan menemukan informasi yang mereka cari.

Selain itu, cari template yang memiliki dukungan dan update rutin dari pengembangnya. Ini akan memastikan bahwa template tersebut dapat berjalan dengan baik di masa mendatang dan dapat menangani perubahan atau perkembangan teknologi.

Terakhir, pastikan untuk membaca ulasan dan umpan balik dari pengguna lain sebelum memilih template WordPress untuk instansi pemerintah. Ini akan memberikan gambaran tentang kualitas dan kepuasan pengguna terhadap template yang sedang Anda pertimbangkan.

5 Rekomendasi Template WordPress untuk Instansi Pemerintah

Anda dapat mencari template WordPress yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan website instansi pemerintah melalui berbagai sumber, seperti website pengembang template, forum online, atau dengan mencari di mesin pencari seperti Google. Pastikan untuk mempertimbangkan faktor-faktor yang disebutkan di atas sebelum memilih template WordPress untuk instansi pemerintah.

1. TheGov

template wordpress untuk instansi pemerintah

TheGov adalah template WordPress pemerintah kota dan kota dengan desain yang sangat modern.

Demo website pre-built dari TheGov telah dirancang dengan standar yang sangat tinggi untuk memastikan bahwa website pemerintah Anda memiliki tampilan yang menarik dan profesional. Tata letak homepagenya mencakup banyak elemen yang dapat Anda akses dengan tema paling populer dari WordPress. Beberapa contoh termasuk tampilan gambar layar penuh yang besar, widget waktu dan cuaca lokal, dan slider testimonial. Anda juga dapat menampilkan logo mitra di beranda serta menyematkan slider foto dan video.

Selain tata homepage, TheGov hadir dengan banyak template berguna lainnya untuk membantu Anda mengisi website Anda dengan konten bermanfaat secara cepat. TheGov juga memiliki dukungan manajemen acara, memberi Anda opsi untuk menerbitkan acara dan tanggal-tanggal penting. Fungsionalitas ini didukung oleh plugin Events Manager yang populer, memastikan Anda dapat mengelola bagian website ini sesuai keinginan Anda.

Fitur lain yang termasuk dalam paket TheGov atau didukung oleh template ini adalah plugin pembuat halaman Elementor yang sangat berguna, fitur pembuatan slideshow Slider Revolution premium, dan plugin e-commerce WooCommerce. Dengan fitur-fitur ini, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan konten demo TheGov sambil juga memiliki opsi untuk menerima pembayaran di website Anda.

Dengan banyak pilihan template dan desain yang stylish, TheGov dapat membantu Anda meluncurkan website pemerintah Anda sendiri dengan WordPress.

Download TheGov di sini.

2. CityGov

CityGov memberi Anda tiga demo website lengkap untuk dipilih sebagai projek pemerintah online Anda.

Ketiga demo tersebut cukup berbeda untuk memberi Anda pilihan nyata saat memutuskan bagaimana tampilan website Anda. Selain memiliki desain yang berbeda, demonya memiliki tujuan yang sedikit berbeda satu sama lain, menjadikan CityGov ideal untuk membuat website untuk kota kecil, kota besar, organisasi nirlaba, dan organisasi terkait pemerintah lainnya.

Karena CityGov sangat fleksibel baik dari segi tampilan maupun fitur, Anda dapat mengonfigurasi template ini agar berfungsi sesuai keinginan Anda tanpa terlalu banyak usaha. Untuk membantu Anda mengendalikan desain website Anda, CityGov telah dibuat untuk bekerja dengan plugin pembuat halaman Elementor yang populer. Dengan begitu, Anda dapat membuka template untuk diedit melalui sistem drag-and-drop yang simpel. Kemudian, jika Anda ingin mengubah menu, struktur website, atau sistem pengorganisiran konten, Anda dapat melakukannya melalui pengaturan tema dan control panel.

Selain kompatibilitas pembuat halamannya, CityGov juga mendukung plugin Give WP, plugin ini dapat membantu Anda mengumpulkan dana untuk proyek Anda dengan banyak cara. Oleh karena itu, jika Anda merasa akan melakukan penggalangan dana melalui website Anda, baik sekarang atau di masa mendatang, fitur CityGov yang satu ini haruslah menarik. Jika Anda memilih CityGov, website Anda juga dapat diterjemahkan ke dalam lebih dari satu bahasa pemrograman dengan memasang plugin WPML. Jika Anda perlu memublikasikan konten Anda dalam berbagai bahasa, maka fitur ini layak untuk Anda coba.

CityGov juga dapat membantu Anda mempromosikan acara yang akan datang di website pemerintah Anda, melalui kompatibilitas dengan plugin Events Manager. Fungsi lain yang dapat Anda tambahkan ke website adalah area unduhan dimana pengunjung Anda dapat mengakses berbagai file yang dapat Anda kelola melalui plugin WordPress Download Manager yang terintegrasi.

CityGov memiliki kombinasi template dan fitur yang bagus untuk mencakup berbagai website pemerintah.

Download CityGov di sini.

3. Wordbench

template wordpress untuk instansi pemerintah

Wordbench dirancang secara spesifik ditujukan untuk website pemerintah daerah.

Jika Anda perlu membuat website untuk pedesaan, perkotaan, cabang pemerintah setempat, atau jenis projek serupa lainnya, ada baiknya Anda memeriksa Wordbench. Meskipun Wordbench hanya tersedia dalam dua variasi, template dari kedua opsi ini dikemas dengan fitur dan elemen yang dapat disesuaikan dengan mudah untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Jika Anda melihat template homepage Wordbench, Anda akan segera melihat betapa fleksibelnya template ini. Dalam keadaan default, template ini berisi spanduk selamat datang, kotak pencarian, panel berita terbaru, daftar acara mendatang, tautan ke dokumen penting, dan banyak lagi. Jika Anda tidak memerlukan elemen-elemen ini di website Anda, Anda dapat dengan mudah menghapusnya melalui interface visualnya. Fitur lain dari Wordbench juga termasuk pembuat direktori, penyimpanan dokumen, promosi layanan, dan banyak lagi.

Download Wordbench di sini.

4. City Government

City Government memiliki performa yang baik untuk membuat website besar dan kecil, hanya dengan beberapa halaman atau banyak konten.

Meskipun tema City Government hanya memiliki dua demo website dan homepage layout, template ini dapat dikonfigurasi dengan berbagai cara. Baik Anda membuat website besar untuk departemen pemerintah yang besar atau situs yang lebih kecil untuk satu instansi, City Government dapat bekerja dengan baik untuk kedua jenis projek tersebut karena fleksibilitas dan kumpulan template-nya.

Selain memilih halaman mana dari demo yang akan ditayangkan di website Anda, Anda juga dapat menggunakan plugin WPBakery Page Builder yang disertakan untuk menyesuaikan konten demo. Plugin ini mempermudah Anda dalam menambahkan halaman baru dengan layout khusus.

Jika Anda ingin menggalang dana untuk partai politik atau tujuan lainnya, Anda dapat menggunakan plugin donasi yang disertakan dengan template ini. Anda juga dapat menggunakan template donasi untuk menampilkan detail dan status kampanye penggalangan dana Anda untuk mendorong lebih banyak pengunjung Anda untuk memberikan donasi.

Fitur lain yang berguna dari template ini adalah fungsi booking janji temu dan fungsionalitas manajemen. Fitur terintegrasi ini memberi Anda opsi untuk memungkinkan pengunjung Anda menjadwalkan janji temu untuk kunjungan dan alasan lainnya, menjadikan website Anda lebih interaktif dan lebih bermanfaat bagi audiens Anda.

City Government telah diperbarui secara berkala selama bertahun-tahun untuk memberi Anda desain modern dan serangkaian fitur yang mudah untuk digunakan.

Download City Government di sini.

Baca Juga: Cara Membuat Pop Up Website dengan Mudah

5. Pressvile

template wordpress untuk instansi pemerintah

Pressville digambarkan sebagai template WordPress modern yang dapat menangani acara, direktori, dan manajemen dokumen.

Template ini telah dibangun dengan mempertimbangkan kota-kota kecil dan menengah dan kotamadya. Oleh karena itu, jika Anda ingin membuat website pemerintah atau otoritas lokal, Anda dapat memastikan bahwa Pressville akan bekerja dengan baik untuk proyek Anda. Secara keseluruhan, desain Pressville terlihat profesional, memastikan website pemerintah daerah Anda memiliki tampilan yang tepat untuk target audiens Anda. Tiga layout homepage yang berbeda-beda akan berguna dan berfungsi dengan baik sebagai titik awal website Anda, tergantung pada jenis website apa yang ingin Anda buat.

Layout homepage demo utama sangat cocok untuk menampilkan berbagai informasi dan konten, termasuk berita terbaru, acara mendatang, dan tautan ke dokumen terbaru yang telah diunggah ke website Anda. Dua layout homepage lainnya memiliki lebih dari satu fokus — satu dibuat hanya untuk menampilkan acara yang akan datang sementara yang lain dirancang untuk menampilkan dokumen yang dapat diunduh audiens Anda.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Pressville memiliki dukungan yang baik untuk menerbitkan acara di website Anda. Oleh karena itu, jika Anda ingin membuat website yang akan mempromosikan acara pemerintah atau lokal, tema ini dapat sangat membantu Anda. Template ini juga berfungsi dengan baik untuk menerbitkan dokumen secara online. Jadi, jika Anda ingin membuat file yang diunduh, seperti formulir permohonan dan kebijakan pemerintah, file-file tersebut akan tersedia dengan mudah dari website Anda.

Download Pressvile di sini.

Penutup

Dengan semakin banyaknya instansi pemerintah yang memiliki website, memilih template WordPress yang tepat menjadi hal yang penting agar website tersebut dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat serta mudah untuk digunakan.

Dengan memilih salah satu dari rekomendasi template WordPress di atas, instansi pemerintah dapat membuat website yang profesional dan mudah digunakan, serta dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Author

Digital & Performance Marketing Specialist yang menyediakan berbagai jasa digital marketing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Mari berkolaborasi dengan saya!

CARI JASA DIGITAL MARKETING?

Ingin meningkatkan penjualan & Brand Awareness produk Anda dengan Digital Marketing?
Mari berkolaborasi dengan saya!