Virtual Account adalah Metode Pembayaran yang Lebih Cepat dan Aman – Virtual Account adalah salah satu metode pembayaran digital yang belakangan ini seringkali digunakan oleh khalayak umum. Kepraktisan dan keamanan sistemnya menjadi alasan terbesar mengapa metode tersebut banyak digunakan.

Bahkan, sebagai opsi pembayaran, Virtual Account juga turut mendukung ekosistem ekonomi digital Indonesia yang saat ini terus menerus berkembang. Riset kolaboratif dari Bain, Google, dan Temasek pada tahun 2020 menyebutkan bahwa Indonesia berpeluang menjadi negara dengan perkembangan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Jadi sebagai pebisnis, Anda perlu tahu lebih banyak tentang Virtual Account, sebagai infrastruktur penting untuk ekosistem ekonomi digital. Dengan memahaminya, Anda dapat mempertimbangkan metode Virtual Account untuk melengkapi metode pembayaran digital Anda.

Daftar Isi

Apa itu Virtual Account?

Virtual Account adalah metode pembayaran digital melalui rekening yang dibuat secara virtual untuk setiap pelanggan. Untuk melakukan pembayaran, pelanggan akan dirujuk ke Virtual Account masing-masing.

Virtual Account terdiri dari nomor ID pelanggan yang unik. Artinya, tidak akan ada nomor Virtual Account yang sama persis antara satu pelanggan dengan pelanggan lainnya. Jadi, setiap transaksi dapat diidentifikasi secara otomatis untuk pelanggan yang berbeda. Setelah transaksi selesai, mereka tidak perlu mengirimkan bukti transfer lagi.

Bagaimana Cara Virtual Account Bekerja

Perlu diingat bahwa cara kerja Virtual Account berbeda dengan rekening tabungan biasa.

Untuk melakukan transaksi dari rekening tabungan biasa, nasabah harus menginput data yang dibutuhkan secara manual, seperti nomor rekening tujuan dan jumlah transfer. Di akhir proses, mereka masih perlu mengirimkan bukti transfer ke penerima.

Sedangkan Virtual Account jauh lebih sederhana dari itu. Cukup dengan memilih opsi Virtual Account sebagai metode pembayaran, kode pembayaran akan dikirimkan secara otomatis. Kemudian, pelanggan hanya perlu mengklik ‘Bayar’—tidak perlu memasukkan data secara manual—dan transaksi selesai.

Manfaat Virtual Account

Selain lebih mempermudah nasabah, Virtual Account juga memberikan berbagai keuntungan bagi bisnis, antara lain sebagai berikut:

1. Mempermudah Pencatatan Keuangan

Virtual Account mencatat setiap transaksi di buku secara otomatis. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu secara manual untuk mengecek bukti transfer dan dapat langsung menindaklanjuti pesanan.

2. Melayani Berbagai Jenis Transaksi

Apapun bisnis Anda, Virtual Account adalah solusi yang tepat untuk meningkatkan kemudahan transaksi. Virtual Account bisa diintegrasikan secara mudah di berbagai platform: mulai dari aplikasi, website, hingga marketplace. Hal ini adalah alasan mengapa Virtual Account menjadi salah satu opsi pembayaran yang penting.

3. Melakukan Pembayaran Kapanpun

Virtual Account menyediakan fleksibilitas transaksi untuk pelanggan Anda karena tersedia secara virtual selama 24 jam. Maka dari itu, Virtual Account mempermudah pelanggan untuk melakukan pembayaran kapanpun.

4. Mengelola Pembayaran dengan Mudah

Dengan Virtual Account, Anda dapat mengatur jumlah dan distribusi uang ke masing-masing rekening pelanggan. Karena mereka memiliki ID pelanggan sendiri, hal tersebut akan membantu Anda memilah laporan transaksi dan saldo dengan mudah.

Selain itu, informasinya akan tercatat secara real-time. Dengan begitu, Anda bisa memantau setiap transaksi lewat API Virtual Account.

5. Memastikan Keamanan Pelanggan

Ketika transaksi telah selesai, Anda dapat mengatur nomor Virtual Account menjadi kadaluarsa. Sehingga, Anda dapat mencegah terjadinya penyalahgunaan Virtual Account pelanggan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sekarang Anda telah mengetahui apa itu Virtual Account, bagaimana cara kerjanya, apa saja manfaatnya untuk bisnis Anda. Semoga bermanfaat!

Author

Digital & Performance Marketing Specialist yang menyediakan berbagai jasa digital marketing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Mari berkolaborasi dengan saya!

Write A Comment

CARI JASA DIGITAL MARKETING?

Ingin meningkatkan penjualan & Brand Awareness produk Anda dengan Digital Marketing?
Mari berkolaborasi dengan saya!